MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PEMBELAJARAN MENULIS PENGUMUMAN SEDERHANA MELALUI METODE PEMBERIAN TUGAS (Penelitian Tindakan Kelas di Kelas VI Semester II SD Negeri Buahkapas Tahun Ajaran 2015/2016)

Eti Suhaeti

Abstract

Peningkatan keberhasilan belajar siswa diantaranya dapat dilakukan melalui upaya memperbaiki proses pembelajaran diantaranya melalui penggunaan metode pembelajaran. Setiap pembelajaran menuntut strategi tertentu yang memiliki hubungan erat dengan metode pembelajaran. Dengan demikian nampak bahwa metode pembelajaran yang digunakan dalam suatu pembelajaran sangat penting karena setiap metode memiliki karakteristik tersendiri yang akan memberikan hasil memuaskan apabila ditetapkan dalam strategi pembelajaran yang cocok sesuai dengan tujuan, situasi dan kondisi yang dihadapinya. Tujuan penelitian yang dilakukan adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran menulis pengumuman sederhana dengan menggunakan metode pemberian tugas. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Hasil menulis siswa setelah diberikan tindakan pembelajaran pada siklus II, menunjukkan adanya peningkatan kemampuan menulis pengumuman sederhana dari siklus I. hasil menulis pengumuman sederhana pada siklus II sangat baik, walaupun ada beberapa pengumuman sederhana siswa yang berkategori cukup. Dengan demikian pemberian tindakan pada siklus I, dan II, pembelajaran menulis pengumuman sederhana dengan menggunakan metode pemberian tugas terbukti mampu 80% meningkatkan kemampuan menulis pengumuman sederhana siswa.

Full Text:

Download PDF

References

Abin Syamsudin Makmun. (2006). Psikologi Kependidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Abu Ahamadi. (1997). Strategi Belajar Mengajar, Bandung: Pustaka Setia.

Alwasilah, Chaedar dan Senny, Suzanna. (2005). Pokoknya Menulis. Bandung: Kiblat Buku Utama.

Aminudin. (2000). Pengantar Apresiasi Karya Sastra. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Arikunto, Suharsimi. (1998). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Betha Nurina Sari. (2004). Sistem Pembelajaran KBK Terhadap Motivasi Belajar Para Peserta Didik Pada Bidang Studi Fisika (online). Tersedia: http://artikel.us/art05-57.html. [23 Mei 2007]

Goleman, Daniel. (1999). Respons and Analysis (online). Tersedia: http://www.fkipuninus.org/index.php/artikel-fkip-uninus-bandung/artikel pendidikan/57-model-pembelajaran-sastra-yang-berorientasi-pada respons-pembaca. (11 Agustus 2009)

Herwono. (2004). Quantum Writing. Bandung: MCL

Kosasih, E. (2006). Kompetensi Ketatabahasaan dan Kesusastraan. Bandung: CV.Yrama Widya.

Marahimin, Ismail. (2004). Menulis Secara Populer. Jakarta: Pustaka Jaya.

Mohamad Uzer Usman, 2006, Menjadi Guru Profesional Bandung: Rosda Karya.

Ngalim Purwanto, (2002). Psikologi Pendidikan, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

_____________. (2005). Psikologi Pendidikan, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Nurgiyantoro, Burhan. (1998). Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: BPFE.

_____________. (2001). Penilaian dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra. Yogyakarta: BPFE.

Pradopo, Rachmat. D. (1995). Beberapa Teori Sastra, Metode Kritik dan penerapannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Probst, Robert E. (1988). Respons and Analysis (online). Tersedia: http://www.fkipuninus.org/index.php/artikel-fkip-uninus-bandung/artikel pendidikan/57-model-pembelajaran-sastra-yang-berorientasi-pada respons-pembaca. (11 Agustus 2009)

Pupuh Fathurahman. (2007). Strategi Belajar Mengajar Melalui Penanaman Konsep Umum dan Konsep Islami, Bandung, Reflika Aditama.

Sardiman. (2001). Media Pendidikan, Jakarta: Rajawali

Slameto. (2005). Pengaruh Motivasi dan Metode Pembelajaran terhadap Prestasi Belajar Akutansi, Jakarta : Rineka Cipta

_________. (2007). Pengaruh Motivasi dan Metode Pembelajaran terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Edisi Revisi , Jakarta: Rineka Cipta

Sumardjo, Jakob dan K.M, Saini. (1991). Apresiasi Kesusastraan. Jakarta: Gramedia

Syaiful Bahri Djmarah. (2002). Psikologi Belajar, Jakarta: Rieneka Cipta

Syamsudin dan Vismaia, Damaianti. (2007). Metode Penelitian Pendidikan Bahasa. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Tarigan, H. G. (1994). Menulis sebagai suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Wardani, dkk. 2002. Penelitian Tindakan Kelas.Pusat Penerbitan Terbuka

Wina Sanjaya. (2005). Pembelajaran dalam Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

___________. (2007). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta : Kencana Prenada Media Group.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.