Implementasi Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di Sekolah Dasar

Dedeh Rahwati

Abstract


Paper ini bertujuan untuk menyampaikan implementasi sistem penjaminan mutu pendidikan yang diterapkan dalam meningkatkan mutu sekolah. Metode dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Alat pengumpul data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi observasi (pengamatan), interview (wawancara), dan dokumentasi. Teknik analisis data yang dilakukan secara interaktif melalui proses reduksi data (data reduction), penyajian data (data display), dan pengambilan keputusan (verification). Berdasarkan pembahasan hasil penelitian diketahui bahwa: 1) Implementasi sistem penjaminan mutu pendidikan dalam meningkatkan mutu sekolah belum terlaksana dengan baik hal ini dikarenakan kurangnya keterlibatan seluruh stakeholder pendidikan dalam mendukung perencanaan penyusunan mutu serta kurangnya dukungan anggaran yang memadai dalam penyusunan atau pemetaan mutu. 2) Adanya hambatan-hambatan implementasi sistem penjaminan mutu pendidikan dalam meningkatkan mutu sekolah yang antara lain kegiatan evaluasi diri sekolah sebagai alat atau instrument internal yang dapat dipakai untuk mengevaluasi kinerja sekolah belum optimal mengingat belum semua guru dan orang tua siswa memiliki kemampuan dalam melakukan evaluasi diri sekolah. 3) Adanya upaya-upaya upaya mengatasi hambatan implementasi sistem penjaminan mutu pendidikan dalam meningkatkan mutu sekolah yang antara lain memperbaiki hasil pemenuhan mutu, meningkatkan target yang belum tercapai, memperbaiki hasil temuan, peningkatan aspek yang memungkinkan, dan penetapan sasaran mutu lebih meningkat sehingga setiap aspek dapat dilakukan tindak lanjut dan perbaikan guna meningkatkan mutu sekolah.

Keywords


Implementasi; sistem penjaminan mutu; pendidikan; mutu sekolah

Full Text:

PDF

References


Amri, Sofan, (2013). Pengembangan & Model Pembelajaran Dalam Kurikulum. 2013. Prestasi Pustakarya. Jakarta.

Danim, Sudarwan, (2008). Kinerja Staf dan Organisasi. Bandung, Pustaka Setia.

Depdiknas, (2005). Panduan Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis. Kompetensi. Jakarta: Direktorat PPTK dan KPT Dirjen Dikti.

Fattah, Nanang, (2012). Landasan Manajemen Pendidikan, Bandung: PT Remaja. Rosda karya.

Fattah, (2012). Psikologi Sosial. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Irianto, (2012). Statistik: KonsepDasar, Aplikasi, dan. Pengembangannya, cet.8, Jakarta: Kencana.

Kemendikbud, (2016). Permendikbud Nomor 020 tahun 2016 Tentang Standar Kompetensi Lulusan Pendidikan Dasar Dan Menengah. Jakarta: kemendikbud.

Komariah dan Djam'an Satori, (2010). Metodologi Penelitian. Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Komariah dan Djam'an Satori, (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Moleong Lexy J., (2010). Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: Remaja.

Mucktiany, (2015). Penjaminan Mutu. Sekolah, Jakarta: Bumi Aksara.

Mulyasana, Dedy, (2011). Pendidikan Bermutu dan Berdaya Saing. Jakarta: Rosda. Karya.

Riduwan, (2009). Aplikasi Statistika dan Metode Penelitian untuk. Administrasi dan Manajemen. Bandung: Dewa Ruci.

Sallis, (2011), Gerakan Menata Mutu Pendidikan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Saputra, Lyndon (2013). Pengantar Kebutuhan Dasar Manusia. Jakarta: Binarupa.

Satori, (2011). Metode Penelitian Kualitatif, Bandung. Alfabeta.

Sutopo, (2008). Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam. Pendidikan. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Usman, (2006). Metodologi Penelitian Sosial, Jakarta: Bumi. Aksara.

_______, (2015). Implementasi Manajemen Berbaasis Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan pada MTsN Kota Lhokeumawe, jurnal administrasi pendidikan, pascasarjana universitas syiah kuala Vol 03, No. 02.

_______, Peraturan Menteri Pendidikan Nasional (Permendiknas) Nomor 63 tentang Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan.

_______, PP No. 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan Pasal 91 ayat 1, 2, dan 3 tentang penjaminan mutu pendidikan sebagaimana telah diubah menjadi PP Nomor 32 Tahun 2013.

_______, 2013. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

_______, 2014. “Peran Guru dalam Menegakkan Kedisiplinan Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 2 Kartasura Tahun Pelajaran 2013/2014”. Skripsi S-1. Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta.




URN: http://nbn-resolving.de/urn:nbn:de:4321ijemar.v3i1.29446

DOI: http://dx.doi.org/10.4321/ijemar.v3i1.2944

URN (PDF): http://nbn-resolving.de/urn:nbn:de:4321ijemar.v3i1.2944.g25900

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


This Journal indexed by

   

Publisher Address :

Graduate Program  UNIVERSITAS GALUH

Jl. R.E. Martadinata No. 150 Ciamis - West Java - Indonesia

phone/fax : 0265-776944 email : ijemar@unigal.ac.id

http://jurnal.unigal.ac.id/index.php/ijemar