ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI ISLAMIC SOCIAL REPORTING (ISR) DAN IMPLIKASI ISLAMIC SOCIAL REPORTING TERHADAP KUALITAS LABA (EARNINGS QUALITY)

Dani Usmar

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang dapat memengaruhi pengungkapan pelaporan sosial islami atau Islamic Social Reporting (ISR) dari perusahaan-perusahaan yang terdaftar sebagai anggota atau konstituen dari Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI),selanjutnya tujuan lain dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh dari pengungkapan pelaporan sosial islami (ISR) terhadap koefisien respon laba. Kualitas laba diproxy ERC, data yang digunakan untuk menghitung ERC adalah cumulative abnormal return (CAR) tahunan dan unexpected earnings (UE) pada periode tahun 2011-2013 dengan batas pengamatan 45 hari dari tanggal penutupan 31 Desember 2013. Untuk mencapai tujuan penelitian, terlebih dahulu dilakukan analisis terhadap faktor-faktor yang memengaruhi pengungkapan pelaporan sosial islami, islamic social reporting (ISR) sebagai variabel independen yaitu;ukuran perusahaan, tingkat laba, tipe perusahaan, jenis bank mitra, porsi kepemilikan saham publik, ukuran dewankomisaris, dan status perusahaan. Pengujian yang digunakan dalam perhitungan adalah pengujian regresi berganda danuji hipotesis.Dari hasil pengujian parsial faktor-faktor yang memengaruhi luas pengungkapan ISR ternyata hanya porsi kepemikan saham publik yang berpengaruh negatif terhadap luas pengungkapan ISR sementara faktor-faktor lain yang dipergunakan dalam penelitian ini memiliki pengaruh positif terhadap ISR. Selanjutnya terkait implikasi ISR terhadap ERC, hasilnya bahwa ISR berpengaruh negatif terhadap ERC, dan mampu memediasi penuh hubungan faktor-faktor ISR dengan ERC.

Full Text:

PDF

References


Abdulhamid, M. 2005. Islamic Banking. Departement of Economics Carleton University Ottawa, Ontario

Abdullah V, Daud & Keon Chee (20120. Buku Pintar Keuangan Syariah; Cara mudah Memahami Prinsip, Praktik, Prospek dan Keunggulan Keuangan Islam di Zaman Kita. Zaman.

Abdullah, Faisal. 2002. Dasar-dasar Manajemen Keuangan (Edisi Kedua) UMM

Abdurrachman, Yusuf dan Unti Ludigdo. 2004. Dekonstruksi Nilai-nilai Agency Theory dengan Nilai-nilai Syariah: Suatu Upaya Membangun Prinsip-Prinsip Akuntansi Bernafaskan Islam. Prosiding Simposium Nasional Ekonomi Islami II, PPBEI FE Universitas Brawijaya, Malang

Abu-Tapanjeh, A. M. (2009). Corporate Governance from the Islamic Perspective: A Comparative Analysis With OECD Principles. Critical Perspective on Accounting, 20. 556-567.

Akbar, DS. 2013. Pengaruh Sensitivitas Kekayaan Eksekutif Terhadap Manajemen Laba Dengan Pengendalian Internal Sebagai Variabel Modertaing (Studi Pada Emiten Manufaktur). Jurnal Wawasan dan Riset Akuntansi. Vol 1, No 1. September 2013.

Nuryana, Mu’man. (2005). Corporate Social responsibility dan Kontribusi bagi Pembangunan Berkelanjutan, makalah yang disampaikanpada Diklat Pekerjaan Sosial Industri, Balai Besar Pendidikan dan Pelatihan Kesejahteraan Sosial (BBPPKS) Bandung, Lembang 5 Desember

Nuswandari,Cahyani (2009) Pengungkapan Pelaporan Keuangan Dalam Perspektif Signalling Theory ,Fakultas Ekonomi Universitas Stikubank

Omar, B., & Simon, J. (2011). Corporate Aggregate Disclosure Practice in Jordan. Advance in Accounting incorporating Advance in International Accounting, 27, 166-186

Othman et al. (2009). Determinants of Islamic Social Reporting Among Top Sharia-Approved Companies in Bursa Malaysia. Research Journal of International Studies.

Othman, R., & Thani, A. M. (2010). Islamic Social Reporting of Listed Companies in Malaysia. The International Business & Economics Research Journal. 9, 4. Pg. 135.

Sartika, Dewi (2012). Analisis Pengaruh Ukuran Perusahaan,Kecukupan Modal, Kualitas Aktiva Produktif Dan Likuiditas Terhadap Return On Assets (Roa) (Studi Kasus Pada Bank Umum Syariah di Indonesia Periode 2006-2010) Jurusan Manajemen Pada Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Hasanuddin Makassar

Sayekti, Y. dan L.S. Wondabio. (2007). Pengaruh CSR Disclosure terhadap Earning Response Coefficient (Suatu Studi Empiris pada Perusahaan yang Terdaftar diBursa Efek Jakarta), Paper dipresentasikan pada Simposium Nasional Akuntansi IX,Unhas, Makassar.

Sayekti, Yosefa dan, Ludvicus Sensi Wondabio. (2007). Pengaruh CSR Disclosure Terhadap Earning Response Coefficient (Studi Empiris Pada Perusahaan yang Terdaftar di Bursa Efek Jakarta). Simposium Nasional Akuntansi X.

Scott, D. Below and Keith, H. Johnson. 1996. An Analysis of Shareholder Reaction to Dividend Announcements in Bull and Bear Markets. Journal of Financial and Strategic Decisions: Vol. 9 No. 3.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/jwr.v2i1.1305

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Dani Usmar

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.