Model Kepemimpinan Kepala Sekolah Perempuan dalam Meningkatkan Sekolah Efektif

Tati Solihati

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh minimnya penelitian yang mengangkat tema terkait model kepemimpinan kepala sekolah perempuan dalam meningkatkan sekolah efektif. Penelitan ini bertujuan untuk untuk mengetahui: (1) Model kepemimpinan kepala sekolah perempuan dalam meningkatkan sekolah yang efektif; (2) Hambatan dan upaya yang dilakukan oleh kepala sekolah perempuan dalam meningkatkan sekolah efektif; dan (3) Strategi yang dilakukan oleh kepala sekolah perempuan dalam meningkatkan sekolah yang efektif.  Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, adapun metode yang digunakan adalah studi kasus. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis secara deskriptif dengan alur reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dari temuan lapangan ditemukan sebagai berikut: (1) Kepala sekolah SDN 3 Wonoharjo Kabupaten Pangandaran dalam meningkatkan sekolah efektif yaitu mengaplikasikan model kepemimpinan visioner. (2) Hambatan yang ditemui dalam meningkatkan sekolah efektif yaitu dari segi faktor finansial dan faktor kepribadian setiap individu warga sekolah. Adapun upaya yang dilakukan yaitu kepala sekolah terus memotivasi warga sekolah guna meningkatnya semangat dalam melaksanakan pekerjaan sesuai dengan tupoksinya dan mengelola finansial atau keuangan dengan sebaik mungkin. (3) Strategi yang dilakukan dalam meningkatkan sekolah efektif yaitu meningkatkan kedisiplinan guru, membina kekeluargaan, memberikan keteladanan dan mengalokasikan dana untuk kegiatan-kegiatan atau peningkatan mutu pendidikan termasuk standar sarana prasarana.

Keywords


Kepala Sekolah Perempuan; Model Kepemimpinan; Sekolah Efektif

Full Text:

PDF

References


Celikten, M. (2011). The instructional leadership tasks of high school assistant principals. Emerald Insight : Journal of Educational Administration, 39 (1) pp. 67 - 76.

Creswell, J. (2013). Research Design Qualitative, Quantitative, dan Mixed Approaches. California: Sage Publications.

Hoy, W.K. & Miskel C.G. (2008). Education Administration Theory, Research, and Practice Eighth Edition. New York : Higher Education.

Kartono, K. (2002). Pemimpin dan Kepemimpinan (Apakah kepemimpinan abnormal itu?). Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Marhawati, B. (2017). Kepemimpinan Kepala Sekolah Perempuan Pada Sekolah Efektif. Manajemen dan Supervisi Pendidikan. 1.(2), 122-127

Nurdin. (2011). Manajemen Sekolah Efektif dan Unggul. Jurnal Administrasi Pendidikan. 13.(1): 1-8

Rimmer, C & Davis, B. (1986). Women Principle in Education Departemen, High School in Victoria. The Journal of Education Administration. XXIII (2), 153-187.

Saroni, M. (2006). Manajemen Sekolah: Kiat Menjadi Pendidik yang Kompeten. Jogjakarta: Ar-Ruzz

Sergiovanni, TJ. (1987). The Principleship, AReflective Practice Perspective. London: Allyn and Bacon, Inc.

Siswanti, Y. dan Rahatmawati, I. (2014). Pengaruh Kepemimpinan Visioner dan Motivasi Terhadap Kinerja Organisasi (Studi Pada UKM Paguyuban Batik Giriloyo Di Kabupaten Bantul Yogyakarta). Journal & Proceeding FEB Unsoed. 4.(1). 74-84.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Supardi. (2013). Sekolah Efektif Konsep Dasar dan Praktiknya. Jakarta : Rajawali Pers.

Yin Cheong Cheng. (1996). School effective-ness and school-based management: A mechanism for development. London Washington: The Falmer Press.




URN: http://nbn-resolving.de/urn:nbn:de:4321ijemar.v4i1.43897

DOI: http://dx.doi.org/10.4321/ijemar.v4i1.4389

URN (PDF): http://nbn-resolving.de/urn:nbn:de:4321ijemar.v4i1.4389.g34578

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


This Journal indexed by

   

Publisher Address :

Graduate Program  UNIVERSITAS GALUH

Jl. R.E. Martadinata No. 150 Ciamis - West Java - Indonesia

phone/fax : 0265-776944 email : ijemar@unigal.ac.id

http://jurnal.unigal.ac.id/index.php/ijemar