Kompetensi Profesional Guru dalam Meningkatkan Motif Berprestasi Peserta Didik: Studi di SDN Karangpucung 04 dan SDN Karangpucung 05 Kabupaten Cilacap

Sri Hartini

Abstract


Tujuan artikel ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan kompetensi profesional guru , hambatan, dan upaya apa yang dilakukan untuk mengatasi hambatan dalam melaksanakan kompetensi profesional guru  dalam meningkatkan motif berprestasi peserta didik  di SDN Karangpucung 04 dan SDN Karangpucung 05 Kabupaten Cilacap. Dengan rumusan masalah bagaimana tujuan penelitian tersebut dirumuskan?. Penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif, dengan alat pengumpulan data melalui wawancara, dokumentasi, dan triangulasi.  Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, maka diperoleh simpulan sebagai berikut. (1) Kompetensi profesional guru  dalam meningkatkan motif berprestasi peserta didik  di SDN Karangpucung 04 dan SDN Karangpucung 05 Kabupaten Cilacap berdasarkan aspek a) Mengerti dan dapat menerapkan landasan kependidikan baik filosofi, psikologis, sosiologis, dan sebagainya; b) Mengerti dan dapat menerapkan teori belajar sesuai taraf perkembangan peserta didik; c) Mampu ,menangani dan mengembangkan bidang studi yang menjadi tanggungjawabnya; d) Mengerti dan dapat menerapkan metode pembelajaran yang bervariasi; e) Mampu mengembangkan dan menggunakan berbagai alat, media dan sumber belajar yang relevan; f) Mampu mengorganisasikan dan melaksanakan program pembelajaran; g) Mampu melaksanakan evaluasi hasil belajar peserta didik; h) Mampu menumbuhkan kepribadian peserta didik, telah dilaksanakan walaupun masih ada beberapa yang belum maksimal; (2) Hambatan yang dihadapi guru dalam melaksanakan kompetensi profesional guru  dalam meningkatkan motif berprestasi peserta didik  di SDN Karangpucung 04 dan SDN Karangpucung 05 Kabupaten Cilacap hampir sama yaitu kemampuan SDM dalam melaksanakan kompetensi profesional guru dan sarana prasarana pendukung terciptanya hasil belajar peserta didik; dan (3) Upaya yang dilakukan untuk mengatasi hambatan dalam melaksanakan kompetensi profesional guru  dalam meningkatkan motif berprestasi peserta didik  di SDN Karangpucung 04 dan SDN Karangpucung 05 Kabupaten Cilacap adalah dengan meningkatkan kompetensi profesional guru melalui pendidikan dan pelatihan serta KKG serta menambah sarana prasarana yang dibutuhkan oleh peserta didik.

Keywords


kompetensi; profesional; motif berprestasi

Full Text:

PDF

References


Fatchurrochman (2011), dengan judul “Pengaruh Motivasi Berprestasi Terhadap Kesiapan Belajar, Pelaksanaan Prakerin dan Pencapaian Kompetensi Mata Pelajaran Produktif Teknik Kendaraan Ringan Kelas XI (Penelitian Pada Siswa Kelas XI Teknik Kendaraan Ringan SMK Negeri 1 Jatibarang, Kabupaten Indramayu, Propinsi Jawa Barat).

Mudjijanti (2013), dengan judul “Pengaruh Motivasi Berprestasi dan Kebiasaan Belajar terhadap Keberhasilan Belajar Mahasiswa Program Studi Bimbingan dan Konseling Tahun Akademis 2011/2012.

Sulistyowati, dkk (2012), dengan judul Pengaruh motivasi belajar dan kompetensi profesional guru terhadap prestasi belajar mata pelajaran ips ekonomi.

Ridaul Inayah, Trisno Martono & Hery Sawiji (2013), dengan judul “Pengaruh Kompetensi Guru, Motivasi Belajar Siswa dan Fasilitas Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Pada Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Lasem Jawa Tengah Tahun Pelajaran 2011/2012.




URN: http://nbn-resolving.de/urn:nbn:de:4321ijemar.v3i1.29493

DOI: http://dx.doi.org/10.4321/ijemar.v3i1.2949

URN (PDF): http://nbn-resolving.de/urn:nbn:de:4321ijemar.v3i1.2949.g25946

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


This Journal indexed by

   

Publisher Address :

Graduate Program  UNIVERSITAS GALUH

Jl. R.E. Martadinata No. 150 Ciamis - West Java - Indonesia

phone/fax : 0265-776944 email : ijemar@unigal.ac.id

http://jurnal.unigal.ac.id/index.php/ijemar