Pengaruh Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah dan Budaya Kerja Terhadap Peningkatan Kinerja Guru

Asep Ahmad Rifa’i

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi bahwa kepemimpinan kepala sekolah dan budaya organisasi yang baik diharapkan akan meningkatkan kinerja guru. Kinerja guru akan menjadi optimal, bila diintegrasikan dengan komponen sekolah, baik kepala sekolah, iklim organisasi sekolah, guru, dan karyawan maupun anak didik. Pemimpin transformasional pada dasarnya memiliki totalitas perhatian dan selalu berusaha membantu dan mendukung keberhasilan para pengikutnya. Tentu saja semua perhatian dan totalitas yang diberikan pemimpin transformasional tidak akan berarti tanpa adanya komitmen bersama dari masing-masing pribadi pengikut. Tujuan dari penelitian ini adalah ingin mengetahui: 1) Pengaruh kepemimpinan transformasional kepala sekolah terhadap kinerja guru. 2) Pengaruh budaya kerja terhadap kinerja guru. 3) Pengaruh kepemimpinan transformasional kepala sekolah dan budaya kerja terhadap kinerja guru. Metode penelitian yang digunakan dalam penyusunan tesis ini adalah deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Unit analisis adalah guru dengan jumlah responden 56 orang. Pengolahan data statistik menggunakan SPSS 17.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Kepemimpinan transformasional kepala sekolah berpengaruh positif terhadap peningkatan kinerja guru. Ini berarti semakin efektif kepemimpinan transformasional kepala sekolah, maka semakin meningkat kinerja guru; 2) Budaya kerja berpengaruh positif terhadap kinerja guru. Ini berarti semakin kondusif budaya kerja, maka semakin meningkat kinerja guru; 3) Kepemimpinan transformasional kepala sekolah dan budaya kerja berpengaruh positif  terhadap kinerja guru. Ini berarti semakin efektif gaya kepemimpinan transformasional kepala sekolah dan semakin kondusif budaya kerja sekolah, maka semakin meningkat kinerja guru.

Keywords


Kepemimpinan Transformasional, Budaya Kerja, Kinerja Guru

Full Text:

PDF

References


Aisyah, M. S., & Ariefiantoro, T. (2019). ANALISIS DISIPLIN KERJA PADA SALES PROMOTION GIRL (SPG) DAN SALES PROMOTION BOY (SPB)(Studi kasus pada MDS Paragon Semarang). Solusi, 17(3).

Depdikbud, 1997, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka.

Depdiknas, 2008, Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan, Jakarta: Dikmenun

Gibson, et al, 2015, Organisasi dan Manajemen, Edisi ke empat, Jakarta : Erlangga.

Hasri, S. (2009). Sekolah Efektif dan Guru Efektif. Yogyakarta: Aditya Media Printing and Publishing Horner.

Hersey, P., & Blanchard, K. H. (1969). Life cycle theory of leadership. Training & Development Journal.

Imam Nazarudin Latif (2017), Pengaruh Budaya Kerja Terhadap Kinerja Guru di Kabupaten Kutai Timur, Skripsi, Fakultas Ekonomi, Universitas 17 Agustus 1945, Samarinda.

Mangkunegara, A. A. P. (2016). Manajemen sumber daya manusia perusahaan. PT. Remaja Rosdakarya.

Mulyasa, 2012, Menjadi Kepala Sekolah Profesional, Bandung: Remaja Rosdakarya.

Negara, K. N. P. A. (2009). Peraturan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 16 Tahun 2009 tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya. Jakarta: Citra Umbara.

Pidarta, Made, 2009, Supervisi Pendidikan Kontekstual.PT. Rineka Cipta: Jakarta.

Prabu Mangkunegara, Anwar, 2013, Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan, Bandung: Remaja Rosdakarya.

Robbin, 2010, Perilaku Organisasi, Jakarta: Salemba Empat

Robbins, S. P., Judge, T. A., & Cañizal, A. (2010). Introducción al comportamiento organizativo. Pearson Educación.

Suryo, Subroto. 2012. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Usman, H., & Raharjo, N. E. (2012). Model Pendidikan Karakter Kewirausahaan di Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 21(2).

Wijaya, Muksin, 2015, Kepemimpinan Transformasional di Sekolah dalam Meningkatkan Outcomes Peserta Didik, www.docstoc, 10 Oktober 2019.

Wirawan, 2017, Budaya dan Iklim Organisasi, Jakarta: Salemba Empat.

Wirawan, S. (2017). Pengaruh Human Capital, Structural Capital, Dan Customer Capital Terhadap Kinerja Perusahaan Pada Perusahaan Daerah Air Minum (Pdam) Di Kabupaten Tabalong. Jurnal PubBis, 1(2), 387-404.

Zulfikar, A. (2016). THE USE OF PORTFOLIO TO IMPROVE STUDENTS’WRITING SKILL ON DESCRIPTIVE TEXT”(A Classroom Action Research at the Eleventh Grade Students of SMA Muhammadiyah 1 Karanganyar in 2015/2016 Academic Year). Karya Ilmiah Mahasiswa Progdi Pendidikan Bahasa Inggris FKIP, 2(2).




URN: http://nbn-resolving.de/urn:nbn:de:4321ijemar.v4i1.43796

DOI: http://dx.doi.org/10.4321/ijemar.v4i1.4379

URN (PDF): http://nbn-resolving.de/urn:nbn:de:4321ijemar.v4i1.4379.g34486

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


This Journal indexed by

   

Publisher Address :

Graduate Program  UNIVERSITAS GALUH

Jl. R.E. Martadinata No. 150 Ciamis - West Java - Indonesia

phone/fax : 0265-776944 email : ijemar@unigal.ac.id

http://jurnal.unigal.ac.id/index.php/ijemar