PENGARUH CORPORATE IDENTITY DAN PENGETAHUAN TENTANG PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN: STUDI PADA BIRO RESELLER RESMI RABBANI

Niki Destiani

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh terjadinya fluktuasi penjualan produk rabbani selama periodet tahun 2012 sampai tahun 2016. Metode yang digunakan dalam melaksanakan penelititan ini dengan metode deskriptif analisis dan korelasional. Penelitian ini menggunakan analisis kuantitatif. Dari hasil penelitian, dapat ditarik suatu simpulan sebagai berikut: 1) Corporate identity berpengaruh terhadap keputusan pembelian di Biro Reseller Rabani Kawali dengan hasil uji korelasi sebesar 0,615 yang memiliki tingkat hubungan yang kuat, dengan tingkat pengaruh sebesar 37,78%. 2) Pengetahuan tentang produk berpengaruh terhadap keputusan pembelian di Biro Reseller Rabani Kawali dengan hasil uji korelasi sebesar 0,734 yang memiliki tingkat hubungan yang kuat, dengan tingkat pengaruh sebesar 53,88%. 3) corporate identity dan pengetahuan tentang produk berpengaruh terhadap keputusan pembelian di Biro Reseller Rabani Kawali dengan hasil uji korelasi sebesar 0,963 yang memiliki tingkat hubungan sangat kuat, dengan tingkat pengaruh sebesar 92,74%. Hal tersebut sejalan dengan hasil uji hipotesis diketahui bahwa korelasi dapat dikatakan signifikan apabila Fhitung > Ftabel hasil perhitungan di atas diperoleh bobot Fhitung = 58,009 sedangkan bobot Ftabel= pada 0.05 dan dk = 95-2-1= 92 diperoleh F tabel 3,1265.

References


Atik & Ratminto. 2012. Manajemen Pelayanan. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Ali, Hasan . 2013. Marketing dan Kasus-Kasus Pilihan. Yogyakarta. CAPS.

Anggoro, M. Linggar, 2000. Teori marketing dan membangun citr perusahaan. Jakarta: Bumi Aksara.

Basu Swastha dan Hani Handoko. 2005 Azas-azas Marketing.Yogyakarta: Liberti.

Bilson Simamora. 2002. Panduan Riset Perilaku Konsumen. Surabaya: Pustaka.

Buchari Alma. 2004, Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa, Edisi. Revisi, Bandung: Penerbit CV. Alfabeta.

Buchari Alma. 2011. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Cutlip, Scott M. Allen H, Center. Broom, Glen M. 2005. Effective Public Relations. Edisi 8. Jakarta. PT Indeks Kelompok Gramedia.

Christodoulides, G. & de Chernatony, L. 2004. “Dimensionalising on-and offline brands composite equity”, Journal of Product and Brand Management, Vol. 13, 168-79

Churchill, Gilbert A. 2005. Basic Marketing Research. Fourth Edition. Edisi Bahasa Indonesia (alih bahasa oleh E. Koswara, Dira Salam, dan Alvin Ruzhendi). Jakarta: Erlangga.

Fajar, Laksana, 2008, Manajemen Pemasaran, Graha Ilmu, Yogyakarta.

Hasibuan, Malayu S.P. 2009. Manajemen: Dasar, Pengertian, dan Masalah. Edisi Revisi. Jakarta : Bumi Aksara.

Kasali, R. 2003. Manajemen Public Relations. Jakarta: Grafiti.

Kotler, Philip and Gary Armstrong. 2008. Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi. 12. Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Kartajaya, Hermawan. 2005. Marketing in Venus. Jakarta: PT Gramedia Pustaka.

Kotler, Phillip dan Gary Amstrong. 2001. Prinsip-Prinsip Pemasaran, jilid 2, edisi ke-8. Penerbit Erlangga, Jakarta.

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller dan Gary Amstrong . 2008. Manajemen Pemasaran. Jilid Satu,. Edisi Keduabelas, Cetakan Ketiga. Jakarta: Indeks.

Lupiyoadi,Rambat. 2001. Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta: Salemba Empat,

Nurhadi. 2002. Pendekatan Kontekstual Perusahaan. Malang: Universitas Negeri Malang.

Sugiyono. 2006. Statistika Untuk Penelitian, Cetakan Ketujuh, Bandung: CV. Alfabeta.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan RD. Bandung: Alfabeta.

Suharno. 2010. Marketing in Practice. edisi pertama, penerbit Graha Ilmu, Yogyakarta.

Sutisna. 2001, Perilaku Konsumen dan Komunikasi Pemasaran, Penerbit PT. Remaja Rosdakarya, Bandung, Cetakan I




DOI: http://dx.doi.org/10.2827/jeim.v4i1.1151

DOI (PDF (Bahasa Indonesia)): http://dx.doi.org/10.2827/jeim.v4i1.1151.g1047

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Add comment





Ekonologi indexed by:
_________________________________________________________________________________________________

Jurnal Ekonologi Ilmu Manajemen

Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi Universitas Galuh Ciamis
Jln. RE. Martadinata No. 150 Baregbeg Ciamis Jawa Barat - Indonesia
Telp/Fax: 0265-772060 e-mail: jurnalekonologi@unigal.a.c.id; web: http://jurnal.unigal.ac.id/index.php/ekonologi
ISSN 2355-6099 (Print) : ISSN 2620-6188 (Online)
Creative Commons License
This work is licensed under a
Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.