Implementasi dan Pengembangan Kurikulum 2013

Komara Nur Ikhsan, Supian Hadi

Abstract

Kurikulum 2013 yang berbasis karakter dan kompetensi, antara lain ingin mengubah pola pendidikan dari orientasi terhadap hasil dan materi kependidikan sebagai proses, melalui pendekatan tematik integratif. Oleh karena itu, dengan pembelajaran sebanyak mungkin melibatkan peserta didik, agar mereka mampu bereksplorasi untuk membentuk kompetensi dengan menggali berbagai potensi, dan kebenaran secara ilmiah Pengembangan Kurikulum 2013 dilaksanakan atas dasar beberapa prinsip utama. Pertama, standar kompetensi lulusan diturunkan dari kebutuhan. Kedua, standar isi diturunkan dari standar kompetensi lulusan melalui kompetensi inti yang bebas mata pelajaran. Ketiga, semua mata pelajaran harus berkontribusi terhadap pembentukan sikap, keterampilan, dan pengetahuan peserta didik. Keempat, mata pelajaran diturunkan dari kompetensi yang ingin dicapai. Kelima, semua mata pelajaran diikat oleh kompetensi inti. Keenam, keselarasan tuntutan kompetensi lulusan, isi, proses pembelajaran, dan penilaian. Sebagai titik tekan pengembangan Kurikulum 2013 adalah penyempurnaan pola pikir, penguatan tata kelola kurikulum, pendalaman dan perluasan materi, penguatan proses pembelajaran, dan penyesuaian beban belajar agar dapat menjamin kesesuaian antara apa yang diinginkan dengan apa yang dihasilkan. Aplikasi yang taat asas dari prinsip-prinsip ini menjadi sangat esensial dalam mewujudkan keberhasilan implementasi Kurikulum 2013 di lapangan. Kesemuanya ini tidak terlepas dari dukungan semua pihak, apakah itu pemerintah daerah serta dukungan dari orang tua dan masyarakat. Implementasi Kurikulum 2013, dilaksanakan melalui Pendekatan Scientific. Pada pelaksanaannya pendekatan ini menekankan pada lima aspek penting, yaitu mengamati, menanya, mencoba, menalar dan komunikasi. Lima aspek ini harus benar-benar terlihat pada pelaksanaan pembelajaran di lapangan.Kata Kunci: Kurikulum, Karakter

Full Text:

Download PDF

References

Alawiyah, F. 2013. Peran Guru dalam Kurikulum 2013. Ekspresi. Vol.4. No.1. Hal. 65-74.

Daugherty, Richard 1995. National Curriculum Assessment: A Review of Policy 1987-1994. London: The Falmer Press.

Fadlillah, M. 2014. Implementasi Kurikulum 2013 dalam Pembelajaran SD/ MI, SMP/ MTS, & SMA/ MA. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Mulyasa, E., 2016, Manajemen Pendidikan Karakter, Jakarta: PT. Bumi Aksara

--------. 2017. Guru dalam Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.

--------. 2017, Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Nasution, S. 2003. Asas- asas Kurikulum. Jakarta: Bumi aksara.

National Council for the Social Studies, 1994. Curriculum Standars for Social Studies. Washington, DC: NCFSS.

Nuh, Muhammad, 2013, Materi Pelatihan Guru Implementasi Kurikulum 2013 SD Kelas IV. Jakarta: Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Kebudayaan dan Penjminan Mutu Pendidikan.

Nuh, Muhammad, 2014, Modul Materi Pelatihan Guru Implementasi Kurikulum 2013 SMP Bahasa Indonesia, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan

Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Kompetensi Lulusan.

Undang-undang Republik Indonesia nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional

Undang-undang Nomor 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen

Refbacks

  • There are currently no refbacks.