Studi Kemampuan Manajerial Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Profesionalitas Guru di MTs Negeri 2 Ciamis

Y. Sofiah Susilawati

Abstract


Penelitian ini diarahkan untuk mengetahui profesionalitas guru di MTs Negeri 2 Ciamis, yang juga melihat kemampuan manajerial Kepala Madrasah dalam meningkatkan profesionalitas guru di MTs Negeri 2 Ciamis. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Data yang digunakan untuk dianalisis dan ditafsirkan dengan cara mengidentifikasi dan mengklasifikasi data yang dikumpulkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Kemampuan manajerial kepala madrasah MTs Negeri 2 Ciamis adalah kemampuan kepala madrasah mengatur dan mengelola kurikulum pembelajaran, kesiswaan, personalia, sarana dan prasarana, keuangan dan hubungan dengan masyarakat; (2) Dalam peningkatan profesionalitas guru di MTs Negeri 2 Ciamis bahwa kepala madrasah telah berupaya meningkatkan profesionalitas guru dengan melakukan berbagai strategi. Pertama, strategi pengeloaan kurikulum, sarana dan prasarana serta keuangan yang menunjang peningkatan profesioanlisme guru. Kedua melalui pembinaan guru-guru yang dilakukan dalam rapat dewan guru. Ketiga, melalui mengikutsertakan guru-guru dalam kegiatan pendididikan dan latihan yang dilaksanakan BDK Provinsi Jawa Barat dan diklat lainnya yang diselenggarakan oleh Kantor Kementerian Agama. Keempat, dengan mengaktifkan kembali kegiatan MGMP dan pengalokasian dana bagi pengembangan profesi guru. Kelima, pencairan sertifikasi guru secara rutin tiap bulan. Keenam, melakukan kegiatan supervisi akademik kepada setiap guru. Ketujuh melibatkan guru dan karyawan TU dalam proses pengambilan keputusan; (3) Profesionalitas tenaga pendidik harus terus dikembangkan agar mampu memberikan layanan pendidikan melalui proses pembelajaran yang sesuai dengan prinsip pembelajaran yang aktif, kreatif, inovatif dan menyenangkan (PAIKEM). Upaya peningkatan kompetensi profesional guru dalam lingkup madrasah dapat dilakukan kepala madrasah melalui upaya pembinaan, dukungan anggaran, partispasi dalam diklat keguruan, partisipasi kegiatan MGMP, pelaksanaan supervisi akademik, penyediaan sarana pembelajaran dan pencairan sertifikasi tepat waktu sebagai reward bagi guru yang sudah menjalankan tugas profesionalnya. Kata Kunci: kemampuan; manajerial; kepala madrasah; profesionalisme guru

Full Text:

PDF

References


Abdullah Munir (2010). Menjadi Kepala Sekolah Efektif, Arr-Ruzz Media, Yogjakarta.

Achmadi (2010), Ideologi Pendidikan Islam, Paradigma Humanisme Teosentris, Pustaka Pelajar, Yogyakarta.

Bashori Muchsin dan Abdul Wahid (2009), Pendidikan Islam Kontemporer, Refika Aditama, Bandung.

Bina Mitra Pemberdayaan Madrasah (2006), Panduan Pengembangan Ciri Khas Madrasah, Jakarta.

Bedjo Sujanto (2009), Manajemen Pendidikan Berbasis Berbasis Sekolah, Sagung Seto, Jakarta.

Bogdan, RC dan Taylor (2002), Pengantar Metode Penelitian Kuantitatif Suatu Pendekatan Fenomenamologis terhadap Ilmu-Ilmu Sosial, Usaha Nasional, Surabaya.

Carmen M. Culver and Gary J Hoban (1973). The Power To Change Issues for the Innovative Educator, Mc Graw Hill Book Company.

D. Deni Koswara dan Halimah (2008). Seluk Beluk Profesi Guru, Pribumi Mekar, Bandung.

Departemen Agama RI (2002). Standar Supervisi Pendidikan pada MTs, Direktorat Jenderal Kelembagaan Agama Islam, Jakarta.

Departemen Agama RI (2005), Desain Pengembangan Madrasah, Direktorat Jenderal Kelembagaan Agama Islam, Jakarta.

E. Mulyasa (2011), Menjadi Kepala Sekolah Profesional, Remaja Rosdakarya, Bandung.

Haidar Putra Daulay(2009), Dinamikia Pendidikan Islam di Asia Tenggara, Rineka Cipta, Jakarta.

Haidar Putra Daulay (2012), Sejarah Pertumbuhan dan Pembaruan Pendidikan Islam di Indonesia, Kencana Prenada Media Grup, Jakarta.

Ikbal Barlian (2013), Manajemen Berbasis Sekolah Menuju Sekolah Berprestasi, Erlangga, Jakarta.

Jalaluddin (2003), Teologi Pendidikan, RajaGrafindo Persada, Jakarta.

