Implementasi Kompetensi Kepribadian Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kompetensi Kepribadian Guru

Tugiono Tugiono

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa implementasi kompetensi kepribadian Kepala Sekolah dalam meningkatkan kompetensi kepribadian guru di SDN Cisuru 05 dan Mekarsari 02  Kecamatan Cipari Kabupaten Cilacap. Metode yang Penelitian yang digunakan adalah deskriptif  dengan pendekatan kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, maka diperoleh simpulan sebagai berikut: (1) Implementasi kompetensi kepribadian kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi kepribadian guru dilihat dari aspek kepala sekolah memiliki integritas kepribadian yang kuat sebagai pemimpin, kepala sekolah memiliki keinginan yang kuat dalam pengembangan diri sebagai kepala sekolah, kepala sekolah memiliki bersikap terbuka dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsi, kepala sekolah mampu mengendalikan diri dalam menghadapi masalah dalam pekerjaan sebagai kepala sekolah; (2) Hambatan yang dihadapi oleh kepala  SDN Cisuru 05  Kecamatan Cipari Kabupaten Cilacap berasal dari siri dan SDM guru yang memiliki latar nelakang pendidikan yang berbeda. Sementara itu  hambatan yang dihadapi oleh kepala sekolah Mekarsari 02  adalah SDM dan sarana.  Pada intinya hambatan yang dihadapi oleh kedua kepala skeolah tersebut sama; dan (3) Upaya yang dilakukan kepala sekolah dalam mengatasi hambatan yang dihadapi oleh kepala  SDN Cisuru 05  Kecamatan Cipari Kabupaten Cilacap melalui pengembangan diri kepala sekolah dan guru dengan pendidikan dan pelatihan. Sementara itu  upaya yang dilakukan kepala sekolah dalam mengatasi hambatan yang dihadapi oleh kepala sekolah Mekarsari 02  adalah meningkatkan kompetensi SDM dan sarana pendidikan. Pada intinya hambatan yang dihadapi oleh kedua kepala sekolah tersebut sama.

Keywords


Kompetensi Kepribadian Kepala Sekolah; Kompetensi Kepribadian Guru

Full Text:

PDF

References


Hamzah B Uno. 2018. Perencanaan Pembelajaran. Jakarta : Bumi Aksara.

Irawan. 2006. Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT. Gramedia.

Kunandar. 2015. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta : Gramedia.

Moleong. Lexy. J. 2014. Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung: Rosda karya.

Nazir. 2003 Metode Penelitian. Jakarta; Ghalia Indonesia.

Ngainun Naim. 2017. Character Building Optimaliasi Peran Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Priansa, 2017. Menjadi Kepala sekolah dan guru Profesional Konsep, Peran Strategis dan Pengembangannya. Bandung: Pustaka Setia

Raqib dan Nurfuadi. 2012. Kepribadian Guru Upaya Mengembangkan Kepribadian Guru. Yogyakarta: Grafindo.

Satori. Djam’an, 2009. Paradigma Baru dalam Pengelolaan Pendidikan Analisis Kebijakan dalam Rangka Desentralisasi Pendidikan. Pidato Pengukuhan Jabatan Guru Besar Tetap dalam Ilmu Administrasi Pendidikan pada Jurusan Administrasi Pendidikan. FIP IKIP Bandung, Bandung: Depdikbud IKIP Bandung.

Syaiful Sagala. 2016. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung : Alfabeta.

Zakiah Daradjat. 2015. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta : Bumi Aksara.




URN: http://nbn-resolving.de/urn:nbn:de:4321ijemar.v4i1.43872

DOI: http://dx.doi.org/10.4321/ijemar.v4i1.4387

URN (PDF): http://nbn-resolving.de/urn:nbn:de:4321ijemar.v4i1.4387.g34557

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


This Journal indexed by

   

Publisher Address :

Graduate Program  UNIVERSITAS GALUH

Jl. R.E. Martadinata No. 150 Ciamis - West Java - Indonesia

phone/fax : 0265-776944 email : ijemar@unigal.ac.id

http://jurnal.unigal.ac.id/index.php/ijemar