PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS SURAT PRIBADI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL EXAMPLES NON EXAMPLES PADA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS VIIA SMPN 1 BAREGBEG KECAMATAN BAREGBEG KABUPATEN CIAMIS

HERNI HERNI

Abstract

Hasil penelitian ini membahas tentang 1) Teknik pengamatan objek secara langsung, kemampuan siswa kelas VII A SMPN 1 Baregbeg dalam menulis surat pribadi dapat ditingkatkan. Peningkatan tersebut sungguh memuaskan. Hal ini terbukti pada hasil tes setelah tindakan. Pada tahap pratindakan nilai rata-rata siswa hanya 67,82 atau kategori cukup, kemudian pada tindakan siklus I nilai rata-rata yang diperoleh 77,39 atau kategori baik, artinya mengalami peningkatkan sebesar 41,60 %. Kemudian pada siklus II nilai rata-rata siswa meningkat lebih baik lagi daripada siklus I, yaitu menjadi 98,26 %, Dengan kata lain mengalami peningkatan sebesar 90,74 % bila dibandingkan dengan hasil sebelumnya (siklus I); 2) Hasil penelitian non tes melalui pengamatan, wawancara, dan jurnal siswa juga menunjukkan perubahan yang positif, siswa lebih tertarik dan antusias dalam pembelajaran menulis puisi dengan menggunakan metode examples non examples, sehingga siswa mudah dalam menulis surat pribadi. Hal itu terbukti adanya permintaan beberapa siswa agar mengulangi metode pembelajaran yang sudah dilaksanakan, karena saking antusiasnya, dan aktifnya siswa keetika menggunakan metode tersebut, sehingga siswa meminta mengulangi kembali pembelajaran dengan menggunakan metode examples non examples. Dengan melihat tingginya angka peningkatan dan respon siswa tersebut, berarti metode examples non examples sangat cocok diterapkan dalam setiap pembelajaran.Kata kunci: Keterampilan Menulis dan Examples Non Examples

Full Text:

PDF INDONESIA

References

Byrne, Dom. 1988. Teaching Writing Skill. London dan New York: Longman. esia. Jakarta: IKAPI.

Depdiknas. 2003. Kurikulum 2004 Sekolah Menengah Pertama Mata Pelajaran Bahasa Indonesia.

Http: karya-ilmiah.um.ac.id/indeks.php/KSDP/ article/view/6063.

Http://KlikBelajar.com/gurupkn.wordpress.com/10/11/2007/.

Http://model-examples-non-examples/gurupkn. wordpress.com/10/11/2007/.

Lado, Robert. 1964. Language Teaching. Amerika: MC Grow Hill.

Liang Gie, The. 2002. Terampil Mengarang. Yogyakarta: Andi.

Sapari, Nia Kurniati. 2008. Kompetensi Bebahasa Indonesia SMP dan MTs kelas VII. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.

Slavin, Robert E. 2008. Cooperative Learning: Teori, Riset dan Praktik. Terjemahan Nurulita Yusron. Bandung: Nusa Media.

Sundusilah, Suci. 2005. Meningkatkan Keterampilan Menulis Surat (Korespondensi) siswa Kelas IV SDN Cimareme II Kabupaten Bandung dengan Pendekatan Multiple Intelegences Howard Gardner. Skripsi.

Syamsudin, S.2005. Dasar-Dasar Teori Sastra. Semarang: Rumah Indonesia.

Tarigan, Djago. 1990. Materi Pokok Pendidikan Bahasa Indonesia: Modul 1-6. Jakarta: Depdikbud.

Tarigan, Djago. Dan H.G. Tarigan. 1986. Teknik Pengajaran Keterampilan Berbahasa. Bandung: CV Angkasa.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.