James J. Jones, C. Jackson Salisbury, Ralph I. Spencer (1969), Secondary School Administration, McGraw Hill Book Company, USA.

Kenneth N. Ross (1990), Planning the quality of education, Unesco and Pergamon Press, England.

Kemendikbud (2012), Rambu-Rambu Pelaksanaan Pendidikan dan Latihan Profesi Guru (PLPG), Jakarta.

Made Pidarta (2005), Perencanaan Pendidikan Partisipatori dengan Pendekatan Sistem, Rineka Cipta, Jakarta.

Made Pidarta (2010), Manajemen Pendidikan Indonesia, Rineka Cipta, Jakarta.

Maylanny Christne (2009). Strategi danTeknik Mengajar dengan Berkesan, PT Setia Purna Inves, Bandung.

Mega Iswari , Membina Perkembangan Emosi Remaja Meningkatkan Profesional Guru, Jurna Ilmiah Pendidikan Volume IX 1/2009, Jakarta.

Moloeng, Lexy J (2007), Metodologi Penelitian Kualitatif, Remaja Rosdakarya, Bandung.

Muhaimin dkk (2010), Manajemen Pendidikan Aplikasinya dalam Penyusunan Rencana Pengembangan Sekolah/Madrasah, Kencana Prenada Media Grup, Jakarta.

Muhaimin (2004), Paradigma Pendidikan Islam Upaya Mengefektifkan Pendidikan Agama Islam di Sekolah, Remaja Rosdakarya, Bandung.

Muhammad Saroni (2011), Personal Branding Guru, Meningkatkan Kualitas dan Profesionalitas Guru, Ar-Ruzz Media, Jogjakarta.

Muzzayin Arifin (2003), Filsafat Pendidikan Islam, Bumi Aksara, Jakarta.

M. Kusoy Fadiliyah (2012), Membangun Madrasah Unggul Berdaya Saing, Pustaka Al-Kasyaf, Bandung.

Nana Syaodih Sukmadinata (2007), Metode Penelitian, Bandung, Rosda Karya.

Nana Syaodih Sukmadinata (2009), Pengembangan Kurikulum Teori dan Praktek, Bandung, Rosda Karya.

Oemar Hamalik (2010). Manajemen Pengembangan Kurikulum, Remaja Rosdakarya, Bandung.

Rohiat (2010). Manajemen Sekolah Teori Dasar dan Praktek, Refika Aditama, Bandung.

Roger A.Kaufman (1972), Educational System Planning, Prentice Hall Inc, New Jersey, USA.

Samsul Nizar (2008), Memperbincangkan Dinamika Intelektual dan Pemikiran Hamka tentang Pendidikan Islam, Kencana Prenada Media Grup, Jakarta.

Syahrizal Abbas (2009), Manajemen Pergurua Tinggi, Bebeapa Catatan, Kencana Prenada Media Grup, Jakarta.

Syaiful Sagala (2010), Manajemen Strategik dalam Peningkatan Mutu Pendidikan, Alfabeta, Bandung.

Sugiyono (2009), Metode Penelitian (Pendekatan Kuantitatif, Kwalitatif dan R&D), Alfabeta, Bandung.

Tony Bush (2003), Theories of Educational Leadership and Management, Sage, Singapore.

Thomas J. Sergiovanni and Robert J. Staratt (1979), Supervision Human Perspectives, Mc.Graw Hill Book Company, USA.

Wahjosumidjo (2003), Kepemimpinan Kepala Sekolah, Tinjauan Teoritik dan Permasalahannya, RajaGrafindo Persada, Jakarta.

Wayne K. Hoy and Cecil G. Miskel (1978), Education Administration, Theory, Research and Practice, Random House, New York.

Zuhairini dkk (2004), Sejarah Pendidikan Islam, Bumi Aksara dan Direktorat Jenderal Pembinaan Kelembagaan Agama Islam Depag, Jakarta,

_________,Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional

_________,Permendiknas Nomor 13 Tahun 2007 tentang Standar Kepala Sekolah/Madrasah

_________,Peraturan Menteri Agama Nomor 60 Tahun 2015 tentang Penyelenggaraan Pendidikan Madrasah

_________,PMK Nomor 190 Tahun 2012 tentang Tugas dan Wewenang KPA

_________,Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan




URN: http://nbn-resolving.de/urn:nbn:de:4321ijemar.v1i1.9385

DOI: http://dx.doi.org/10.4321/ijemar.v1i1.938

URN (PDF): http://nbn-resolving.de/urn:nbn:de:4321ijemar.v1i1.938.g8331

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


This Journal indexed by

   

Publisher Address :

Graduate Program  UNIVERSITAS GALUH

Jl. R.E. Martadinata No. 150 Ciamis - West Java - Indonesia

phone/fax : 0265-776944 email : ijemar@unigal.ac.id

http://jurnal.unigal.ac.id/index.php/ijemar