MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE INVESTIGASI KELOMPOK

tati heryati

Abstract


Latar Belakang Penelitian ini kemampuan berfikir kreatif yang rendah tercermin masih terdapat peserta didik yang belum mencapai kriteria ketuntasan minimal. Tujuan penelitian untuk mengetahui tingkat kemampuan berfikir kreatif peserta didik dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe investigasi kelompok. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen teknik analisis data menggunakan uji kesamaan dua rerata dengan uji t dua pihak paired sampleT-test   dan uji t melalui bantuan perhitungan uji Independent Samples Test dengan bantuan SPSS versi 17 for windows. Hasil penelitian menunjukan Terdapat perbedaan peningkatan kemampuan berpikir kreatif peserta didik yang mendapatkan model pembelajaran kooperatif tipe investigasi kelompok lebih tinggi dibandingkan dengan peserta didik yang mendapatkan metode pembelajran diskusi. Dengan demikian model pembelajaran kooperatif tipe investigasi kelompok lebih efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif peserta didik dibandingkan dengan metode diskusi.

Full Text:

PDF

References


Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.

Mulyasa, E (2006). Kurikulum Berbasis Kompetensi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Supriyono, Agus (2013) Cooperative Learning Teori & Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta : Pustaka pelajar

Slavin, Robert. E (2013) Cooperative Learning, Teori, Riset dan Praktik. Bandung: Nusa Indah

Ainurrahman (2013) Belajar dan Pembelajaran, Bandung: Alfabeta

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Mafune, P. (2005). Teaching and Learning Models, A Reflection The Work of Bruce Joyce, Bev Showes, HHP:// haqar.Up.ac.Za / catts / learning / cooplm / B3a.html.

Rusman. (2014) Model-model Pembelajaran (Mengembangkan Profesinalisme Guru. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/je.v7i2.3085

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.