PROSSIDING GALUH MATHEMATICS NATIONAL CONFERENCE

Pendidikan senantiasa bersifat adaptif terhadap perkembangan yang terjadi di era teknologi dan informasi ini. Kecakapan abad 21 dipercaya mampu membekali peserta didik menuju sukses dalam berkarir di masa yang akan datang. Kecakapan abad ke-21 atau dikenal dengan istilah 6C terdiri character (karakter), citizenship (kewarganegaraan), critical thinking (berpikir kritis), creativity (kreatif), collaboration (kolaborasi), dan communication (komunikasi). Pendidikan matematika sebagai bagian dalam sistem pendidikan memiliki peran penting dalam mewujudkan kecakapan abad 21. Peran tersebut tidak lepas dari karakter matematika itu sendiri yang secara tidak langsung menumbuhkembangkan kecakapan abad 21 dalam aspek pembiasaan disiplin dalam menggunakan definisi atau teorema, berpikir kritis, kreatif, kolaboratif, dan komunikatif dengan disiplin ilmu lainnya dalam memecahkan masalah.

Upaya untuk mewujudkan kecakapan abad 21 dalam pembelajaran matematika dapat dilakukan mulai dari perencanaan, pelaksanaan, hingga asesmen. Upaya tersebut akan semakin maksimal jika didukung dengan penggunaan teknologi yang tepat. Adanya digitalisasi yang memudahkan proses pendididkan menjadi daya ungkit yang seharusnya insan akademik dapat memanfaatkannya dalam pembelajaran matematika untuk mewujudkan kecakapan tersebut. Literasi digital merupakan bagian untuk mendukung kecakapan abad 21.

Mewujudkan kecakapan abad 21 melalui literasi digital dalam pembelajaran matematika merupakan alternatif upaya untuk mempersiapkan peserta didik di masa depan. Operasionalisasi pembelajaran matematika dengan pendekatan ini perlu terus dilakukan mengingat kajian dan penelitian empiris masih sangat terbatas. Hal ini menjadi tantangan tersendiri bagi para pendidik mata pelajaran matematika. Mencari solusi untuk mengatasi tantangan tersebut merupakan tanggungjawab bersama. Oleh karena itu, Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Galuh Ciamis memiliki komitmen untuk mempersiapkan peserta didik dan lulusan mahasiswa menjadi tenaga pendidik yang memiliki kompetensi dibidang pendidikan matematika yang adaptif terhadap berbagai situasi dan kondisi. Seminar nasional tentang pembelajaran matematika abad 21 berbasis literasi digital ini merupakan wujud nyata kontribusi Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Galuh Ciamis untuk memajukan pendidikan di Indonesia.

Announcements

 
No announcements have been published.
 
More Announcements...

Vol 4, No 1 (2024): PROSIDING GAMMA NC 2024

Table of Contents

Articles

Dian Saputri, Lala Nailah Zamnah, Angra Meta Ruswana
PDF
001-008
Adit Adriansyah, Sri Solihah, Adang Effendi
PDF
009-018
Wanda Afifah Juliyani, Ai Tusi Fathimah, Euis Erlin
PDF
019-024
Yayu - Susilawati, Nur Eva Zakiah, Ida Nuraida
PDF
025-036
Putri Pratiwi, Angra Meta Ruswana, Ida Nuraida
PDF
037-042
Salsa Fitriawati Hendrawan, Lala Nailah Zamnah, Asep Amam
PDF
043-049
Uci Susilawaty, Ai Tusi Fathimah, Euis Erlin
PDF
050-055
Dian Kurniawan, Sri Tirto Madawistama, Yeni Heryani
PDF
056-067
Alba Maulidina, Adang Effendi, Yoni Sunaryo
PDF
068-074
Arsita Aulia Oktaviani, Ida Nuraida, Lala Nailah Zamnah
PDF
075-081
Taopik Pikri, Yoni Sunaryo, Sri Solihah
PDF
082-087
Dhea Ayu Liana, Nur Eva Zakiah, Yoni Sunaryo
PDF
088-093
Andre Purwanto, Asep Amam, Ai Tusi Fathimah
PDF
094-100
Dwi Alyani Rukmana, Lala Nailah Zamnah, Nur Eva Zakiah
PDF
101-113
Fathimah Nurul Azizah, Asep Amam, Ai Tusi Fathimah
PDF
114-119
Muhammad Muhibbudien, Ida Nuraida, Adang Effendi
PDF
120-127
Fenti Agustin, Nur Eva Zakiah, Sri Solihah
PDF
128-138
Sendi Kurniawan, Adang Effendi, Yoni Sunaryo
PDF
139-144
Masnia Masnia, Emy Sohilait, Hafsah Adha Diana
PDF
145-152
Andika Surya Gumelar, Adang Effendi, Ai Tusi Fathimah
PDF
153-162
Resti Febriyanti Sudrajat, Sri Solihah, Angra Meta Ruswana
PDF
163-171
Febriani Rahayu, Rifa Rifatul Manjilah, Masripatulloh Masripatulloh, Ai Tusi Fathimah
PDF
172-180
PROSIDING GAMMA NC 2024 Abstract views : 35 times
PROSIDING FULL TEXT
PDF