Implementasi Penjaminan Mutu Pendidikan Dalam Meningkatkan Kinerja Madrasah: Studi di MTs Assurur dan MTs Arrohmah Kota Tasikmalaya

Ruyatul Hajar

Abstract


Berkaitan dengan penjaminan mutu masih terbatasnya tenaga kependidikan (guru) yang tersertifikasi, lulusan MTs Assurur dan MTs Arrohmah Kota Tasikmalaya hanya sebagian kecil yang siswanya dapat diterima di SMA/MA unggulan, budaya organisasi madrasah dari kedua MTs tersebut masih belum kondusif, belum optimalnya pengelolaan dan pemanfaatan sarana dan prasarana madrasah dan belum optimalnya kerjasama seluruh komponen yang berada di dalam madrasah. Tujuan dalam penelitian ini adalah implementasi penjaminan mutu pendidikan dalam meningkatkan kinerja madrasah. Metode yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan untuk menganalisis data adalah analisis data model interaktif meliputi reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian bahwa pemetaan mutu yang dilakukan madrasah untuk meningkatkan kinerja madrasah secara umum telah dilaksanakan dengan baik. Penyusunan rencana pemenuhan mutu yang dilakukan madrasah cukup baik. Pelaksanaan pemenuhan mutu yang dilakukan madrasah untuk meningkatkan kinerja madrasah cukup baik artinya bahwa telah dilakukan pemenuhan  8 standar nasional pendidikan dalam penyelenggaraan masdrasah yaitu pemenuhan standar isi, pemenuhan standar proses, pemenuhan standar kompetensi lulusan, pemenuhan standar pendidik dan tenaga kependidikan, pemenuhan standar sarana dan prasarana, pemenuhan standar pengelolaan, pemenuhan standar pembiayaan dan pemenuhan standar penilaian pendidikan. Evaluasi/audit mutu yang dilakukan madrasah untuk meningkatkan kinerja madrasah cukup baik, ditunjukan dengan adanya pelaksanaan evaluasi formatif yang mengacu pada indikator proses, evaluasi sumatif yang mengacu pada indikator output, outcome dan dampaknya dan melakukan audit terhadap proses pemenuhan SNP sesuai rencana yang telah dtetapkan sebelumnya. Kata Kunci: Implementasi, Penjaminan Mutu Pendidikan, Kinerja Madrasah

Full Text:

PDF

References


Abdul Hadis dan Nurhayati. 2010. Manajemen Mutu Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Ambarita, Alben. 2013. Kepemimpinan Kepala Sekolah. Bandar Lampung: Universitas Lampung.

Amri, Sofan. 2013. Peningkatan Mutu Pendidikan Sekolah Dasar & Menengah. Jakarta: Prestasi Pustakaraya

Dalam Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No. 32 tahun 2013 tentang perubahan atas PP Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan (SNP)

Danim, Sudarwan. 2008. Visi Baru Manajemen Sekolah ; Dari Unit Birokrasi ke Lembaga Akademik.Jakarta : Bumu Aksara.

Depdiknas. 2008. Penilaian Kinerja Guru. Jakarta: Ditjen PMPTK Depdiknas RI.

Dharma, Surya. 2005, Manajemen Kinerja, Penerbit: Pustaka Pelajar, Jakarta.

Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.2016. Petunjuk Pelaksanaan Penjaminan Mutu Pendidikan oleh Satuan Pendidikan. Depdiknas

Dwiyanto Agus. 2008. Mewujudkan Good Governance melalui Pelayanan Publik. Yogyakarta : Gadjah Mada University Press.

Hadari Nawawi. 2006. Evaluasi dan Manajemen Kinerja di Lingkungan Perusahaan dan Industri.Yogyakarta: Gadjah Mada University Press

Hasibuan, Malayu S.P. 2007, Manajemen Sumber Daya Manusia, Jakarta, Bumi. Aksara.

Husein Umar, 2005. Metode Penelitian. Jakarta : Salemba Empat.

Indrafachrudi. 2000. Metode Penilaian Kinerja Serta Faktor yang Mempengaruhinya. Bandung: Galia Indah.

Mahsun, Mohamad, 2006. Pengukuran Kinerja Sektor Publik,. Penerbit BPFE,Yogyakarta.

Mangkunegara A.A. Anwar Prabu. 2010. Manajemen Sumber daya Manusia perusahaan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Meliana, 2007. Perilaku-Struktur-Proses, Adiami N (Alih Bahasa), Jakarta: Bina. Rupa Aksara.

Moleong, L. J. 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: Remaja Rosda Karya

Mulyasa. 2005. Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya

Nanang, Fattah. 2013. Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan.Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Offset

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 63 Tahun 2009 tentang Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan (SPMP).

Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan (SNP)

Raharjo, 2010, Analisis Kemajuan Program MEDP (Madrasah Education Development Project) dalam Pemberdayaan Madrasah di Jawa Tengah Tahun 2009-2010, Semarang: IAIN Wali Songo.

Riduwan. 2009. Skala Pengukuran Variabel-variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Rini, Riswanti. 2011. Manajemen Berbasis Sekolah dan Hasil Penelitian Universitas Lampung, Lampung.

Sagala, Syaiful. 2011. Manajemen Strategik dalam Peningkatan Mutu Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Satori, Djam’an dan Aan Komariah, 2012. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : Alfabeta.

Satori, Djam’an, 2010. Peningkatan dan Penjaminan Mutu Pendidikan. Bandung: UPI

Satori. Djam'an Dan Aan Komariah. 2010. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung. : Alfabeta

Sobandi Baban dkk,2006. Desentralisasi dan Tuntutan Penataan Kelembagaan. Daerah. Bandung.

Syaodih Nana Sukmadinata. 2006. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Usman Husaini,2009. Manajemen Teori, Praktik, Dan Riset Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara.

Usman, Husaini. 2013. Manajemen: Teori, Praktik dan Riset Pendidikan –Ed.4, Cet.1-.Jakarta: Bumi Aksara.

Wibisono, Dermawan. 2006. Manajemen Kinerja, Penerbit Erlangga, Jakarta.




URN: http://nbn-resolving.de/urn:nbn:de:4321ijemar.v1i1.9406

DOI: http://dx.doi.org/10.4321/ijemar.v1i1.940

URN (PDF): http://nbn-resolving.de/urn:nbn:de:4321ijemar.v1i1.940.g8356

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


This Journal indexed by

   

Publisher Address :

Graduate Program  UNIVERSITAS GALUH

Jl. R.E. Martadinata No. 150 Ciamis - West Java - Indonesia

phone/fax : 0265-776944 email : ijemar@unigal.ac.id

http://jurnal.unigal.ac.id/index.php/ijemar