PELAKSANAAN PENGENDALIAN PENJUALAN MELALUI OPTIMALISASI PERENCANAAN PENJUALAN

Firman Aryansyah

Abstract


Perencanaan diperlukan untuk dapat mengkoordinasikan dan mengarahkan kegiatan penjualan. Perencanaan membantu perusahaan mendapatkan cara yang tepat untuk menghindari kerugian dan mempertahankan keberlangsungan kegiatan usahanya. Perencanaan dalam perusahaan adalah dasar dalam berjalannya fungsi pengendalian. Sebelum perencanaan penjualan disusun, tindakan pertama yang harus dilakukan terlebih ialah dengan melakukan ramalan penjualan (sales forecast) untuk dapat memperkirakaan periode yang datang. Ramalan penjualan merupakan dasar dalam penyusunan rencana penjualan, dengan mempertimbangkan sumber daya yang ada serta strategi penjualan untuk dapat mencapai tujuan perusahaan.Pentingnya peramalan penjualan karena Semakin banyaknya jumlah persaingan perusahaan diambang perdagangan bebas dan semakin komplitnya permasalahan dalam penjualan. Penelitian ini membahas tentang salahsatu kegiatan perencanaan yakni untuk mengetahuipengaruh perencanaan penjualan terhadap pengendalian biaya penjualan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif menggunakan angket dan studi dokumentasi pada CV. Rahayu sebuah perusahaan manufaktur skala kecil yang mengolah berbagai penganan berbahan dasar tepung tapioca (aci) di kecamatan Cijeungjing Kabupaten Ciamis. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penjualan sebagai target pencapaian perusahaan dapat dikendalikan jika perusahaan melakukan perencanaan atas penjualan melalui upaya-upaya terhadap pengawasan dalam hal harga, kepuasan pelanggan, segmentasi pasar, serta selera konsumen terhadap produk yang dijualnya.


Keywords


perencanaan, pengendalian penjualan, manufaktur, penjualan

Full Text:

PDF

References


Winarno, Surakhmad. 2004. Pengantar Penelitian Ilmiah, Dasar, Metode, dan Teknik. Bandung: Tarsito.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta.

Arikunto, Suharsimi. 2016. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Sudjana, 2000. Metode Statistika. Bandung: Gramedia Pustaka Utama.

Basu Swastha,2011.Manajemen Penjualan. edisi ke-3, Yogyakarta: BPFE.

Horngren, Charles T.,Terj.2009. Pengantar Akuntansi Manajemen, edisi ke-6, Jilid I, Alih Bahasa Frederikson Saragih, Jakarta: Penerbit Erlangga,

Willson, James D., dan John B. Campbell. 2011. Controllership: Tugas Akuntan Manajemen, edisi ke-3, oleh Gunawan Hutauruk, Jakarta: Penerbit Erlangga, 1995.

Siagian, Sondang P. 2014. Organisasi Kepemimpinan dan Perilaku Administrasi. Jakarta : Gunung Agung.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/je.v7i2.3116

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.