Manajemen Pembiayaan Bantuan Pendidikan Menengah Universal (BPMU) dalam Peningkatan Mutu Layanan Pendidikan

Edi Junaedi, Enas Enas

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah: Untuk mendiskripsikan bagaimana perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pembiayaan pendidikan BPMU dalam meningkatkan mutu layanan pendidikan pada MAN 2 Ciamis. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Hasil pembahasan dari penelitian ini adalah: (1) Dalam perencanaan pembiayaan BPMU terdapat item-item yang merupakan pembiayaan pendidkan untuk meningkatkan mutu layanan pendidikan pada MAN 2 Ciamis yang dilaksanakan setiap awal tahun dalam sebuah rapat dengan melibatkan beberapa pihak yang berkepentingan diantaranya penetapan sasaran/tujuan, penetapan anggaran yang nantinya akan dituangkan dalam penyusunan RAPBS dan RKAS dengan menggunakan pedoman BPMU; (2) Pelaksanaan pembiayaan pendidikan BPMU diawali dengan penyusunan RAPBS dan RKAS. Selanjutnya realisasi dari hasil perencanaan adalah berisi kegiatan kebendaharaan di antaranya pengisian formulir pengajuan pencairan dana BPMU, penyaluran biaya, pembukuan anggaran dan penyusunan laporan; (3) Evaluasi pembiayaan berupa pengawasan dan monitoring yang dilakukan dari pihak intern yaitu kepala sekolah, komite sekolah ekstern dilakukan oleh Tim Pengelola BPMU Provinsi terhadap Tim Pengelola BPMU di Kabupaten/Kota atau terhadap sekolah/madrasah. Pengawasan dan monitoring yang dilakukan sesuai dengan kebutuhan masing-masing pihak.

Full Text:

PDF

References


Enas et.al., (2015) Pedoman Penulisan Usul Penelitian, Penulisan Tesis dan Artikel

Ilmiah, Ciamis: Program Pasca Sarjana Unigal.

Herlina, E. (2017). Pendidikan Dan Pelatihan Dalam Meningkatkan Model Kerjasama Usaha Menengah Kecil Dan Mikro Dengan Usaha Besar Di Kecamatan Cikoneng Kabupaten Ciamis. Jurnal Ekonologi Ilmu Manajemen, 1(1), 71-81.

Darna, N., & Herlina, E. (2018). Memilih Metode Penelitian Yang Tepat: Bagi Penelitian Bidang Ilmu Manajemen. Jurnal Ekonologi Ilmu Manajemen, 5(1), 287-292.

Komariah, A., & Satori, D. A. (2009). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfa Beta.

Mulyatini, N., Herlina, E., & Mardiana, D. (2018). Penerapan Tahapan Perencanaan Anggaran Pemerintah Daerah Dalam Meningkatkan Efektivitas Organisasi. Jurnal Ekonologi Ilmu Manajemen, 5(2), 327-332.

Maleong, Lexy J. (2012), Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Matin, (2014), Manajemen Pembiayaan Pendidikan, Kosep dan Aplikasi, Jakarta: Rajawali Pers.

¬¬¬Sudarwan, Denim, (2002), Menjadi peneliti Kualitatif Rancangan Metodologi,

Presentasi dan Publikasi Hasil Penelitian untuk Mahasiswa dan Penelitian Pemula Bidang Ilmu Sosial, Pendidikan dan Humaniora, Bandung: CV. Pustaka Setia.

Darna, N., Rosliyati, A., & Herlina, E. (2015, May). The Implementation of Controlling, Coaching and Counseling; For solving corruption problem in Indonesia. In International Conference on Economics and Banking (iceb-15). Atlantis Press.

_______, Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2004 Tentang Pemerintah Daerah.

_______, Undang-Undang RI Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

_______, Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 80 Tahun 2013 tentang Pendidikan Menengah Universal.

_______, (2017). Pedoman Pembiayaan Pendidikan BPMU Provinsi Jawa Barat, Dinas Provinsi Jawa Barat.




URN: http://nbn-resolving.de/urn:nbn:de:4321ijemar.v2i1.18210

DOI: http://dx.doi.org/10.4321/ijemar.v2i1.1821

URN (PDF): http://nbn-resolving.de/urn:nbn:de:4321ijemar.v2i1.1821.g14999

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


This Journal indexed by

   

Publisher Address :

Graduate Program  UNIVERSITAS GALUH

Jl. R.E. Martadinata No. 150 Ciamis - West Java - Indonesia

phone/fax : 0265-776944 email : ijemar@unigal.ac.id

http://jurnal.unigal.ac.id/index.php/ijemar