FLYPAPER EFFECT PADA PENDAPATAN ASLI DAERAH (PAD) DANDANA ALOKASI UMUM (DAU) TERHADAP BELANJA DAERAH PADA PEMERINTAH KABUPATEN/KOTA DI PROVINSI JAMBI

Rita Friyani

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh Pendapatan Asli Daerah dan Dana Alokasi Umum terhadap Belanja Daerah. Variabel independen yang digunakan adalah PAD dan DAU sedangkan yang menjadi variabel dependen adalah Belanja Daerah. Penelitian ini dilakukan dengan jumlah sampel 11 kabupaten/kota di Provinsi Jambi untuk tahun 2013. Data diperoleh melalui situs Departemen Keuangan Republik Indonesia Direktorat Jenderal Perimbangan Keuangan (www.djpkpd.go.id). Data yang dianalisis dalam penelitian ini dioleh dari Laporan anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD). Metode statistik yang digunakan adalah statistik inferensial dengan analisis regresi sederhana. Kemudian akan diuji pengaruh pendapatan asli daerah dan dana alokasi umum terhadap belanja daerah secara simultan dan parsial dengan uji F dan uji t. Dimana akan diuji apakah muncul flypaper effect terhadap pendapatan asli daerah dan dana alokasi umum terhadap belanja daerah di 11 kabupaten/kota di provinsi Jambi untuk tahun 2013.

Kata Kunci: Pendapatan asli daerah, dana alokasi umum, belanja daerah, flypaper effect

Full Text:

PDF INDONESIA

References


Bambang Supomo dan Nur Indriantoro. 2002. Metodologi Penelitian Bisnis, Cetakan. Kedua, Yogyakara; Penerbit BFEE UGM.

Erlina, Sri Mulyani. 2007. Metodologi Penelitian Bisnis: Untuk Akuntansi dan. Manajemen, Cetakan Pertama USU. Medan: Press.

Peraturan Pemerintah No. 24 Tahun 2005 Tentang Standar Akuntansi Pemerintah (SAP).

Peraturan Pemerintah No. 8 Tahun 2005 Tentang Pelaporan Keuangan dan Kinerja Instansi Pemda




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/je.v5i2.956

Refbacks

  • There are currently no refbacks.