Pendidikan senantiasa bersifat adaptif terhadap perkembangan yang terjadi di era teknologi dan informasi ini. Kecakapan abad 21 dipercaya mampu membekali peserta didik menuju sukses dalam berkarir di masa yang akan datang. Kecakapan abad ke-21 atau dikenal dengan istilah 6C terdiri character (karakter), citizenship (kewarganegaraan), critical thinking (berpikir kritis), creativity (kreatif), collaboration (kolaborasi), dan communication (komunikasi). Pendidikan matematika sebagai bagian dalam sistem pendidikan memiliki peran penting dalam mewujudkan kecakapan abad 21. Peran tersebut tidak lepas dari karakter matematika itu sendiri yang secara tidak langsung menumbuhkembangkan kecakapan abad 21 dalam aspek pembiasaan disiplin dalam menggunakan definisi atau teorema, berpikir kritis, kreatif, kolaboratif, dan komunikatif dengan disiplin ilmu lainnya dalam memecahkan masalah.
Upaya untuk mewujudkan kecakapan abad 21 dalam pembelajaran matematika dapat dilakukan mulai dari perencanaan, pelaksanaan, hingga asesmen. Upaya tersebut akan semakin maksimal jika didukung dengan penggunaan teknologi yang tepat. Adanya digitalisasi yang memudahkan proses pendididkan menjadi daya ungkit yang seharusnya insan akademik dapat memanfaatkannya dalam pembelajaran matematika untuk mewujudkan kecakapan tersebut. Literasi digital merupakan bagian untuk mendukung kecakapan abad 21.
Mewujudkan kecakapan abad 21 melalui literasi digital dalam pembelajaran matematika merupakan alternatif upaya untuk mempersiapkan peserta didik di masa depan. Operasionalisasi pembelajaran matematika dengan pendekatan ini perlu terus dilakukan mengingat kajian dan penelitian empiris masih sangat terbatas. Hal ini menjadi tantangan tersendiri bagi para pendidik mata pelajaran matematika. Mencari solusi untuk mengatasi tantangan tersebut merupakan tanggungjawab bersama. Oleh karena itu, Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Galuh Ciamis memiliki komitmen untuk mempersiapkan peserta didik dan lulusan mahasiswa menjadi tenaga pendidik yang memiliki kompetensi dibidang pendidikan matematika yang adaptif terhadap berbagai situasi dan kondisi. Seminar nasional tentang pembelajaran matematika abad 21 berbasis literasi digital ini merupakan wujud nyata kontribusi Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Galuh Ciamis untuk memajukan pendidikan di Indonesia.Vol 5, No 1 (2025): PROSIDING GAMMA NC 2025
Table of Contents
Articles
MEMBANGUN KONSTRUKSI BERPIKIR MAHASISWA MELALUI KECERDASAN BUATAN: TANTANGAN DAN DAMPAKNYA
Surya Amami Pramuditya
![]() |
1-5
|
Inovasi Pembelajaran Matematika Era Digital: AI, Big Data dan Personalized Learning
Asep Amam
![]() |
6-11
|
Amelia Putri Kusumah, Angra Meta Ruswana, Yoni Sunaryo |
12-17
|
Larasti Fatona, Angra Meta Ruswana, Ida Nuraida |
18-27
|
Siti Nur'aeni, Adang Effendi, Ai Tusi Fatimah |
28-40
|
Peran Etnomatematika dalam Mengangkat Kearifan Lokal ke dalam Dunia Pendidikan
Repita Wulansari, Adang Effendi, Lala Nailah Zamnah
![]() |
41-47
|
Febriani Rahayu, Ai Tusi Fatimah, Nur Eva Zakiah |
54-60
|
Peningkatan kemampuan komunikasi matematis dengan menggunakan multimedia interaktif
Humaeroh Widaningrum, Asep Amam, Nur Eva Zakiah
![]() |
61-66
|
Mia Hasnah Fitria, Ai Tusi Fatimah, Euis Erlin |
67-72
|
Asep Mahpud Sidik, Lala Nailah Zamnah, Nur Eva Zakiah |
73-80
|
Cica Siti Nazrotul Alawiyyah, Lala Nailah Zamnah, Angra Meta Ruswana |
81-88
|
Nisa Nurul Awaliah, Nur Eva Zakiah, Adang Effendi |
89-94
|
Rahmat Faisal Fauzi, Nur Eva Zakiah, Sri Sri Solihah |
95-100
|
Firda Yuliani Zahra, Sri Solihah, Yoni Sunaryo |
101-107
|
MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS SISWA
Reina Stevany Arifin, Sri Solihah, Angra Meta Ruswana
![]() |
108-114
|
Alfi Zahra Nurjanah, Yoni Sunaryo, Sri Solihah |
109-115
|
ANALISIS KUALITAS SOAL KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS SISWA PADA MATERI BANGUN RUANG
Nuni Nurhabibah, Yoni Sunaryo, Angra Meta Ruswana
![]() |
116-122
|
Desain E-LKPD Program Linear Berbasis Masalah Kontekstual untuk Pembelajaran Matematika di SMK Farmasi
Kartika Sri Mulia, Ida Nuraida, Euis Erlin
![]() |
123-130
|
PERAN GURU DALAM MEMFASILITASI KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS MELALUI PROBLEM BASED LEARNING (PBL)
Annisa Yasfa Azahra, Asep Amam, Ida Nuraida
![]() |
131-142
|
Pelabelan Titik Tak-Teratur Jarak Inklusif pada Graf Mushroom dan Gabungannya
Ikhsanul Halikin, Jenni Alfa Alfa Nanda Arianti, Kusbudiono Kusbudiono, Kristiana Wijaya
![]() |
143-153
|
Emy Sohilait, Masnia Masnia, Mila Karmila Sidik |
154-161
|
Muhammad Faris Atstsauri, Putranto Hadi Utomo |
162-167
|
OPTIMISASI PENJADWALAN KARYAWAN: PERBANDINGAN FUZZY PROGRAMMING DAN GOAL PROGRAMMING
Prapto Tri Supriyo, Lutviyah Az Zahro, Hidayatul Mayyani
![]() |
168-174
|
Berpikir Aljabar dalam Konteks Digital: Studi Eksploratif pada Mahasiswa Pendidikan Tinggi
Masnia Masnia, Emy Sohilait, Hendy Yusman Firdaus
![]() |
175-187
|
Abdul Azis, Ai Tusi Fatimah |
|