Pendidikan senantiasa bersifat adaptif terhadap perkembangan yang terjadi di era teknologi dan informasi ini. Kecakapan abad 21 dipercaya mampu membekali peserta didik menuju sukses dalam berkarir di masa yang akan datang. Kecakapan abad ke-21 atau dikenal dengan istilah 6C terdiri character (karakter), citizenship (kewarganegaraan), critical thinking (berpikir kritis), creativity (kreatif), collaboration (kolaborasi), dan communication (komunikasi). Pendidikan matematika sebagai bagian dalam sistem pendidikan memiliki peran penting dalam mewujudkan kecakapan abad 21. Peran tersebut tidak lepas dari karakter matematika itu sendiri yang secara tidak langsung menumbuhkembangkan kecakapan abad 21 dalam aspek pembiasaan disiplin dalam menggunakan definisi atau teorema, berpikir kritis, kreatif, kolaboratif, dan komunikatif dengan disiplin ilmu lainnya dalam memecahkan masalah.
Upaya untuk mewujudkan kecakapan abad 21 dalam pembelajaran matematika dapat dilakukan mulai dari perencanaan, pelaksanaan, hingga asesmen. Upaya tersebut akan semakin maksimal jika didukung dengan penggunaan teknologi yang tepat. Adanya digitalisasi yang memudahkan proses pendididkan menjadi daya ungkit yang seharusnya insan akademik dapat memanfaatkannya dalam pembelajaran matematika untuk mewujudkan kecakapan tersebut. Literasi digital merupakan bagian untuk mendukung kecakapan abad 21.
Mewujudkan kecakapan abad 21 melalui literasi digital dalam pembelajaran matematika merupakan alternatif upaya untuk mempersiapkan peserta didik di masa depan. Operasionalisasi pembelajaran matematika dengan pendekatan ini perlu terus dilakukan mengingat kajian dan penelitian empiris masih sangat terbatas. Hal ini menjadi tantangan tersendiri bagi para pendidik mata pelajaran matematika. Mencari solusi untuk mengatasi tantangan tersebut merupakan tanggungjawab bersama. Oleh karena itu, Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Galuh Ciamis memiliki komitmen untuk mempersiapkan peserta didik dan lulusan mahasiswa menjadi tenaga pendidik yang memiliki kompetensi dibidang pendidikan matematika yang adaptif terhadap berbagai situasi dan kondisi. Seminar nasional tentang pembelajaran matematika abad 21 berbasis literasi digital ini merupakan wujud nyata kontribusi Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Galuh Ciamis untuk memajukan pendidikan di Indonesia.Vol 4, No 1 (2024): PROSIDING GAMMA NC 2024
Table of Contents
Articles
Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa pada Soal Cerita berdasarkan Tingkatan Tinggi Sedang dan Rendah
Abstract views : 93 times
Dian Saputri, Lala Nailah Zamnah, Angra Meta Ruswana
|
001-008
|
Adit Adriansyah, Sri Solihah, Adang Effendi |
009-018
|
EKSPLORASI KONSEP MATEMATIKA PADA BANANA CAKE
Abstract views : 84 times
Wanda Afifah Juliyani, Ai Tusi Fathimah, Euis Erlin
|
019-024
|
KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA MODEL PISA PADA KONTEN CHANGE AND RELATIONSHIP DAN QUANTITY
Abstract views : 117 times
Yayu - Susilawati, Nur Eva Zakiah, Ida Nuraida
|
025-036
|
ANALISIS KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATERI HIMPUNAN
Abstract views : 77 times
Putri Pratiwi, Angra Meta Ruswana, Ida Nuraida
|
037-042
|
PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA MELALUI PENDEKATAN OPEN ENDED
Abstract views : 109 times
Salsa Fitriawati Hendrawan, Lala Nailah Zamnah, Asep Amam
|
043-049
|
EKSPLORASI KONSEP MATEMATIKA PADA INSTALASI HIDROPONIK
Abstract views : 92 times
Uci Susilawaty, Ai Tusi Fathimah, Euis Erlin
|
050-055
|
Dian Kurniawan, Sri Tirto Madawistama, Yeni Heryani |
056-067
|
Alba Maulidina, Adang Effendi, Yoni Sunaryo |
068-074
|
Arsita Aulia Oktaviani, Ida Nuraida, Lala Nailah Zamnah |
075-081
|
Taopik Pikri, Yoni Sunaryo, Sri Solihah |
082-087
|
Dhea Ayu Liana, Nur Eva Zakiah, Yoni Sunaryo |
088-093
|
PENERAPAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA
Abstract views : 147 times
Andre Purwanto, Asep Amam, Ai Tusi Fathimah
|
094-100
|
PENGEMBANGAN LEMBAR KEGIATAN PESERTA DIDIK PADA MATERI PELUANG MAJEMUK BERBASIS DISCOVERY LEARNING
Abstract views : 87 times
Dwi Alyani Rukmana, Lala Nailah Zamnah, Nur Eva Zakiah
|
101-113
|
Fathimah Nurul Azizah, Asep Amam, Ai Tusi Fathimah |
114-119
|
Muhammad Muhibbudien, Ida Nuraida, Adang Effendi |
120-127
|
Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa pada Materi Persegi dan Persegi Panjang
Abstract views : 122 times
Fenti Agustin, Nur Eva Zakiah, Sri Solihah
|
128-138
|
ANALISIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL SISTEM LINEAR DUA VARIABEL
Abstract views : 66 times
Sendi Kurniawan, Adang Effendi, Yoni Sunaryo
|
139-144
|
Gaya Belajar Honey Mumford: Tinjauan Literatur dan Rekomendasi untuk Pengajar
Abstract views : 199 times
Masnia Masnia, Emy Sohilait, Hafsah Adha Diana
|
145-152
|
ANALISIS KEMAMPUAN PENALARAN STATISTIS SISWA SMP PADA MATERI STATISTIKA
Abstract views : 54 times
Andika Surya Gumelar, Adang Effendi, Ai Tusi Fathimah
|
153-162
|
Analisis Habits of Mind Siswa SMP Pada Materi Tripel Phytagoras
Abstract views : 69 times
Resti Febriyanti Sudrajat, Sri Solihah, Angra Meta Ruswana
|
163-171
|
EKSPLORASI KONSEP MATEMATIKA PADA PROYEK BUDIDAYA IKAN DENGAN KOLAM TERPAL DI SMK AGRIBISNIS
Abstract views : 103 times
Febriani Rahayu, Rifa Rifatul Manjilah, Masripatulloh Masripatulloh, Ai Tusi Fathimah
|
172-180
|
PROSIDING GAMMA NC 2024
Abstract views : 38 times
PROSIDING FULL TEXT
|
|