PENINGKATAN PEMAHAMAN SISWA KELAS VI SD NEGERI 1 CIBUNIGEULIS KOTA TASIKMALAYA DALAM MENGERJAKAN TUGAS MATEMATIKA MENCARI LUAS BANGUN DATAR MELALUI KERJA KELOMPOK TAHUN PELAJARAN 2015/2016

SAEPULOH SAEPULOH

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dari pengalaman penulis mengajar di kelas VI SD Negeri 1 Cibunigeulis dalam pembelajaran matematika banyak siswa yang mengalami kesulitan mengerjakan soal uraian. Hal ini terbukti dari hasil penilaian yang dilakukan guru, banyak siswa yang mendapat nilai di bawah standar yaitu 65 % . Adapun rumusan masalah penelitian ini adalah sebagai berikut: Bagaimana meningkatkan pemahaman siswa kelas VI SD Negeri 1 Cibunigeulis mengerjakan luas bangun datar melalui kerja kelompok? Hasil belajar siswa kelas VI SD Negeri Cibunigeulis 1 Menunjukkan dalam mata pelajaran Matematika nilainya tergolong rendah, karena rata-rata yang diperoleh 56,90 (berada di bawah KKM sebesar 60). Dari 21 siswa, hanya 6 anak orang siswa yang nilai belajarnya tuntas dalam mata pelajaran Matematika, sedangkan 15 orang siswa masih belum tuntas nilai belajarnya. Oleh sebab itu diadakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan rumusan masalah: “Bagaimana meningkatkan pemahaman siswa kelas VI SD Negeri Cibunigeulis 1 tentang materi mencari luas bangun datar melalui kerja kelompok?” Sesudah diadakan pembelajaran dalam Siklus I dengan menggunakan metode kerja kelompok, ketuntasan hasil belajar siswa mencapai 66,67%, (14 anak) dengan nilai rata-rata meningkat menjadi 65. Pada akhir Siklus II, ketuntasan siswa hasil belajar siswa mencapai 100% (21 anak) dengan nilai rata-rata 81,43. Jadi dapat disimpulkan bahwa melalui pembelajaran dengan metode kerja kelompok dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran Matematika. Hal ini dapat terjadi karena melalui metode kerja kelompok siswa dapat belajar lebih aktif dan kreatif; diketahui pula kemandirian belajar siswa meningkat sehingga daya serap materi pelajaran yang disampaikan guru menjadi lebih besar. Dari hasil PTK ini direkomendasikan agar para guru dapat menggunakan pembelajarandengan metode kerja kelompok agar hasil belajar siswa meningkat.Kata Kunci: pembelajaran kelompok, hasil belajar Matematika

Full Text:

PDF INDONESIA

References

Belajar, (2008), http://wikipedia.org/diakses 6 September 2011.

Damayanti, Rahayu, Sri, (2010), PTK.

Deddy Mulyana, 2005, http://adiprakosa.blogsport.com.2008/07/komunitasi-kelompok.html, diakses tanggal 5 September 2011.

Eldami, Puranawati, 2001.4, Pengertian Metode Pembelajaran, www.google.com. Diakses 5 September 2011. Gatot Muhsetyo, dkk. 2008. Pembelajaran Matematika SD, Jakarta : Universitas Terbuka.

Gagne dan Briggs (1973:3). Pembelajaran. Joni, T. Raka, 1993. Strateagi Pembelajaran, Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional.

Morgan, Hasil Belajar, diakses dari internet tanggal 5 September 2011.

Prasetyo, 2003. Strategi Belajar Mengajar. Salatiga : Widya Press.

Pembelajaran Kelompok: www.laboratorium-um-sch.id/.../ diakses tanggal 5 September 2011. Puji Santosa, dkk. 2005. Materi dan Pembelajaran Bahasa Indonesia SD. Jakarta : Universitas Terbuka.

Purwardaminto, (1997), Pengertian Hasil Belajar. Slameto, (2003), Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya, Jakarta.:Rineka Cipta,

Sri Atminah W, dkk. 2007. Strategi Pembelajaran di SD, Jakarta : Universitas Terbuka.

Suciati, dkk, 2005. Pembaharuan Pembelajaran di SD. Jakarta : Universitas Terbuka.

Suprayekti, dkk, 2009. Belajar & Pembelajaran 2. Jakarta : Universitas Terbuka.

Udin S. Winataputra, dkk. 1997. Strategi Belajar Mengajar, Jakarta : Universitas Terbuka.

Udin S. Winataputra, dkk. 2008. Teori Belajar dan Pembelajaran, Jakarta : Universitas Terbuka.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.