Efektivitas Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Dalam Meningkatkan Kinerja Mengajar Guru Bahasa Inggris

Yuli Nurlaeli, Oyon Saryono

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi bahwa guru merupakan faktor utama dalam sistem pendidikan, khususnya di sekolah, dan kinerja guru merupakan suatu hal yang sangat penting dalam upaya menciptakan pembelajaran yang berkualitas untuk mencapai tujuan. Metode yang digunakan  adalah deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan datanya  menggunakan tiga teknik utama, yaitu obsevasi, wawancara, dan  studi  dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa; 1). Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) ditinjau dari perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi kegiatan dalam meningkatkan kinerja mengajar guru di SMPN 1 Situraja sudah dilaksanakan dengan efektif. Hal ini dibuktikan dengan tercapainya target materi yang ingin dicapai setelah kegiatan MGMP dilaksanakan 2). Kegiatan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Bahasa Inggris Ditinjau dari Perencanaan pembelajaran , Proses pelaksanaan pembelajaran  dan Penilaian Pembelajaran Dalam Meningkatkan Kinerja Mengajar guru di SMPN 1 Situraja Kabupaten Sumedang  secara umum sudah  efektif. Hal ini dilihat dari kemampuan mereka dalam membuat perencanaan pembelajaran dengan baik sehingga guru – guru tidak merasa kesulitan dalam melaksanakan proses pembelajaran dengan maksimal dan melakukan penilaian pembelajaran kepada siswa dengan baik. 3). Hambatan- hambatan yang dihadapi guru dalam mengikuti kegiatan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Bahasa Inggris secara umum tidak dirasakan oleh seluruh guru karena Kepala Sekolah selalu memfasilitasi dan memotivasi semua guru dalam mengikuti kegiatan MGMP  baik ditingkat intern sekolah, wilayah, maupun tingkat kabupaten.4).  Upaya yang dilakukan sekolah dalam mengikuti MGMP adalah dengan mendorong dan memfasilitasi guru untuk mengikuti kegiatan MGMP. Baik di tingkat sekolah, wilayah maupun kabupaten.

Full Text:

PDF

References


Undang-Undang RI No. 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Bandung: Citra Utama.

Undang-Undang RI No. 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen dan Peraturan Mendiknas Nomor 11 tahun 2005 beserta penjelasannya. Bandung: Citra Utama.

Pidarta, M, 2009, Supervisi Pendidikan kontekstual, Bandung: Rineka Cipta.

Mulyasa. 2013. Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: PT. Rosdakarya.

Mulyasa. 2007.Kurikulum tingkat satuan pendidikan sebuah panduan praktis. Bandung: PT. Rosdakarya.

Sugiyono, 2014. Metode Penelitian pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Depdiknas. Dirjen Peningkatan Mutu pendidik dan Tenaga kependidikan 2009. Prosedur Operasional Standar pengembangan Kurikulum Tingkat satuan pendidikan di KKG dan MGMP. Jakarta.




URN: http://nbn-resolving.de/urn:nbn:de:4321ijemar.v2i2.19293

DOI: http://dx.doi.org/10.4321/ijemar.v2i2.1929

URN (PDF): http://nbn-resolving.de/urn:nbn:de:4321ijemar.v2i2.1929.g15481

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


This Journal indexed by

   

Publisher Address :

Graduate Program  UNIVERSITAS GALUH

Jl. R.E. Martadinata No. 150 Ciamis - West Java - Indonesia

phone/fax : 0265-776944 email : ijemar@unigal.ac.id

http://jurnal.unigal.ac.id/index.php/ijemar