PROSSIDING GALUH MATHEMATICS NATIONAL CONFERENCE

Pendidikan senantiasa bersifat adaptif terhadap perkembangan yang terjadi di era teknologi dan informasi ini. Kecakapan abad 21 dipercaya mampu membekali peserta didik menuju sukses dalam berkarir di masa yang akan datang. Kecakapan abad ke-21 atau dikenal dengan istilah 6C terdiri character (karakter), citizenship (kewarganegaraan), critical thinking (berpikir kritis), creativity (kreatif), collaboration (kolaborasi), dan communication (komunikasi). Pendidikan matematika sebagai bagian dalam sistem pendidikan memiliki peran penting dalam mewujudkan kecakapan abad 21. Peran tersebut tidak lepas dari karakter matematika itu sendiri yang secara tidak langsung menumbuhkembangkan kecakapan abad 21 dalam aspek pembiasaan disiplin dalam menggunakan definisi atau teorema, berpikir kritis, kreatif, kolaboratif, dan komunikatif dengan disiplin ilmu lainnya dalam memecahkan masalah.

Upaya untuk mewujudkan kecakapan abad 21 dalam pembelajaran matematika dapat dilakukan mulai dari perencanaan, pelaksanaan, hingga asesmen. Upaya tersebut akan semakin maksimal jika didukung dengan penggunaan teknologi yang tepat. Adanya digitalisasi yang memudahkan proses pendididkan menjadi daya ungkit yang seharusnya insan akademik dapat memanfaatkannya dalam pembelajaran matematika untuk mewujudkan kecakapan tersebut. Literasi digital merupakan bagian untuk mendukung kecakapan abad 21.

Mewujudkan kecakapan abad 21 melalui literasi digital dalam pembelajaran matematika merupakan alternatif upaya untuk mempersiapkan peserta didik di masa depan. Operasionalisasi pembelajaran matematika dengan pendekatan ini perlu terus dilakukan mengingat kajian dan penelitian empiris masih sangat terbatas. Hal ini menjadi tantangan tersendiri bagi para pendidik mata pelajaran matematika. Mencari solusi untuk mengatasi tantangan tersebut merupakan tanggungjawab bersama. Oleh karena itu, Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Galuh Ciamis memiliki komitmen untuk mempersiapkan peserta didik dan lulusan mahasiswa menjadi tenaga pendidik yang memiliki kompetensi dibidang pendidikan matematika yang adaptif terhadap berbagai situasi dan kondisi. Seminar nasional tentang pembelajaran matematika abad 21 berbasis literasi digital ini merupakan wujud nyata kontribusi Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Galuh Ciamis untuk memajukan pendidikan di Indonesia.

Announcements

 
No announcements have been published.
 
More Announcements...

Vol 1, No 1 (2021): PROSIDING GAMMA NC 2021

Table of Contents

Articles

Ade Novita Sari Aziztya, Ajeng Eka Lestari, Rino Richardo
PDF
1-5
ASTRI WIDI ASTUTI1, AMIN YOGA RAHMAWATI
PDF
6-10
Ati Suhaeti, Resya Desyana Royani, Atina Sabila Khodijah, Nurul Ikhsan Karimah
PDF
11-17
Atin Marlina, Ai Tusi Fatimah
PDF
18-21
Aulia Nuryanti, Ai Tusi Fatimah
PDF
22-33
Nia Lestari, Nur Eva Zakiah, sri solihah
PDF
34-39
Lena Rahmawati, Asep Amam, Adang Effendi
PDF
40-45
Dian Yuliana, Ida Nuraida, Adang Effendi
PDF
46-50
Sri Solihah, Rochmad Rochmad, Isnarto Isnarto
PDF
51-57
Tanti Febrianti, Nur Eva Zakiah, Angra Meta Ruswana
PDF
58-64