UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI MENJAGA KEUTUHAN NKRI MELALUI METODE BERMAIN PERAN DENGAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING DI KELAS V SD NEGERI INDIHIANG TASIKMALAYA TAHUN PELAJRAN 2015/2016

WAWAN KURNIAWAN

Abstract


Berdasarkan hasil observasi awal yang dilakukan peneliti, maupun oleh teman sejawat. siswa yang mendapat nilai diatas 75 sebanyak 17 siswa, atau 44,7 % sedangkan nilai kurang dari 75 sebanyak 21 siswa atau 55,3% dari 38 siswa. Setelah peneliti melaksanakan perbaikan pembelajaran melalui pembelajaran siklus I dan siklus II dengan materi Negara Kesatuan Republik Indonesia dikelas V semester I tahun pelajaran 2015/2016 di SD Negeri Indihiang Kota Tasikmalaya, maka penulis dapat mengambil kesimpulan bahwa upaya meningkatkan prestasi belajar siswa dengan metode bermain peran melalui pendekatan model cooperative learning dengan mengefektifkan alat peraga kebudayaan dan globe telah mampu meningkatkan hasil belajar siswa. Peningkatan ini terjadi pada siklus I maupun siklus II dengan bukti adanya peningkatan pada :1) Menggunakan media pembelajaran kebudayaan dan globe dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi Negara Kesatuan Republik Indonesia. 2)Model pembelajaran cooperative learning melalui penerapan metode bermain peran untuk dengan mengefektifkan alat peraga dapat meningkatkan hasil belajar siswa. 3)Prosentase ketuntasan belajar siswa mengalami peningkatan yang signifikan setelah dilakukan perbaikan pembelajaran pada evaluasi, sebelum perbaikan pembelajaran ada 17 siswa atau 44,7% dari 38 siswa. Pada perbaikan pembelajaran siklus I meningkat, siswa yang nilainya 75 keatas menjadi 26 atau 68,42% dari jumlah 38 siswa dan pada perbaikan siklus II menjadi 37siswa atau 97,3%.

Kata Kunci: Metode Bermain Peran, Cooperative Learning

Full Text:

PDF INDONESIA

References


Andayani, dkk. 2010, Pemantapan Kemampuan Profesional.Jakarta, Universitas Terbuka.

Aswani, Zaenul,2004, Tes dan Asesmen di SD, Jakarta, Universitas Terbuka.

Denny, Setyawan, 2005, Komputer dan Media Pembelajaran, Jakarta, Universitas Terbuka.

Gatot, Muhsetyo, Drs. M.Sc, dkk, 2007, Pembelajaran PKN, Jakarta, Universitas Terbuka.

Mulyani Sumantri, Nana Syaodih. 2007. Perkembangan Peserta Didik. Jakarta, Universitas Terbuka.

Samsudin, Abin, 2004, Profesi Keguruan 2, Jakarta, Universitas Terbuka.

Suciati, Drs. Dkk, 2004, Belajar dan Pembelajaran 2, Jakarta, universitas Terbuka.

Wardani, I.G.A.K, 2008, Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta, Universitas Terbuka.

Wahyudi Duin, Supaiyati, Ishak, Abduhak, 2001, Pengantar Pendidikan, Jakarta, Universitas Terbuka.

Dra. Dyah Sriwilujeng, M.Pd, Buku PKn untuk SD Kelas V, Jakarta, Esis.

Pranaja S dkk, Buku Fokus PKn untuk SD Kelas V, Jakarta, Sindutama.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/je.v4i4.1021

Refbacks

  • There are currently no refbacks.