Efektivitas Kelompok Kerja Guru (KKG) dalam Peningkatan Kompetensi Guru

Sukirman Sukirman

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisa dan mendeskripsikan efektivitas kelompok kerja guru (KKG) dalam meningkatkan kompetensi  guru di Kecamatan Cimanggu Kabupaten Cilacap. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskritif analitik, dengan alat pengumpulan data melalui observasi, wawancara,  dokumentasi, dan triangulasi. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, maka dapat disimpulkan sebagai berikut: (1) Kelompok Kerja Guru (KKG) efektif meningkatkan kompetensi guru di Kecamatan Cimanggu Kabupaten Cilacap berdasarkan pelaksanaan program kegiatan KKG, jenis program kegiatan KKG, keberhasilan perencanaan kegiatan KKG, pelaksanaan pengelolaan KKG, efektivitas kelompok kerja guru dalam  meningkatkan kompetensi guru dalam menyusun perencanaan. efektivitas Kelompok Kerja Guru dalam  meningkatkan Kompetensi  Guru dalam Pelaksanaan Pembelajaran Sebelum dan Setelah diadakan Kegiatan Kelompok Kerja Guru (KKG); (2) Hambatan dalam meningkatkan kompetensi guru  yaitu sulitnya membuat strategi yang tepat untuk menarik minat guru mengikuti KKG, menemukan metode-metode pembelajaran yang menarik, menentukan media yang relevan dengan materi pembelajaran serta mengalokasikan waktu dengan tepat. Daya dukung personil   sekolah   dalam hal ini adalah SDM yang berkualitas dan profesional masih kurang, walaupun sudah ada, namun   tidak mencukupi keberadaannya; dan (3) Upaya-upaya yang telah dilakukan Kelompok Kerja Guru Kecamatan Cimanggu dalam meningkatkan kompetensi guru  menentukan strategi yang tepat untuk menarik minat guru mengikuti KKG dengan memunculkan metode-metode variatif dalam pembelajaran, sehingga guru yang mengikuti KKG dan yang todak berbeda pengetahuannya.

Keywords


Kelompok Kerja Guru (KKG); Kompetensi Guru

Full Text:

PDF

References


Arifin. 2015. Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Berlian. R (2014), FKIP Universitas Bengkulu, “Efektifitas Kegiatan Kelompok Kerja Guru (KKG) dalam Meningkatkan Kemampuan Pembelajaran (Studi Pada Kegiatan Kerja Guru Gugus III Kecamatan Curup Timur Kabupaten Rejang Lebong).

Depdikbud. 1997. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta : Balai Pustaka.

Fakhruddin. 2012. Administrasi Pendidikan. FIB IKIP: Tim Publikasi.

Hasibuan Botung . 2008. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta : PT Bumi Aksara.

Holil. 1980. Media Penelitian Sekolah Dasar. Bandung: UPI Press.

Kunandar. 2007. Guru Profesional Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Sukses dalam Sertifikasi Guru. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Mulyasa E. 2007. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Bandung : Rosda.

Rosmiati, (2010), UIN Alauddin Makassar, dengan judul penelitian Pengaruh Kelompok Kerja Guru (KKG) terhadap Peningkatan Profesionalisme Guru SD Palambuta di Desa Bululoe Kec. Turatea Kab. Jeneponto.

Steers, Richard M. 1985. Efektivitas Organisasi. Jakarta: Erlangga.

Sudjana Nana. 2006. Metode Statistik. Jakarta : Rineka Cipta.

Sutarto.1991. Kebijakan Sosial. Bandung : Alfabeta.

Zuriyatun Shalihah (2013). Judul penelitian “Studi Evaluatif Efektivitas Kelompok Kerja Guru (KKG) PKN Dalam Pelaksanaan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) di Gugus SD/MI Se-Kecamatan Selong.

____, 2011. Guru Profesional. Jakarta. Rajawali Press.

____, 2013. Pengembangan dan Implementasi Pemikiran Kurikulum. Bandung: Rosdakarya.

____, 2015. Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif. Bandung: rosdakarya.




URN: http://nbn-resolving.de/urn:nbn:de:4321ijemar.v4i1.43859

DOI: http://dx.doi.org/10.4321/ijemar.v4i1.4385

URN (PDF): http://nbn-resolving.de/urn:nbn:de:4321ijemar.v4i1.4385.g34530

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


This Journal indexed by

   

Publisher Address :

Graduate Program  UNIVERSITAS GALUH

Jl. R.E. Martadinata No. 150 Ciamis - West Java - Indonesia

phone/fax : 0265-776944 email : ijemar@unigal.ac.id

http://jurnal.unigal.ac.id/index.php/ijemar