Manajemen Supervisi Akademik dalam Peningkatan Kinerja Guru (Studi Kualitatif di Madrasah Aliyah Negeri Kabupaten Karawang)

Cecep Bin Sundulusi

Abstract

Manajemen Supervisi Akademik Dalam Peningkatan Kinerja Guru. Penelitian ini dilator belakangi rendahnya kinerja guru dalam melaksanakan tugas dan fungsinya, hal ini terungkap secara nasional dalam uji kompetensi guru yang dilaksanakan pemerintah dan masih banyak kenyataan guru melaksanakan kegiatan mengajarnya saja tidak dengan dedikasi dan inovasi itupun masih banyak yang bermalas-malasan. Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui manajemen supervisi akademik yang dilakukan pengawas di madrasah aliyah negeri, implementasi supervisi akademik dalam peningkatan kinerja guru, untuk mengetahui masalah dan kelemahan dalam melaksankan supervisi akademik dan untuk mengetahui upaya dan langkah perbaikan yang dilakukan pengawas dalam meningkatkan kinerja guru di Madrasah manajemen Aliyah Negeri 1 dan 4 Karawang. Penelitian ini berlandaskan teori Tery (1986), teori Robin and Coulter (2009) tentang fungsi-fungsi manajemen, teori supervisi Wiles (2002) Farmer and Farmer (1989) tentang model supervisi, teori Bernardin dan Russel (2002) tentang kinerja. Metode yang digunakan dalam penelitian ini dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Upaya dan langkah-langkah perbaikan dari masalah yang dihadapi pengawas dan kelemahannya dalam melaksanakan supervisi akademik untuk peningkatan kinerja guru, yang lebih mengarah pada peningkatan kompetensi personal pengawas, kemauan guru untuk termotivasi dan merubah menuju peningkatan kinerja Perbaikan prosedur dan berusaha mengsulkan kepada para pemangku kebijakan untuk mendukung peningkatan profesionalitas guru. Penilaian kinerja merupakan sistem formal yang digunakan untuk menilai kinerja secara periodik, dan hasilnya dapat digunakan untuk pengambilan keputusan dalamrangka pengembangan, pemberian reward (penghargaan), perencanaan, pemberian kompensasi dan motivasi. Kata Kunci: Kinerja, Suvervisi, Akademik dan Kinerja guru

Full Text:

Download PDF

References

Alwasilah, A.C. (2008). Pokoknya Kualitatif, Bandung: Kiblat buku utama.

Alfonso, Rj Firth, G.R dan Neville, R.F, (1981). Instructional Supervision, A. Behavior system, Boston: Allyn And Baccon In.

Arhasy Ebih Abdul Rochim, (2010). Kontribusi Pengawas terhadap Kinerja Sekolah Dasar, Bandung: Disertasi PPS Uninus, tidak diterbitkan.

Arifin, Daeng, (2010). Manajemen Pembelajaran Efektif, Bandung: Pustaka Al-Kasyaf.

Arifin, Daeng, A. Pipin (2008). Teori Emaslim, Peran Kepala Sekolah Profesional, Bandung: Pustaka Al-Kasyaf.

Arikunto, Suharsimi, (2003). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta: Bina Aksara

Glickman, C.D, Gordon, S.P., and Ross-Gordon, J.M. (2007). Supervision and Instructional Leadersh ip A Development Approach, Seventh edition. Boston: Perason.

Hunger. J David, Wheelen, L. Thomas, (2003). Manajemen Strategis (terjemahan Indoonesia), Yogyakarta: Andi.

Maslow A.H, (1954). Motivation and Personality, New York: Harper and Row.

Moleong, Lexy, J. (2009). Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Masaong, A, K. (2012). Menjadi Pengawas Profesional, Bandung: Alfabeta.

Makawimbang, J.H. (2011). Supervisi dan Peningkatan Mutu Pendidikan, Bandung: Alfabeta.

Mulyasana, Dedy (2015). Pendidikan Bermutu dan Berdaya Saing, Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mulyasa, E. (2013). Menjadi Kepala Sekolah Profesional dalam konteks menyukseskan MBS dan KBK, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Nurkholis, (2003). Manajemen Berbasis Sekolah, Teori, Model dan Aplikasi,

Jakarta: PT. Gramedia.

Sanusi, A. (2017). Sistem Nilai, Alternatif wajah-wajah pendidikan, Bandung: Nuansa.

http://www.rosmaliaseptiana.co.cc/2013/05/supervisi-pendidikan-masa-kini.html

http://www.psb-psma.org/content/blog/peran-kepala-sekolah-dalam-peningkatan-kompetensi-guru

http://www.sarjanaku.com/2010/11/kompetensi-profesionalisme-guru.html

Refbacks

  • There are currently no refbacks.