PERAN BADAN PERMUSYAWARATAN DESA (BPD) DALAM MEWUJUDKAN AKUNTABILITAS ALOKASI DANA DESA (ADD) (Penelitian Pada Desa-desa di Wilayah Kecamatan Sadananya)

Dendy Syaiful Akbar

Abstract

Penelitian ini menganalisis bagaimana pengelolaan Alokasi Dana Desa (ADD) pada tingkat implementasi di lapangan dan peran BPD dalam mewujudkan akuntabilitas ADD. Metode penelitian yang peneliti gunakan adalah metode deskriptif. Hasil penelitian didapat bahwa Peran BPD dalam tahap perencanaan ADD di desa-desa wilayah Kecamatan Sadananya adalah menyampaikan aspirasi masyarakat dalam Musrenbangdes dan peran BPD dalam pengambilan keputusan pada tahap perencanaan pembangunan yang akan dilaksanakan, dimana pengambilan keputusan BPD dituangkan dalam bentuk Perdes yang sebelumnya telah dispekati bersama dengan Pemerintah Desa. Pada tahap pelaksanaan ADD, BPD berperan sebagai pengawas kegiatan serta berdialog dalam rapat evaluasi 3 bulanan untuk menyampaikan saran dan kritik yang berasal dari masyarakat. Sedangkan pada tahap pertanggungjawaban ADD, BPD mempunyai kewajiban untuk mengusung bahwa prinsip transparansi dalam pertanggungjawaban ADD harus diterapkan, selain itu BPD memastikan bahwa pelaksanaan ADD harus berjalan sesuai aturan yang berlaku.

Full Text:

PDF INDONESIA

References

Lembaga Administrasi Negara dan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan RI. 2000. Akuntabilitas and Good Governance. Modul 1-5. Modul Sosialisasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (AKIP). Jakarta: LAN BKP RI.

Nugroho, Adi & Susanti. 2014. Hukum Persaingan Usaha di Indonesia Dalam Teori dan Praktik Serta Penerapan Hukumnya. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.

Subroto, A. 2009. Akuntabilitas Pengelolaan Dana Desa. Tesis. Program Studi Magister Sains Akuntansi. Semarang: UNDIP.

Tjokroamidjojo, B. 2000. Good Governance (Paradigma Baru Manajemen Pembangunan). Jakarta: UI Press.

Peraturan Bupati Ciamis No. 6. 2012. Petunjuk Pelaksanaan Alokasi Dana Desa (ADD) di Kabupaten Ciamis Tahun Anggaran 2012. Pemerintah Daerah Kabupaten Ciamis.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.