PENGARUH MEREK DAN KEMASAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK UMKM

Gugun Mulyadi

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi karena pengenalan merek yang digunakan oleh produk makanan di UMKM Arjuna Isan masih belum maksimal. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Deskriptif. Untuk memperoleh data yang dibutuhkan digunakan teknik studi pustaka dan studi lapangan yang melalui dokumentasi. Hasil perhitungan analisis menunjukkan bahwa merek berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian konsumen pada produk makanan di UMKM Arjuna Isan, dengan tingkat pengaruh kuat. Hasil pengumpulan data melalui angket diketahui bahwa kemasan yang digunakan oleh UMKM Arjuna Isan termasuk kategori baik. Dimensi tertinggi adalah gambar manual, sedangkan dimensi terendah adalah dimensi fotografi. Hasil perhitungan menunjukkan bahwa kemasan berpengaruh poisitif dan signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen pada produk makanan di UMKM Arjuna Isan, dengan tarap keberpengaruhan baik. Merek dan Kemasan berpengaruh terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada Produk Makanan di UMKM Arjuna Isan. Dimensi tertinggi adalah perilaku pasca pembelian, dan dimensi terendah adalah dimensi peran pembeli. Hasil penghitungan uji signifikansi diketahui bahwa Fhitung > Ftabel sebesar 3.15.

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian. Edisi Revisi V. PT. Rineka Cipta. Jakarta.

Dolnicar, Sara. 2003. The influence of interactions between market segmentation strategy and competition on organizational, International Journal. Faculty of Commerce, University of Wollongong.

Enggel, Blackwell, Miniard.1994. Prilaku Konsumen (terjemahan).Edisi Enam.Jilid Pertama. Binarupa Aksara. Jakarta.

Ferdinand, Augusty. 2000. Manajemen Pemasaran Sebuah Pendekatan Strategik. Semarang : Program Magister Manajemen UNDIP

Indriantoro & Supomo. 1999. Metode Penelitian. Jakarta : Alfabeta.

Kotler, Philip. 2002. Manajemen Pemasaran (terjemahan). Edisi Millenium, jilid 1 PT. Prenhallindo. Jakarta.

Kotler. 2000. Manajemen Pemasaran DiIndonesia. Jakarta : Salemba E

Lamb,Hair,Mc Daniel.2001. Pemasaran (terjemahan). Edisi Bahasa Indonesia,

Jilid Pertama. Salemba empat. Jakarta.

Stanton, William J.1996. Prinsip Pemasaran (terjemahan). Edisi 7,jilid 1. Erlangga. Jakarta.

Sugiyono, (2010), Statistika untuk Penelitian, Alfabeta, Bandung




DOI: http://dx.doi.org/10.2827/jeim.v2i1.1127

DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.2827/jeim.v2i1.1127.g1026

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Add comment





Ekonologi indexed by:
_________________________________________________________________________________________________

Jurnal Ekonologi Ilmu Manajemen

Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi Universitas Galuh Ciamis
Jln. RE. Martadinata No. 150 Baregbeg Ciamis Jawa Barat - Indonesia
Telp/Fax: 0265-772060 e-mail: jurnalekonologi@unigal.a.c.id; web: http://jurnal.unigal.ac.id/index.php/ekonologi
ISSN 2355-6099 (Print) : ISSN 2620-6188 (Online)
Creative Commons License
This work is licensed under a
Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.