PROSSIDING GALUH MATHEMATICS NATIONAL CONFERENCE

Pendidikan senantiasa bersifat adaptif terhadap perkembangan yang terjadi di era teknologi dan informasi ini. Kecakapan abad 21 dipercaya mampu membekali peserta didik menuju sukses dalam berkarir di masa yang akan datang. Kecakapan abad ke-21 atau dikenal dengan istilah 6C terdiri character (karakter), citizenship (kewarganegaraan), critical thinking (berpikir kritis), creativity (kreatif), collaboration (kolaborasi), dan communication (komunikasi). Pendidikan matematika sebagai bagian dalam sistem pendidikan memiliki peran penting dalam mewujudkan kecakapan abad 21. Peran tersebut tidak lepas dari karakter matematika itu sendiri yang secara tidak langsung menumbuhkembangkan kecakapan abad 21 dalam aspek pembiasaan disiplin dalam menggunakan definisi atau teorema, berpikir kritis, kreatif, kolaboratif, dan komunikatif dengan disiplin ilmu lainnya dalam memecahkan masalah.

Upaya untuk mewujudkan kecakapan abad 21 dalam pembelajaran matematika dapat dilakukan mulai dari perencanaan, pelaksanaan, hingga asesmen. Upaya tersebut akan semakin maksimal jika didukung dengan penggunaan teknologi yang tepat. Adanya digitalisasi yang memudahkan proses pendididkan menjadi daya ungkit yang seharusnya insan akademik dapat memanfaatkannya dalam pembelajaran matematika untuk mewujudkan kecakapan tersebut. Literasi digital merupakan bagian untuk mendukung kecakapan abad 21.

Mewujudkan kecakapan abad 21 melalui literasi digital dalam pembelajaran matematika merupakan alternatif upaya untuk mempersiapkan peserta didik di masa depan. Operasionalisasi pembelajaran matematika dengan pendekatan ini perlu terus dilakukan mengingat kajian dan penelitian empiris masih sangat terbatas. Hal ini menjadi tantangan tersendiri bagi para pendidik mata pelajaran matematika. Mencari solusi untuk mengatasi tantangan tersebut merupakan tanggungjawab bersama. Oleh karena itu, Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Galuh Ciamis memiliki komitmen untuk mempersiapkan peserta didik dan lulusan mahasiswa menjadi tenaga pendidik yang memiliki kompetensi dibidang pendidikan matematika yang adaptif terhadap berbagai situasi dan kondisi. Seminar nasional tentang pembelajaran matematika abad 21 berbasis literasi digital ini merupakan wujud nyata kontribusi Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Galuh Ciamis untuk memajukan pendidikan di Indonesia.

Announcements

 
No announcements have been published.
 
More Announcements...

Vol 5, No 1 (2025): PROSIDING GAMMA NC 2025

Table of Contents

Articles

Surya Amami Pramuditya
PDF
1-5
Asep Amam
PDF
6-11
Amelia Putri Kusumah, Angra Meta Ruswana, Yoni Sunaryo
PDF
12-17
Larasti Fatona, Angra Meta Ruswana, Ida Nuraida
PDF
18-27
Siti Nur'aeni, Adang Effendi, Ai Tusi Fatimah
PDF
28-40
Repita Wulansari, Adang Effendi, Lala Nailah Zamnah
PDF
41-47
Febriani Rahayu, Ai Tusi Fatimah, Nur Eva Zakiah
PDF
54-60
Humaeroh Widaningrum, Asep Amam, Nur Eva Zakiah
PDF
61-66
Mia Hasnah Fitria, Ai Tusi Fatimah, Euis Erlin
PDF
67-72
Asep Mahpud Sidik, Lala Nailah Zamnah, Nur Eva Zakiah
PDF
73-80
Cica Siti Nazrotul Alawiyyah, Lala Nailah Zamnah, Angra Meta Ruswana
PDF
81-88
Nisa Nurul Awaliah, Nur Eva Zakiah, Adang Effendi
PDF
89-94
Rahmat Faisal Fauzi, Nur Eva Zakiah, Sri Sri Solihah
PDF
95-100
Firda Yuliani Zahra, Sri Solihah, Yoni Sunaryo
PDF
101-107
Reina Stevany Arifin, Sri Solihah, Angra Meta Ruswana
PDF
108-114
Alfi Zahra Nurjanah, Yoni Sunaryo, Sri Solihah
PDF
109-115
Nuni Nurhabibah, Yoni Sunaryo, Angra Meta Ruswana
PDF
116-122
Kartika Sri Mulia, Ida Nuraida, Euis Erlin
PDF
123-130
Annisa Yasfa Azahra, Asep Amam, Ida Nuraida
PDF
131-142
Ikhsanul Halikin, Jenni Alfa Alfa Nanda Arianti, Kusbudiono Kusbudiono, Kristiana Wijaya
PDF
143-153
Emy Sohilait, Masnia Masnia, Mila Karmila Sidik
PDF
154-161
Muhammad Faris Atstsauri, Putranto Hadi Utomo
PDF
162-167
Prapto Tri Supriyo, Lutviyah Az Zahro, Hidayatul Mayyani
PDF
168-174
Masnia Masnia, Emy Sohilait, Hendy Yusman Firdaus
PDF
175-187
Abdul Azis, Ai Tusi Fatimah