PENINGKATAN KEMANDIRIAN BELAJAR MELALUI METODE E-LEARNING

Rendra Gumilar, Yoni Hermawan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemandirian belajar melalui metode pembelajaran e-learning. Metode dalam penelitian ini adalah survey mengumpulkan data dengan menggunakan kuesioner dan menganalisis data secara stastistik untuk menguji pertanyaan atau hipotesis yang diajukan. Populasi dalam penelitian ini yaitu mahasisiwa pendidikan Ekonomi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Siliwangi yang mengontrak mata kuliah Evaluasi Pembelajaran. Metode pengumpulan data menggunakan angket atau kuesioner. Hasil dari pengolahan angket yang didapatkan bahwa kemandirian belajar pada metode ¬e-learning sudah masuk dalam kategori baik dimana indikator kemandirian belajar 70% rata – rata menunjukan bahwa mahasiswa sudah memimiliki kemandirian dalam belajar dengan metode e-learning. This study aims to determine the increase in independent learning through e-learning methods. The method in this research is a survey to collect data using a questionnaire and analyze the data statistically to test the questions or hypotheses raised. The population in this study were students of economic education at the faculty of teacher training and education at Siliwangi University who contracted Evaluation Learning courses. The data collection used a questionnaire. The results of the questionnaire processing showed that learning independence in the e-learning method was included, in the good category where the indicator of learning independence, 70% on average, presented that students already had freedom in learning with the e-learning method.

Keywords

Kemandirian; Belajar; E-learning

References

Arifin, F., & Herman, T. (2018). Pengaruh Pembelajaran E-Learning Model Web Centric Course Terhadap Pemahaman Konsep Dan Kemandirian Belajar Matematika Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika, 12(2), 1–12.

Arifin, Nur Rizqi. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (STAD) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa (Studi Eksperimen pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI SMA Informatika Ciamis). Jurnal EDUKASI (Ekonomi, Pendidikan dan Akuntansi Volume. 4 Nomor 4, Desember 2016

Creswell, J. (2015). Riset Pendidikan (Perencanaan, Pelaksanaan dan Evaluasi Riset Kualitatif & Kuantitatif) (P. Pelajar (ed.)).

Fitriasari, P., Tanziah, & Sari, N. (2019). Kemandirian Belajar Mahasiswa Melalui Blended Learning Pada Mata Kuliah Matematika Ekonomi. Al-Qalasadi : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 3(2), 76–81. https://doi.org/10.32505/v3i2.1367

Hatip, A., & Listiana, Y. (2019). Minat, Kemandirian dan Hasil Belajar Mahasiswa Pendidikan Matematika dalam E-learning Berbasis Edmodo. Αksioma, 8(3), 485.

Karwati, E. (2014). Pengaruh Pembelajaran Elektronik (E-Learning) terhadap Mutu Belajar Mahasiswa. Jurnal Penelitian Komunikasi, 17(1), 41–54. https://doi.org/10.20422/jpk.v17i1.5

Maudiarti, S. (2018). Penerapan E-Learning Di Perguruan Tinggi. Perspektif Ilmu Pendidikan, 32(1), 51–66. https://doi.org/10.21009/pip.321.7

Nadziroh, F. (2017). Analisa efektifitas sistem pembelajaran berbasis e-learning. Jurnal Ilmu Komputer Dan Desain Komunikasi Visual (Jikdiskomvis), 2(1), 1–14.

Ningsih, R., & Nurrahmah, A. (2016). Pengaruh Kemandirian Belajar dan Perhatian Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 6(1), 73–84. https://doi.org/10.30998/formatif.v6i1.754

Sandi, G. (2012). Pengaruh Blended Learning Terhadap Hasil Belajar Kimia Ditinjau Dari Kemandirian Siswa. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 45(3), 241–251.

Saputra, J. (2015). Penggunaan Model Problem Based Learning Berbantuan E- Learning Dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Dan Dampaknya Terhadap Kemandirian Belajar Mahasiswa. Pasundan Journal of Mathematics Education (PJME), 4, 77–87.

Saputra, J. (2017). Penggunaan Model Problem Based Learning Berbantuan E-Learning Terhadap Kemandirian Belajar Mahasiswa. KALAMATIKA Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 117. https://doi.org/10.22236/kalamatika.vol2no2.2017pp117-130

Sri Rahayu Chandrawati. (2010). Pemamfaatan E-Learning Dalam Pembelajaran. Jurnal Cakrawala Kependidikan, 8(2), 172–181.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif dan R&D (Alfabeta (ed.)).

Tirtaharja, U., & Sulo, L. (2005). Pengantar Pendidikan (P. R. Cipta (ed.)).

Refbacks

  • There are currently no refbacks.