Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Meningkatkan Gairah Belajar Siswa

Euis Mukaromah

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi bahwa kehidupan masyarakat terus menerus mengalami perubahan akibat kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, termasuk pendidikan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Peneliti mencari informasi mengenai permasalahan penelitian ini secara deskriptif diperoleh dari narasumber yaitu kepala madrasah, ketua komite madrasah, kepala laboratorium komputer, guru dan siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif naratif, dengan alur: reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data dilakukan dengan cara triangulasi responden, metode dan waktu. Dari hasil penelitian dan pembahasan menunjukkan bahwa pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam proses pembelajaran di MTsN 4 Ciamis walaupun baru terbatas sebagai media, sumber dan evaluasi pembelajaran, siswa jadi tidak merasa bosan belajar dan merangsang siswa lebih bergairah dalam belajar. Dalam hal ini, media dapat mengatasi keterbatasan pengalaman yang dimiliki siswa, media dapat memungkinkan terjadinya interaksi langsung antara siswa dengan lingkungan, media dapat menghasilkan keseragaman pengamatan, media juga dapat menanamkan konsep dasar yang benar dan tepat. Media dapat membangkitkan keinginan dan minat baru serta media dapat mengontrol kecepatan belajar dan memberikan pengalaman yang menyeluruh kepada siswa dari hal-hal yang konkret sampai yang abstrak. Artinya bahwa pembelajaran yang dirancang dengan mengikutsertakan media berbasis teknologi informasi dan komunikasi dapat mengubah sikap siswa sehingga lebih bergairah dalam belajar. 

Keywords


Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK); Gairah Belajar

Full Text:

PDF

References


Hamalik, Oemar. 2013. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Kompri. 2016. Motivasi Pembelajaran Perspektif Guru dan Siswa. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Miarso. 2004. Menyemai Benih Teknologi Pendidikan. Jakarta: Prenadamedia Group.

Sadiman, A.S dkk. 2006. Media Pendidikan, Pengertian, Pengembang dan Pemanfaatannya. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.

Salma Prawiradilaga, Dewi. 2016. Wawasan Teknologi Pendidikan. Jakarta: Prenadamedia Group.

Satori, Djam’an., dan Komariah, Aan. 2017. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Sofyan, Herminarto dan B. Uno, Hamzah. 2004. Teori Motivasi dan Penerapannya dalam Penelitian. Gorontalo: Nurul Jannah.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Yamin, Marimis. 2011. Paradigma Baru Pembelajaran. Jakarta : Gaung Persada Press.

UUD 1945 & Amandemen. Jakarta : Pustaka Sandro Jaya.

UU No.20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Permendiknas No.16 Tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru.




URN: http://nbn-resolving.de/urn:nbn:de:4321ijemar.v4i1.43815

DOI: http://dx.doi.org/10.4321/ijemar.v4i1.4381

URN (PDF): http://nbn-resolving.de/urn:nbn:de:4321ijemar.v4i1.4381.g34504

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


This Journal indexed by

   

Publisher Address :

Graduate Program  UNIVERSITAS GALUH

Jl. R.E. Martadinata No. 150 Ciamis - West Java - Indonesia

phone/fax : 0265-776944 email : ijemar@unigal.ac.id

http://jurnal.unigal.ac.id/index.php/ijemar