Pendidikan senantiasa bersifat adaptif terhadap perkembangan yang terjadi di era teknologi dan informasi ini. Kecakapan abad 21 dipercaya mampu membekali peserta didik menuju sukses dalam berkarir di masa yang akan datang. Kecakapan abad ke-21 atau dikenal dengan istilah 6C terdiri character (karakter), citizenship (kewarganegaraan), critical thinking (berpikir kritis), creativity (kreatif), collaboration (kolaborasi), dan communication (komunikasi). Pendidikan matematika sebagai bagian dalam sistem pendidikan memiliki peran penting dalam mewujudkan kecakapan abad 21. Peran tersebut tidak lepas dari karakter matematika itu sendiri yang secara tidak langsung menumbuhkembangkan kecakapan abad 21 dalam aspek pembiasaan disiplin dalam menggunakan definisi atau teorema, berpikir kritis, kreatif, kolaboratif, dan komunikatif dengan disiplin ilmu lainnya dalam memecahkan masalah.
Upaya untuk mewujudkan kecakapan abad 21 dalam pembelajaran matematika dapat dilakukan mulai dari perencanaan, pelaksanaan, hingga asesmen. Upaya tersebut akan semakin maksimal jika didukung dengan penggunaan teknologi yang tepat. Adanya digitalisasi yang memudahkan proses pendididkan menjadi daya ungkit yang seharusnya insan akademik dapat memanfaatkannya dalam pembelajaran matematika untuk mewujudkan kecakapan tersebut. Literasi digital merupakan bagian untuk mendukung kecakapan abad 21.
Mewujudkan kecakapan abad 21 melalui literasi digital dalam pembelajaran matematika merupakan alternatif upaya untuk mempersiapkan peserta didik di masa depan. Operasionalisasi pembelajaran matematika dengan pendekatan ini perlu terus dilakukan mengingat kajian dan penelitian empiris masih sangat terbatas. Hal ini menjadi tantangan tersendiri bagi para pendidik mata pelajaran matematika. Mencari solusi untuk mengatasi tantangan tersebut merupakan tanggungjawab bersama. Oleh karena itu, Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Galuh Ciamis memiliki komitmen untuk mempersiapkan peserta didik dan lulusan mahasiswa menjadi tenaga pendidik yang memiliki kompetensi dibidang pendidikan matematika yang adaptif terhadap berbagai situasi dan kondisi. Seminar nasional tentang pembelajaran matematika abad 21 berbasis literasi digital ini merupakan wujud nyata kontribusi Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Galuh Ciamis untuk memajukan pendidikan di Indonesia.Vol 1, No 1 (2021): PROSIDING GAMMA NC 2021
Table of Contents
Articles
DESKRIPSI KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIKA DITINJAU DARI GENDER
Abstract views : 74 times
Ade Novita Sari Aziztya, Ajeng Eka Lestari, Rino Richardo
|
1-5
|
VALIDITAS ISI INSTRUMEN TEST BERPIKIR KOMPUTASI MATEMATIKA
Abstract views : 279 times
ASTRI WIDI ASTUTI1, AMIN YOGA RAHMAWATI
|
6-10
|
Ati Suhaeti, Resya Desyana Royani, Atina Sabila Khodijah, Nurul Ikhsan Karimah |
11-17
|
KEMAMPUAN NUMERASI SISWA MADRASAH TSANAWIYAH PADA SOAL KONTEKS PRAKTIK SOSIAL
Abstract views : 79 times
Atin Marlina, Ai Tusi Fatimah
|
18-21
|
INDIKATOR KEMAMPUAN BBERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA SMA PADA ARTIKEL JURNAL NASIONAL
Abstract views : 465 times
Aulia Nuryanti, Ai Tusi Fatimah
|
22-33
|
Koneksi Matematis dan Self Efficacy dalam Pembelajaran Matematika
Abstract views : 118 times
Nia Lestari, Nur Eva Zakiah, sri solihah
|
34-39
|
KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SMP DITINJAU DARI DISPOSISI MATEMATIS
Abstract views : 245 times
Lena Rahmawati, Asep Amam, Adang Effendi
|
40-45
|
PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DALAM MATERI GEOMETRI DILIHAT DARI VAN HIELE
Abstract views : 92 times
Dian Yuliana, Ida Nuraida, Adang Effendi
|
46-50
|
PERAN PYTHAGORAS DALAM PENGGUNAAN RUMUS SEGITIGA PADA KEMAMPUAN ABTRAKSI MATEMATIS
Abstract views : 80 times
Sri Solihah, Rochmad Rochmad, Isnarto Isnarto
|
51-57
|
PROFIL KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA DITINJAU DARI ADVERSITY QUOTIENT (AQ)
Abstract views : 165 times
Tanti Febrianti, Nur Eva Zakiah, Angra Meta Ruswana
|
58-64
|