PROSES PENERAPAN PEMBELAJARAN PENGGUNAAN PENDEKATAN PARAGMETIK DALAM MENINGKAATKAN KETERAMPILAN BERBICARA BAGI SISWA KELAS XII SMP NEGERI 2 CIKONENG-CIAMIS

LILIS SUNDAWATI

Abstract


Penelitian tindakan kelas ini difokuskan kepada Proses dalam Penggunaan Pendekatan pendekatan paragmetik guna meningkaatkan keterampilan berbicara bagi siswa yang dijadikan suatu acuan dalam kurikulum berbasis kompetensi yang dirumuskan dalam kurikulum satuan pendidikan. Aspek penilaian proses pembelajaran yaitu aspek afaktif antara lain; komunikatif, jelas, runtut, dan mudah dipahami, mengekspresikan pikiran, dan keterampilan berbicara. Sedangkan di akhir pembelajaran menggunakan ranah psikomotor, antara lain; ide pokok, tanggapan dan ringkasan, semua data diolah dan disimpulkan hasilnya, kemampuan siswa dalam keterampilan keterampilan berbicara mengalami peningkatan, kesimpulan penelitian tindakan kelas ini berlaku untuk kelas VII di SMP Negeri 2 Cikoneng-Ciamis, penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan sesuai jadwal dan perencanaan yang telah ditentukan yaitu pada semester ganjil tahun ajaran 2014-2015.

Kata Kunci: Keterampilan berbicara dan pendekatan pragmatik

Full Text:

PDF INDONESIA

References


Arikunto, Suharsimi. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Bumi Aksara

BSNP. 2006. Silabus Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jakarta. Depdiknas

Depdiknas. 1990. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta : Balai Pustaka

Suherli. 2007. Menulis Karangan Ilmiah. Depok: Arya Duta

Surakhmad, Winarno. 1990. Pengantar Penelitian Ilmiah. Bandung : Tarsito.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/je.v4i1.978

Refbacks

  • There are currently no refbacks.