Pengaruh Kompetensi Guru dan Fasislitas Belajar Penjas terhadap Motivasi Belajar Penjas

Mohamad Rezha, Uung Runalan Soedarmo

Abstract


Artikel ini bertujuan untuk melihat pengaruh kompetensi guru dan fasilitas belajar penjas terhadap motivasi belajar penjas. Penelitian ini menggunakan metode analisis deskripsi kuantitatif dan verifikatif. Metode deskriptif yaitu metode yang menggambarkan fakta dan kejadian pada objek yang diteliti dan verifikatif yaitu metode yang dilakukan untuk menguji hipotesis dengan menggunakan perhitungan dari statistik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : Terdapat Pengaruh positif dan signifikan kinerja guru penjas terhadap hasil belajar renang di SMK Plus YSB Suryalaya Kabupaten Tasikmalaya. Hal ini ditunjukkan dengan tingkat hubungan yang sangat erat antara kinerja guru penjas dengan hasil belajar renang.  Terdapat Pengaruh positif dan signifikan modifikasi alat bantu terhadap hasil belajar renang di SMK Plus YSB Suryalaya Kabupaten Tasikmalaya. Hal ini ditunjukkan dengan tingkat hubungan yang sangat erat antara modifikasi alat bantu dengan hasil belajar renang. Terdapat pengaruh positif dan signifikan kinerja guru penjas dan modifikasi alat bantu terhadap hasil belajar renang di SMK Plus YSB Suryalaya Kabupaten Tasikmalaya. Hal ini ditunjukkan dengan tingkat hubungan yang sangat kuat kinerja guru penjas dan modifikasi alat bantu dengan hasil belajar renang.

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi & Lia Yuliana. 2008. Manajemen Pendidikan. Yogyakarta: Aditya Media.

Uno, H. B., & Mohamad, N. (2011). Belajar dengan pendekatan PAILKEM. Jakarta: Bumi Aksara.

Moh Uzer Usman. 2009. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Rosdakarya.

Soedarmo, U. R., & Herman, M. (2018). Kemampuan Manajerial Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Prestasi Sekolah: Studi di SMP Negeri 1 Cihaurbeuti Kabupaten Ciamis. Indonesian Journal of Education Management and Administration Review, 1(2), 99-106.

Darna, N., & Herlina, E. (2018). Memilih Metode Penelitian Yang Tepat: Bagi Penelitian Bidang Ilmu Manajemen. Jurnal Ekonologi Ilmu Manajemen, 5(1), 287-292.

Sugiyono. 2011. Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

______, UU RI Nomor 14 Tahun 2005 pasal 10 ayat 1, tentang Guru dan Dosen dan Pasal 28 ayat 3 PP 19 tahun 2005 tentang Sertifikat Pendidik.




URN: http://nbn-resolving.de/urn:nbn:de:4321ijemar.v2i1.18221

DOI: http://dx.doi.org/10.4321/ijemar.v2i1.1822

URN (PDF): http://nbn-resolving.de/urn:nbn:de:4321ijemar.v2i1.1822.g15006

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


This Journal indexed by

   

Publisher Address :

Graduate Program  UNIVERSITAS GALUH

Jl. R.E. Martadinata No. 150 Ciamis - West Java - Indonesia

phone/fax : 0265-776944 email : ijemar@unigal.ac.id

http://jurnal.unigal.ac.id/index.php/ijemar