ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERILAKU KONSUMEN DALAM MEMBELI PRODUK LAPTOP (Survei Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Galuh)

Faizal Haris Eko Prabowo

Abstract


Penelitian ini difokuskan pada analisis faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen dalam membeli produk laptop/notebook. Permasalahan pada penlitian ini adalah mengkaji faktor manakah yang sangat mempengaruhi perilaku konsumen dalam membeli produk laptop. Faktor yang diteliti dalam penelitian ini adalah faktor budaya, faktor sosial, faktor individu, faktor psikologi dan faktor ekonomi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dengan penyebaran kuesioner. Sedangkan alat analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukan bahwa faktor psikologi dan faktor ekonomi yang memiliki pengaruh tinggi terhadap perilaku konsumen dalam membeli produk laptop. Faktor psikologi memiliki pengaruh sebesar 0,311 sedangkan faktor ekonomi memiliki pengaruh sebesar 0,323 terhadap perilaku konsumen. Mengingat faktor psikologi dan ekonomi memiliki pengaruh yang baik disarankan bagi perusahaan produsen laptop/notebook untuk memproduksi produk dengan harga yang cukup kompetitif, fitur modern dan desain yang cocok berdasarkan segmentasi pasar.

Kata Kunci: Perilaku konsumen, Faktor budaya, Faktor sosial, Faktor individu, Faktor psikologi, Faktor ekonomi

Full Text:

PDF INDONESIA

References


Kotler, Philip dan Gary Amstrong. 2012. Principles of marketing, Global edition, 14th Edition, Pearson Education.

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. 2012. Marketing Management, Global edition, 14th Edition, Pearson Education.

Schiffman, Leon dan Leslie Kanuk. 2014. Consumen Behavior, Global Edition, 11th Edition, Pearson Education.

Danang Sunyoto. 2014. Konsep Dasar Riset Pemasaran & Perilaku Konsumen. Yogyakarta: CAPS.

Ramya N and Dr. SA Mohamed Ali. 2016. Factors Affecting Consumenr Buying Behaviors. India: International Journal of Applied Research




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/je.v5i2.965

Refbacks

  • There are currently no refbacks.