FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI NIAT UNTUK MELAKUKAN WHISTLEBLOWING: STUDI EMPIRIS PADA RSUD ARIFIN AHMAD PEKANBARU

Dian Puji Puspita Sari, Annie Mustika Putri

Abstract

Penelitian ini sangat membantu berbagai pihak, salah satunya memotivasi pegawai agar berani dalam pelaporan tindak kecurangan, dalam mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi niat untuk melakukan whistleblowing. Penelitian ini dilakukan pada RSUD Arifin Achmad, dimana lokasi penelitian merupakan lokasi dimana terjadinya kasus kecurangan tersebut. tujuan jangka panjang nya adalah sebagai evaluasi dan masukan kedepannya untuk pihak RSUD Arifin Achmad. Penelitian ini dalam pengumpulan data menggunakan kuisioner yang di sebar kepada staff/karyawan RSUD Arifin Achmad Kota Pekanbaru yang sudah memenuhi kriteria sampel dan  dengan jumlah sampel yang didapat sebanyak 135 orang. Analisis ini dilakukan dibantu dengan program Statistical Product and Service Solutions (SPSS)Ver. 21 for Windows.Hasil dari penelitian ini menujukkan bahwa Lingkungan Etika, Pemberian Reward dan Sifat Machiavellian berpengaruh terhadap niat untuk melakukan Whistleblowing di Rumah Sakit Umum Daerah ( RSUD) Arifin Achmad Kota Pekanbaru. 

Keywords

Lingkungan Etika; Pemberian Reward; Sifat Machiavellian; Whistleblowing

Full Text:

PDF

References

Ghozali, Imam. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS25. Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Marantika V, Yuniarta Adi dan Anantawikrama. (2017). Pengaruh Sikap, Budaya Ewuh Pekewuh, Komitmen organisasi dan pemberian reward terhadap niat Pegawai Negeri Sipil Untuk Melakukan Tindakan Whistleblowing (Studi Empiris SKPD Kabupaten Buleleng). Journal SI Ak Universitas Pendidikan Ganesha.

Rianti, D. (2017). Pengaruh Komitmen Profesional Auditor Terhadap Intensi Melakukan Whistleblowing Dengan Retaliasi Sebagai Variabel Moderating (Studi Empiris Pada BRI Provinsi Riau) JOM Fekon.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.