STRATEGI PENINGKATAN PELAYANAN PUBLIK PADA DINAS TENAGA KERJA KABUPATEN CIAMIS

Aseu Daseu

Abstract


Penelitian ini difokuskan pada strategi peningkatan pelayanan publik pada Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Ciamis. Permasalahan yang dihadapi dalam penelitian ini meliputi Bagaimana strategi peningkatan pelayanan publik pada Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Ciamis. Tujuan dalam Penelitian ini adalah untuk mempelajari, mengetahui, dan menganalisis strategi peningkatan pelayanan publik pada Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Ciamis. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif analisis. Untuk menganalisis data yang diperoleh digunakan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa: strategi peningkatan pelayanan publik pada Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Ciamis dengan menggunakan kekuatan untuk memanfaatkan peluang yaitu mengoptimalkan sumber daya manusia dalam peningkatan kualitas pelayanan yang sesuai dengan harapan masyarakat.

References


Abdurrahman, N.H. 2015. Manajemen Strategi Pemasaran. Bandung: Pustaka Setia.

Boediono, B. 2013.Pelayanan Prima Perpajakan. Jakarta :Rineka Cipta.

Dirgantoro, Crown. 2011. Manajemen Strategik: Konsep, Kasus, dan Implementasi. Jakarta:PT. Gramedia.

Dwiyanto, Agus.2015. Penilaian Kinerja Organisasi Pelayanan Publik.Yogyakarta : Fisipol UGM.

Fahmi, Irham, 2013. Manajemen Strategis Teori dan Aplikasi. Bandung : Alfabeta.

Glueck dan Jauch. 2008. Manajemen Strategis dan Kebijakan Perusahaan. Terjemahan Murad dan Henry. Jakarta : Erlangga.

Hasibuan, Malayu, S.P., 2005. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta : Bumi Aksara.

Kurniawan, Lutfi J dan Mochamad Najib. 2008. Paradigma Kebijakan Pelayanan Publik. Malang : In-Trans Publishing.

Moenir, A.S. 2015. Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia. Jakarta: Bumi Aksara.

NurcholisHanif. 2015.Teori dan Praktik Pemerintahan dalam Otonomi Daerah. Jakarta:Grasindo.

Nuryadin, A. 2012.Manajemen Perusahaan.Jakarta : LaksBang PRESSindo.

Pearce dan Robinson.2007. Manajemen Strategis. Jakarta : Binarupa Aksara

Rachmadi. 2014.Public Relation Dalam Teori dan Praktek. Jakarta:Gramedia Pustaka Utama.

Rangkuti, Freddy.2011. SWOT Balanced Scorecard. Jakarta: PT Gramedia.

Siagian Sondang P. 2012.Manajemen Strategik. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Sinambela, Lijan Poltak. 2016. Reformasi Pelayanan Publik : Teori, Kebijakan, dan Implementasi. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Sri, AgustinusWahyudi. 2013. Manajemen Stratejik. Jakarta :Binarupa Aksara.

Sugiyono. 2014.Metode Penelitian Administrasi.Bandung : Alfabeta.

Tangkilisan, Hesel Nogi. 2013. Implementasi Kebijakan Publik. Yogyakarta: Offcet.

Terry, George. 2009. Dasar-Dasar Manajemen. Jakarta: PT Bumi Aksara.




DOI: http://dx.doi.org/10.2827/jeim.v4i2.1155

DOI (PDF (Bahasa Indonesia)): http://dx.doi.org/10.2827/jeim.v4i2.1155.g1051

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Add comment





Ekonologi indexed by:
_________________________________________________________________________________________________

Jurnal Ekonologi Ilmu Manajemen

Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi Universitas Galuh Ciamis
Jln. RE. Martadinata No. 150 Baregbeg Ciamis Jawa Barat - Indonesia
Telp/Fax: 0265-772060 e-mail: jurnalekonologi@unigal.a.c.id; web: http://jurnal.unigal.ac.id/index.php/ekonologi
ISSN 2355-6099 (Print) : ISSN 2620-6188 (Online)
Creative Commons License
This work is licensed under a
Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.