PENINGKATAN DISIPLIN MELALUI PENDEKATAN KONSELING KELOMPOK BEHAVIORISTIK PADA PESERTA DIDIK KELAS VII-F DI SMP NEGERI 1 CIAMPEL KABUPATEN KARAWANG PADA SEMESTER GANJIL TAHUN PELAJARAN 2015/2016

DANA SURYAATMAJA

Abstract


Permasalahan pada penelitian ini adalah apakah ada peningkatan disiplin melalui pendekatan konseling kelompok behavioristik pada peserta didik kelas VII-F di SMP Negeri 1 Ciampel kabupaten Karawang pada semester ganjil tahun pelajaran 2015/2016. Kemudian penelitian ini bertujuan agar peserta didik mengetahui adanya peningkatan disiplin melalui pendekatan konseling kelompok behavioristik pada peserta didik kelas VII-F di SMP Negeri 1 Ciampel Kabupaten Karawang pada semester ganjil tahun pelajaran 2015/2016. Adapun manfaat bagi peserta didik menjadi terbiasa disiplin melalui pendekatan konseling kelompok behavioristik pada peserta didik kelas VII-F di SMP Negeri 1 Ciampel kabupaten Karawang pada semester ganjil tahun pelajaran 2015/2016. Terbukti dengan perkembangan yang dipaparkan dari siklus 1, siklus 2, dan siklus 3. Perubahan tersebut berupa perubahan prilaku positif dan pada siklus ke dua dan ketiga terdapat perubahan prilaku yang lebih positif lagi. Diharapkan dengan penelitian ini guru memiliki kebiasaan menamakan kedisiplinan kepada peserta didik dalam rangka meningkakan hasil belajar siswa secara keseluruhan.

Kata Kunci: Disiplin, Pendekatan Konseling Kelompok Behavioristik, Kelas VII-F di SMP Negeri 1 Ciampel kabupaten Karawang.

Full Text:

PDF INDONESIA

References


Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. 2014. Materi Pelatihan Guru Imple-

mentasi Kuriklum 2013 Simbingan Konseling SMP/MTs. Jakarta:

BPSDMPKPMP

Permendiknas No. 22 tahun 2006 tentang standar Isi, Jakarta: Permendiknas.

Prayitno. 1995. Layanan Bimbingan dan Konseling Kelompok Dasar dan

Profil. Jakarta: Ghalia Indonesia

Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta.

UU RI No. 20 Tahun 2003 Tentag Sistem Pendidikan Nasional, Jakarta




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/je.v4i2.988

Refbacks

  • There are currently no refbacks.