Jurnal Online Universitas Galuh


Jurnal Online Universitas Galuh adalah Portal Open Journal System dan penerbitan sistem yang diterbitkan oleh Universitas Galuh.

Portal Sistem Akreditasi Jurnal dikelola Kemristekdikti : ARJUNA (http://arjuna.kemdikbud.go.id).

OAI address: http://jurnal.unigal.ac.id/index.php/index/oai?verb=Identify

Daftar jurnal terakreditasi SINTA: https://sinta.kemdikbud.go.id/journals/index/1411

Top publications Jurnal Indonesian versi Google Scholar : https://scholar.google.co.id/citations?view_op=top_venues&hl=en&vq=id


A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z All

Prosiding Seminar Nasional Hasil Penelitian Agribisnis

Prosiding Seminar Nasional Hasil Penelitian Agribisnis merupakan prosiding peer review yang mempublikasikan hasil kegiatan seminar nasional tahunan yang diselenggarakan oleh Fakultas Pertanian Universitas Galuh dari seluruh bidang ilmu pertanian. Prosiding Seminar Nasional Hasil Penelitian Agribisnis terbit dengan P-ISSN 2716-0211, sedangkan E-ISSN sedang dalam proses pengajuan.

Prosiding Seminar Nasional Hasil Penelitian Agribisnis diterbitkan oleh Fakultas Pertanian Universitas Galuh.

Prosiding Seminar Nasional Hasil Penelitian Agribisnis terbit secara berkala satu kali dalam satu tahun.

View Journal | Current Issue | Register


Page Header Logo

PROSIDING SEMINAR NASIONAL KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN

Prosidings seminar nasional keguruan dan ilmu pendidikan adalah kumpulan makalah atau ringkasan presentasi yang disajikan dalam suatu seminar nasional yang fokus pada bidang keguruan dan ilmu pendidikan. Seminar semacam ini biasanya dihadiri oleh para akademisi, peneliti, praktisi pendidikan, dan mahasiswa yang tertarik dengan perkembangan terbaru dalam dunia pendidikan.

Prosiding seminar biasanya mencakup berbagai topik yang berkaitan dengan pendidikan, seperti metode pengajaran, kurikulum, teknologi pendidikan, psikologi pendidikan, manajemen pendidikan, serta isu-isu pendidikan kontemporer. Makalah-makalah yang terdapat dalam prosidings ini diharapkan dapat berkontribusi pada peningkatan pemahaman dan praktik pendidikan yang lebih baik.

Prosiding Seminar Nasional Keguruan dan Ilmu Pendidikan telah terdaftar dan memiliki EISSN yaitu 3032-3584. Publish 1 (satu) tahun sekali di Bulan September. 

View Journal | Current Issue | Register


Page Header Logo

PROSSIDING GALUH MATHEMATICS NATIONAL CONFERENCE

Pendidikan senantiasa bersifat adaptif terhadap perkembangan yang terjadi di era teknologi dan informasi ini. Kecakapan abad 21 dipercaya mampu membekali peserta didik menuju sukses dalam berkarir di masa yang akan datang. Kecakapan abad ke-21 atau dikenal dengan istilah 6C terdiri character (karakter), citizenship (kewarganegaraan), critical thinking (berpikir kritis), creativity (kreatif), collaboration (kolaborasi), dan communication (komunikasi). Pendidikan matematika sebagai bagian dalam sistem pendidikan memiliki peran penting dalam mewujudkan kecakapan abad 21. Peran tersebut tidak lepas dari karakter matematika itu sendiri yang secara tidak langsung menumbuhkembangkan kecakapan abad 21 dalam aspek pembiasaan disiplin dalam menggunakan definisi atau teorema, berpikir kritis, kreatif, kolaboratif, dan komunikatif dengan disiplin ilmu lainnya dalam memecahkan masalah.

Upaya untuk mewujudkan kecakapan abad 21 dalam pembelajaran matematika dapat dilakukan mulai dari perencanaan, pelaksanaan, hingga asesmen. Upaya tersebut akan semakin maksimal jika didukung dengan penggunaan teknologi yang tepat. Adanya digitalisasi yang memudahkan proses pendididkan menjadi daya ungkit yang seharusnya insan akademik dapat memanfaatkannya dalam pembelajaran matematika untuk mewujudkan kecakapan tersebut. Literasi digital merupakan bagian untuk mendukung kecakapan abad 21.

Mewujudkan kecakapan abad 21 melalui literasi digital dalam pembelajaran matematika merupakan alternatif upaya untuk mempersiapkan peserta didik di masa depan. Operasionalisasi pembelajaran matematika dengan pendekatan ini perlu terus dilakukan mengingat kajian dan penelitian empiris masih sangat terbatas. Hal ini menjadi tantangan tersendiri bagi para pendidik mata pelajaran matematika. Mencari solusi untuk mengatasi tantangan tersebut merupakan tanggungjawab bersama. Oleh karena itu, Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Galuh Ciamis memiliki komitmen untuk mempersiapkan peserta didik dan lulusan mahasiswa menjadi tenaga pendidik yang memiliki kompetensi dibidang pendidikan matematika yang adaptif terhadap berbagai situasi dan kondisi. Seminar nasional tentang pembelajaran matematika abad 21 berbasis literasi digital ini merupakan wujud nyata kontribusi Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Galuh Ciamis untuk memajukan pendidikan di Indonesia.

View Journal | Current Issue | Register


1 - 3 of 3 Items