Efektifitas Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Prestasi Sekolah

Miswati Miswati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kompetensi manajerial kepala sekolah dalam meningkatkan prestasi sekolah di SD Negeri 2 Purbahayu dan SD Negeri Pagergunung. Penelitian menggunakan metode deskripsi kualitatif. Penelitian deskriptif merupakan penelitian, dimana pengumpulan data untuk mengetes pertanyaan penelitian yang berkaitan dengan keadan dan kejadian sekarang. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara; 1) Wawancara, 2) Pengamatan (observation). Hasil penelitian menunjukkan efektifitas kompetensi manajerial Kepala Sekolah dalam meningkatkan prestasi Sekolah terlihat dari indikator kemampuan merencanakan, kemampuan mengorganisasikan, kemampuan dalam pelaksanaan, pembinaan peserta didik, dan penghargaan untuk setiap peserta didik, selama ini sudah cukup baik. Hambatan-hambatan terbagi atas indikator hambatan kemampuan merencanakan, hambatan terjadi karena banyaknya peserta didik yang masih kurang termotivasi dalam belajar. Hambatan kemampuan mengadakan pengawasan berupa terdapat pandangan atau persepsi yang berbeda. Upaya yang dilakukan dengan memberikan reward pada peserta didik yang berprestasi dan memberikan reward pada guru yang telah berhasil membimbing peserta didiknya untuk dapat berprestasi. Kemudian dengan membagi tanggung jawab dan mengelola personil dengan memberikan tugas yang sesuai dengan kemampuan yang dimiliki guru

Keywords


Kompetensi Manajerial Sekolah; Prestasi Sekolah

Full Text:

PDF

References


Akdon. 2002. Identifikasi Faktor-Faktor Kemampuan Manajerial Yang Diperlukan Dalam Implementasi School Based Management (SBM) Dan Implikasinya Terhadap Program Pembinaan Kepala Sekolah. Jurnal Administrasi Pendidikan. Universitas Pendidikan Indonesia.

Ferdi. 2015. Keterampilan Manajerial Kepala Sekolah. Jurnal Manajer Pendidikan, Volume 9, Nomor 5, November 2015.

Oktarina, N. (2009). Profesionalisme Kepala Sekolah Dalam Pengelolaan Pendidikan Untuk Mewujudkan Sekolah Efektif. Dinamika Pendidikan, 4(1).

Prawirosentono, Suyadi. 2008. Manajemen Sumber Daya ManusiaKebijakan Kinerja Karyawan”. Yogyakarta: BPFE.

Sudrajat. 2011. Dasar-Dasar Penelitian Ilmiah, Bandung: Pustaka Pelajar.

Sukmadinata. 2006. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung : Graha Aksara

Sukmadinata, N. S. (2006). Pengendalian Mutu Pendidikan Sekolah Menengah. Bandung: Refika Aditama.

Fauzi, A. Z. A. (2017). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pkn Materi Keputusan Bersama Melalui Model Mind Mapping Yang Divariasi Dengan Role Playing Di Kelas V SDN Teluk Tiram 2 Banjarmasin. Paradigma, 9(2).

Wisnawati, R. D. (2017). Pengelolaan Kegiatan Ekstrakurikuler Berbasis Fullday School Di SDIT Mta Gemolong (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Ferdi, M. G. S. (2015). Keterampilan Manajerial Kepala Sekolah. Manajer Pendidikan, 9(5).

Pidarta, M. (2009). Supervisi pendidikan kontekstual. Rineka Cipta.




URN: http://nbn-resolving.de/urn:nbn:de:4321ijemar.v3i2.43564

DOI: http://dx.doi.org/10.4321/ijemar.v3i2.4356

URN (PDF): http://nbn-resolving.de/urn:nbn:de:4321ijemar.v3i2.4356.g34386

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


This Journal indexed by

   

Publisher Address :

Graduate Program  UNIVERSITAS GALUH

Jl. R.E. Martadinata No. 150 Ciamis - West Java - Indonesia

phone/fax : 0265-776944 email : ijemar@unigal.ac.id

http://jurnal.unigal.ac.id/index.php/ijemar