PENINGKATAN KEMAMPUAN SISWA MEMAHAMI SINGULAR AND PLURAL OF THINGS AROUND US MELALUI PENERAPAN TEKNIK BERKATAJA

YANTO YANTO

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami Singular and Plural of Things Around Us melalui penerapan teknik BERKATAJA di kelas VII D SMP Negeri 1 Jalancagak Kabupaten Subang Tahun Pelajaran 2015-2016. Subjek penelitian terdiri dari 40 orang siswa yang heterogen. Penelitian ini dilaksanakan melalui pembelajaran yang menerapkan teknik BERKATAJA terdiri dari 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 4 pertemuan. Pada 3 pertemuan awal pembelajaran tentang keterampilan berbahasa yaitu Listening, Reading, Speaking dan Writing, sedangkan pertemuan ke 4 dilaksanakan tes formatif. Peningkatan kemampuan siswa ditunjukkan dengan nilai hasil tes formatif siklus I dan siklus II, dari 20% siswa yang melampaui nilai Kriteria Kemampuan Minimal menjadi 42,5% pada siklus I dan 87,5% pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pembelajaran melalui penerapan teknik BERKATAJA dapat meningkatkan kemampuan siswa SMP Negeri 1 Jalancagak Subang kelas VII D semester genap tahun pelajaran 2015-2016 dalam memahami Singular and Plural of Things Around Us.Kata Kunci: Berkataja, singular and plural

Full Text:

PDF INDONESIA

References

Jacobsen David, Paul Eggen,2009, Methods for Teaching, Yogyakarta, Pustaka Pelajar.

Johnson Lou Anne, 2009, Pengajaran yang kreatif dan Menarik, Jakarta, Indeks

Lie Anita, 2008, Cooperative Learning, Jakarta, Grasindo

Silberman Melvin L, 2009, Active Learning, Bandung, Nusamedia

Suharsimi Arikunto,Suhardjono, Supardi, 2009, Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta, Bumi Aksara

Sumiati dan Asra, 2008, Metode Pembelajaran, Bandung, CV. Wacana Prima

Uno Hamzah B, 2009, Model Pembelajaran, Jakarta, Bumi Aksara

Wiria Atmadja Rochiati, 2008, Metode Penelitian Tindakan Kelas, Bandung, Remaja Rosdakarya

Slide fower point ToT Team Pengembang Kurikulum Jabar 2015

Refbacks

  • There are currently no refbacks.