UPAYA MENINGKATAKAN KEMAMPUAN SISWA DALAM MEMAHAMI MAKNA BACAAN TEKS DESCRIPTIVE MELALUI TEKHNIK PEMBELAJARAN MAKE A MATCH DI KELAS VIII-A SEMESTER GANJIL, TAHUN PELAJARAN 2013–2014 SMP NEGERI 13 KOTA TASIKMALAYA

IRMAN SUTIANA

Abstract

Dari penelitian yang telah dilaksanakan, hasil pengamatan mengindikasikan bahwa keaktifan, tanggung-jawab dan keseriusan siswa mengalami perubahan dengan perolehan 84,90 % atau kenaikan sekitar 41 % dari Siklus 1 ke siklus 2 . Selanjutnya Nilai siswa hasil dari evaluasi test tulis pada siklus ke-1, 14 orang siswa ( 35,89 %) yang melebihi KKM (Tuntas ) dan 25 orang siswa ( 64,11 % ) di bawah KKM (Belum Tuntas) dan di Siklus ke-2, menjadi 32 orang siswa atau (82,05 %) yang melebihi KKM (Tuntas), 7 0rang siswa (17, 95 %) yang (Belum Tuntas). Akhirnya penulis menyimpulkan berdasarkan penjelasan pada pembahasan di atas bahwa tujuan penelitian yang telah dilaksanakan mengalami keberhasilan. Dengan kata lain, impelmentasi tindakan pembelajaran melalui model pembelajaran “ Make A Match “ dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis teks berbentuk “ descriptive “ dan meningkatkan aktifitas siswa dalam proses pembelajaran. Meskipun target pencapaian keberhasilan daya serap kelas dalam pembelajaran harus 85 % sebagaimana yang ditargetkan oleh Depdiknas.Kata Kunci: Meningkatkan kemampuan dalam memahami makna bacaan, tekhnik Pembelajaran Make A Match

Full Text:

PDF INDONESIA

References

Berdiati, Ika. 2010. Pelajaran Bahasa Berbasis PAKEM, Bandung: Sega Arsy.

BSNP. 2006. Kurikulum, Jakarta: Depdiknas

Isjoni. 2007. Cooperative Learning, Bandung: Alfabeta

Pertamana, Dede, M.Pd, dkk. 2012. Bahan Ajar PLPG Bahasa Inggris, Tasikmalaya: Universitas Siliwangi

Sunendar, Tatang. (th). Panduan Penelitian Tindakan Kelas, Bandung: LPMP Jawa Barat

Wardiman, Artono. 2009. English In Focus Grade VIII, Banndung: Depdiknasa Jawa Barat

Refbacks

  • There are currently no refbacks.