PENGARUH AUDIT INTERNAL TERHADAP KUALITAS PELAPORAN KEUANGAN

Ade Suherman, Yuyun Susanti

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan audit internal di RSUD Kota Banjar, untuk mengetahui kualitas pelaporan keuangan di RSUD Kota Banjar, dan untuk mengetahui pengaruh audit internal terhadap kualitas pelaporan keuangan di RSUD Kota Banjar. Penelitian ini didasarkan adanya informasi bahwa hasil audit yang dilakukan oleh inspektorat kota banjar terhadap pelaporan keuangan RSUD Kota Banjar mendapatkan opini Wajar Dengan Pengecualian (WDP). Hal tersebut menunjukan bahwa pelaksanaan audit internal dan kualitas pelaporan keuangan di RSUD Kota Banjar belum maksimal. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif, sedangkan popoulasi dalam penelitian ini adalah Satuan Pengawas Internal (SPI) dan Bagian Keuangan, yang meliputi Kepala Bagian Keuangan beserta sub-subnya, yang berjumlah sebanyak 16 orang. Karena jumlah populasi kurang dari 100, maka seluruh populasi dijadikan sampel penelitian. Metode analisis data yang dipakai dalam penelitian ini adalah metode analisa kuantitatif, di mana untuk mencapai tujuan penelitian yaitu menganalisis pengaruh audit internal terhadap kualitas pelaporan keuangan adalah dengan menggunakan analisis regresi sederhana. Hasil penelitian menunjukan bahwa pelaksanaan audit internal dan kualitas pelaporan keuangan di RSUD Kota Banjar sudah sangat baik. Sejalan dengan hipotesis dan penelitian terdahulu, hasil pengujian di RSUD Kota Banjar menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan audit internal terhadap kualitas pelaporan keuangan.

Kata Kunci: audit internal, kualitas pelaporan keuangan


Full Text:

PDF INDONESIA

References


Amalia. 2014. Pengaruh Waktu Penyimpanan terhadap Aktivitas Antibakteri. Ekstrak Kental Daun Sirih (Piper betle), Skripsi, Farmasi Universitas. Gadjah Mada, Yogyakarta.

Bastian, I. 2010. Akuntansi Sektor Publik: Suatu Pengantar. Jakarta: Erlangga.

Susanto, D. 2007. Peranan Audit Internal Terhadap Kepatuhan Manajemen Perusahaan. Skripsi. Bandung: Fakultas Ekonomi Universitas Widyatama.

Sundayani, L. 2013. Pengaruh Audit Internal Terhadap Penerapan Good Corporate Governance (GCG). Skripsi. Bandung: Fakultas Ekonomi Universitas Padjadjaran.

Widyaningsih, A. 2010. Pengaruh Audit Internal Terhadap Efektifitas Pengendalian Intern Biaya Produksi. Bandung: Fakultas Ekonomi Universitas Pendidikan Indonesia.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/je.v5i2.957

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Di Indeks oleh:

https://jurnal.ugm.ac.id/public/site/images/admin/index/googlescholar.png