Implementasi Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Peningkatan Prestasi Belajar Peserta Didik Melalui Sistem Boarding School

Ajang Supriatna

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa baik implementasi kepemimpinan kepala sekolah dalam peningkatan prestasi belajar melalui sistem boarding school di MA Pesis Cingambul. Metodologi penelitian dalam artikel ini menggunakan pendekatan fenomenologi, pendekatan keilmuan, dan pendekatan yuridis formal. Penelitian ini tergolong penelitian lapangan (field research). Proses pengumpulan data menggunakan data pustaka dan data lapangan dengan cara observasi, wawancara,  dan dokumentasi, kemudian mengulas danmenyimpulkanya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Implementasi Kepemimpinan Kepala MA Persis Cingambul Kecamatan cingambul Kabupaten Majalengka dalam Peningkatan prestasi belajar peserta didik masih belum optimal terutama pada aspek kompetensi supervisi; (2) Akibat langsung dari hal tersebut adalah tingkat kedisiplinan tenaga pendidik dan peserta didik di MA Persis Cingambul Kecamatan Cingambul Kabupaten Majalengka sangat rendah. Program pembelajaran, baik di Intra, ekstra maupun co kurikuler tidak berjalan sebagaimana mestinya, karena seringnya ketidak hadiran tenaga pendidik maupun peserta didik; (3) Prestasi belajar peserta didik di MA Persis Cingambul Kecamatan Cingambul Kabupaten Majalengaka masih rendah jika dibandingkan dengan target kemampuan yang harus dicapai seperti telah di tetapkan dalam Nizham sekolah, dimana dalam Nizham tersebut secara rinci disebutkan target kemampuan peserta didik tiap kelas.(4)Sistem boarding school yang seharusnya menjadi ruang untuk peningkatan prestasi belajar peserta didik MA Persis Cingambul Kecamatan Cingambul Kabupaten Majalengka belum maksimal di manpaatkan karena kegiatan di asrama tidak berjalan sebagaimana jadwal yang sudah ditetapkan serta pengawasan peserta didik oleh kepala sekolah kepada pembimbing dan tenaga pendidik lainnya sangat longgar.

Keywords


Implementasi; Kepemimpinan; Pengawasan; Prestasi Belajar

Full Text:

PDF

References


Bangkit, A. M. G. 2011. Perlunya Pendidikan Karakter Bangsa Indonesia Sejak Dini.

Bangun, D. (2015). Performance Analysis of Class Teachers in Kecamatan Batu Berak Lampung Barat Lesson Year 2014/2015. Inovasi Pembangunan: Jurnal Kelitbangan, 3(01), 79-90.

Harahap, N. (1982). Tehnik penilaian hasil belajar. Bulan Bintang.

Hasri, S. (2009). Sekolah Efektif dan Guru Efektif. Yogyakarta: Aditya Media Printing and Publishing Horner.

Hersey, P., & Blanchard, K. H. (1969). Life cycle theory of leadership. Training & Development Journal.

Hersey, P., Blanchard, K. H., & Johnson, D. E. (2007). Management of organizational behavior (Vol. 9). Upper Saddle River, NJ: Prentice hall.

Irwansyah, I. (2017). Strategi komunikasi humas direktorat jenderal pajak melalui program pengampunan pajak (tax amnesty): studi kasus pada humas direktorat jenderal pajak (Doctoral dissertation, UIN Sunan Gunung Djati Bandung).

Mulyasa, E. (2002). Kurikulum berbasis kompetensi: konsep, karakteristik, dan implementasi. PT Remaja Rosdakarya.

Nasional, D. P. 2003. Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional (UUSPN) No. 20 Tahun 2003 Bab II Pasal 3. Jakarta: Diknas.

Negara, K. N. P. A. (2009). Peraturan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 16 Tahun 2009 tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya. Jakarta: Citra Umbara.

Permendiknas, R. I. Nomor 19 Tahun 2007 tentang Standar Pengelolaan.

Sahertian, P. A. (2000). Konsep dasar & teknik supervisi pendidikan: dalam rangka pengembangan sumber daya manusia. Penerbit Rineka Cipta.

Sanjaya, P. 2016. Pentingnya Kepemimpinan Dan Kemampuan Manajerial Untuk Peningkatan Mutu Lembaga Pendidikan. Jurnal Penjaminan Mutu, 2(2), 127-138.

Satori, D. A., & Komariah, A. 2011. Metodologi Penelitian Kualitatif. cet. III; Bandung: CV.

Sugiyono, P. (2011). Metodologi penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D. Alpabeta, Bandung.

Syah, M. 2000. Psikologi Pendidikan dengan Suatu Pendekatan Baru. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Usman, H., & Raharjo, N. E. (2012). Model Pendidikan Karakter Kewirausahaan di Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 21(2).

Wahyudi, L. E., & Supardi, Z. A. (2013). Penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing pada pokok bahasan kalor untuk melatihkan keterampilan proses sains terhadap hasil belajar di SMAN 1 Sumenep. Inovasi Pendidikan Fisika, 2(2).

Yukl, G. 2010. Kepemimpinan Dalam Organisasi, Edisi Kelima. Jakarta: PT. Indeks.




URN: http://nbn-resolving.de/urn:nbn:de:4321ijemar.v3i2.43653

DOI: http://dx.doi.org/10.4321/ijemar.v3i2.4365

URN (PDF): http://nbn-resolving.de/urn:nbn:de:4321ijemar.v3i2.4365.g34431

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


This Journal indexed by

   

Publisher Address :

Graduate Program  UNIVERSITAS GALUH

Jl. R.E. Martadinata No. 150 Ciamis - West Java - Indonesia

phone/fax : 0265-776944 email : ijemar@unigal.ac.id

http://jurnal.unigal.ac.id/index.php/ijemar