Abstract
PTK ialah suatu penelitian yang dilakukan secara sistematis reflektif terhadap berbagai tindakan yang dilakukan oleh widyaiswara yang sekaligus sebagai peneliti, sejak disusunnya suatu perencanaan sampai penilaian terhadap tindakan nyata di dalam kelas yang berupa kegiatan belajar-mengajar, untuk memperbaiki kondisi pembelajaran yang dilakukan. Sementara itu, dilaksanakannya PTK di antaranya untuk meningkatkan kualitas pendidikan atau pangajaran yang diselenggarakan oleh widyaiswara selaku pengajar/peneliti itu sendiri. PTK dalam pendidikan dan pembelajaran memiliki manfaat untuk memperbaiki dan atau meningkatkan kualitas praktik pembelajaran secara berkesinambungan sehingga meningkatan mutu hasil instruksional, mengembangkan keterampilan widyaiswara, meningkatkan relevansi, meningkatkan efisiensi pengelolaan instruksional serta menumbuhkan budaya meneliti pada komunitas widyaiswara. Dalam pelaksanaannya, Penelitian Tindakan Kelas dilakukan secara bertahap, yakni melalui tahap penelitian awal, tahap pekerjaan lapangan, dan tahap penyusunan laporan. Praktik pelaporan atau penyusunan laporan Penelitian Tindakan Kelas mengikuti sistematika laporan penelitian pada umumnya yang dalam garis besarnya dapat dibagi ke dalam tiga bagian, yaitu bagian awal, bagian isi, dan bagian penutup.
References
Ibnu, Suhadi. 2000. Penerapan Penelitian Tindakan dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Kimia. Makalah Seminar Nasional Kontribusi Riset dalam Pengembangan Pembelajaran kimia di UM
Kunandar. (2008). Langkah Mudah Penelitian Tindakan kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta :” PT Raja Grafindo persada
Mulyasa, E. (2009). Praktik Penelitian Tindakan Kelas. Bandung : Rosda Karya
Susilo. (2007). Panduan Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Pustaka Book Publisher
Undang Gunawan (2008) Teknik Penelitian Tindakan kelas. Jakarta : Sayagatama
Wiriaatmadja Rochiati. (2005). Metode Penelitian Tindakan Kelas. Bandung : PT Remaja Rosda Karya.