Pengaruh Manajerial Kepala Sekolah dan Kinerja Guru Terhadap Layanan Sekolah: Studi di SMKN Pangandaran

Hanik Triwahyuni

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakkangi oleh maraknya orang tua memilih sekolah yang dianggap bermutu sebagai tempat pendidikan anaknya, walaupun jauh dan mahal. Hal ini terjadi karena diharapkan anak-anak bermasa depan yang lebih baik, semakin berkompetisinya manusia didunia pekerjaan maka diperlukan orang-orang yang bersumber daya manusia yang baik. Penelitian ini bertujuan: 1). Mendeskripsikan bahwa manajerial kepala sekolah berpengaruh terhadap layanan sekolah. 2). Mendeskripsikan bahwa kinerja guru berpengaruh terhadap layanan sekolah. 3). Mendeskripsikan bahwa manajerial kepala sekolah dan kinerja guru berpengaruh terhadap layanan sekolah. Metode penelitiannyaadalah deskriptif dengan teknik survey.  Untuk menganalisanya menggunakan data uji statistik korelasi dan regresi ganda. Hasil penelitian: 1)Manajerial kepala sekolah berpengaruh positif terhadap layanan sekolah. Artinya semakin baik manajerial kepala sekolah maka akan semakin baik layanan sekolah yang diberikan kepada pelanggan. 2)Kinerja guru berpengaruh positif terhadap layanan sekolah. Artinya semakin baik kinerja guru maka akan semakin baik layanan sekolah yang diberikan kepada pelanggan. 3). Manajerial kepala sekolah dan kinerja guru berpengaruh positif terhadap layanan sekolah. Artinya semakin baik manajerial kepala sekolah dan Kinerja guru maka akan semakin baik layanan sekolah yang diberikan kepada pelanggan.

Full Text:

PDF

References


Abdurrohman, A., (2014). Membangun Kepemimpinan Pendidikan Yang Efektif, E-Book. Bahan Kuliah S2 Manajemen Pendidikan.

Ali, Lukman, (1991). Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka.

Arsyad, M., (2008). Mencermati standar Kepsek (online) http://re-searchengines.com/0508arsyad .html.

Danim, S., (2002). Inovasi Pendidikan, Dalam Upaya Peningkatan Profesionalisme Tenaga Kependidikan, Bandung: Pustaka Setia.

Depdiknas, (2003). Kamus Besar Bahasa Indosesia, Jakarta: Balai Pustaka.

E., Mulyasa, 2005. Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.

Handoko, T., Hani, (2003). Manajemen Sumber Daya Manusia, Bandung: Salemba Empat.

Moenir, (2005). Manajmen Pelayanan Umum di Indonesia, Jakarta, Bumi Aksara.

Mulyasa, E.,(2005). Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.

Mulyono, N., (2015). Pengelolaan Pendidikan, Bandung: Rizky Press.

Pidarta M., (2004). Manajemen Pendidikan Indonesia, Jakarta: Rineka Cipta.

Runalan, (ed.), (2016). Bunga Rampai, Bahan Ajar Prodi Administrasi Pascasarjana, Univeritas Galuh, Ciamis: Galuh Nurani.

Sagala, S., (2000). Administrasi Pendidikan, Bandung: Alfabeta.

Shihab, Quraish, (2000). Tafsir Al Misbah, Jakarta: Lentera Hati.

Suhardan, D., dkk, (2015). Manajemen Pendidikan, Bandung: Alfabeta.

Wahyudi, (2009).Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Organisasi Pembelajar, Bandung: Alfabeta.

Wahyudin, (2016). Statistik Terapan, Bandung: Mandiri.

http://analisis-statistika.blogspot.co.id/2012/09/menentukan-jumlah-sampel-dengan-rumus.html.

http://globallavebookx.blogspot.co.id/2015/02/pengertian-pelayanan-menurut-ahli.html

http://guruidaman.blogspot.co.id/2012/11/konsep-pelayanan-dalam-pendidikan_9.html




URN: http://nbn-resolving.de/urn:nbn:de:4321ijemar.v1i1.9337

DOI: http://dx.doi.org/10.4321/ijemar.v1i1.933

URN (PDF): http://nbn-resolving.de/urn:nbn:de:4321ijemar.v1i1.933.g8282

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


This Journal indexed by

   

Publisher Address :

Graduate Program  UNIVERSITAS GALUH

Jl. R.E. Martadinata No. 150 Ciamis - West Java - Indonesia

phone/fax : 0265-776944 email : ijemar@unigal.ac.id

http://jurnal.unigal.ac.id/index.php/ijemar