IMPLEMENTASI MEDIA PEMBELAJARAN AUDITIF TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK

Rini Agustin Eka Yanti, Noviyanti Ahawiyah

Abstract


Latar belakang penelitian ini adalah pencapaian kegiatan  belajar mengajar terjadi apabila siswa mampu mengikuti proses pembelajaran yang diberikan oleh guru di dalam kelas. Media pembelajaran memiliki peran untuk membantu meningkatkan hasil belajar siswa.  Tujuan  penelitian ini adalah 1) untuk  mengetahui  hasil belajar siswa  di kelas  eksperiman pada pengukuran awal dan pengukuran akhir. 2) untuk mengetahui  peningkatan hasil belajar siswa di kelas eksperimen. 3) untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh penerapan media pembelajaran auditif terhadap hasil belajar siswa.  Penelitian menggunakan metode eksperimen, Teknik analisis data menggunakan uji N-Gain dan uji Hipotesis menggunakan Uji t-test. Hasil penelitian menunjukan 1) terdapat perbedaan hasil belajar siswa pada pengukuran awal dan pengukuran akhir. 2) terdapat peningkatan hasil belajar siswa pada kategori tinggi di kelas eksperimen. 3) terdapat pengaruh penerapan media pembelajaran auditif terhadap hasil belajar siswa.


Keywords


Media pembelajaran; Auditif; Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References


Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Kustandi. Sujtipto. (2013). Media Pembelajaran. Bogor. Ghalia Indonesia.

Rusman. (2012). Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta. Raja Grafindo Persada.

Rusman. (2017). Belajar & Pembelajaran. Jakarta. Kencana.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung. Alfabeta.

Sugiyono. (2017). Statistika Untuk Penelitian. Bandung. Alfabeta.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/je.v7i2.2961

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.