Implementasi Kompetensi Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kompetensi Guru

Yuliawati Yuliawati, Enas Enas

Abstract


Tujuan penelitian adalah untuk menganalisis dan mendeskripsikan tentang: 1) Implementasi kompetensi kepala sekolah ditinjau dari aspek kompetensi kepribadian dalam meningkatkan kompetensi guru; 2) Implementasi kompetensi kepala sekolah ditinjau dari aspek kompetensi manajerial dalam meningkatkan kompetensi guru; 3) Implementasi kompetensi kepala sekolah ditinjau dari aspek kompetensi kewirausahaan dalam meningkatkan kompetensi guru; 4) Implementasi kompetensi kepala sekolah ditinjau dari aspek kompetensi  supervisi dalam meningkatkan kompetensi guru; 5) Implementasi kompetensi kepala sekolah ditinjau dari aspek kompetensi sosial dalam meningkatkan kompetensi guru. Metode penelitian yang digunakan dalam penyusunan tesis ini adalah deskriptif  dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan melalui reduksi data, sajian data, dan penarikan simpulan/verifikasi. Adapun informan pada penelitian ini meliputi kepala sekolah, pengawas, dan guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Implementasi kompetensi kepala sekolah ditinjau dari aspek kompetensi kepribadian telah diimplementasikan dengan baik sehingga dapat meningkatkan kompetensi guru; 2) Implementasi kompetensi kepala sekolah ditinjau dari kompetensi manajerial telah diimplementasikan dengan baik sehingga dapat meningkatkan kompetensi  guru; 3) Implementasi kompetensi kepala sekolah ditinjau dari aspek kompetensi kewirausahaan telah diimplementasikan dengan baik sehingga dapat meningkatkan kompetensi guru; 4) Implementasi kompetensi kepala sekolah ditinjau dari aspek kompetensi supervisi telah diimplementasikan dengan baik sehingga dapat meningkatkan kompetensi guru; 5) Implementasi kompetensi kepala sekolah ditinjau dari aspek kompetensi sosial telah diimplementasikan dengan baik sehingga dapat meningkatkan kompetensi guru.

Full Text:

PDF

References


A.A. Anwar Prabu, 2010, Manajemen Sumber Daya Manusia, Bandung: Alfabeta.

Affandi, 2008, Penilaian Pendidikan Berbasis Kompetensi. Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret.

Akhmad, Sudrajat. 2010. Profesionalisme Guru, Tersedia pada Akhmadsudrajat.wordpress.com (diakses tanggal 2 Februari 2018)

Ara Hidayat & Imam Machali. 2012. Pengelolaan Pendidikan, Bandung: Kaukaba

Barlow, Daniel Lenox, 1985, Educational Psychology: The Teaching-Learning. Process, Chicago: The Moody Bible Institute.

Herlina, E., Syarifudin, D., & Kartika, R. (2019). The Local Knowledge Transfer Based on Continuous Improvement Implementation at SMEs Group. Journal of Management Review, 3(1), 277-282.




URN: http://nbn-resolving.de/urn:nbn:de:4321ijemar.v2i2.19302

DOI: http://dx.doi.org/10.4321/ijemar.v2i2.1930

URN (PDF): http://nbn-resolving.de/urn:nbn:de:4321ijemar.v2i2.1930.g15515

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


This Journal indexed by

   

Publisher Address :

Graduate Program  UNIVERSITAS GALUH

Jl. R.E. Martadinata No. 150 Ciamis - West Java - Indonesia

phone/fax : 0265-776944 email : ijemar@unigal.ac.id

http://jurnal.unigal.ac.id/index.php/ijemar