PENGARUH KESEMPATAN INVESTASI, PROFITABILITAS, DAN LEVERAGE TERHADAP KEBIJAKAN DIVIDEN

Muh. Yusril Ihza Mahendra Sudarmono, Khairunnisa Khairunnisa

Abstract


Kebijakan dividen merupakan salah satu kebijakan yang harus diambil manajemen dalam memutuskan apakah laba yang dihasilkan perusahaan selama satu periode akan dibagi semua atau dibagi sebagian untuk dividen dan sebagian lagi tidak dibagi dalam bentuk laba ditahan. Dividen dalam bentuk tunai (cash dividend) merupakan bentuk pembagian dividen yang paling sering diberikan oleh perusahaan serta diminati oleh investor karena keuntungannya mudah diperoleh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui variabel-variabel yang mempengaruhi perusahaan dalam pengambilan keputusan terkait kebijakan dividen. Beberapa faktor tersebut yaitu kesempatan investasi, profitabilitas, dan leverage. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan sektor aneka industri yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2014-2018. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling sehingga diperoleh 12 sampel perusahaan dengan 60 jumlah data. Metode analisis data dalam penelitian ini adalah regresi data panel dengan menggunakan software e-views 10.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kombinasi antara kesempatan investasi, profitabilitas, dan leverage secara simultan berpengaruh dan mampu menjelaskan kebijakan dividen sebesar 13.21% dan sisanya 86.79% dijelaskan oleh variabel lainnya yang tidak dilibatkan dalam penelitian. Variabel leverage secara parsial berpengaruh signifikan terhadap kebijakan dividen, sementara variabel kesempatan investasi dan profitabilitas secara parsial tidak berpengaruh terjadap kebijakan dividen.

Keywords


Kebijakan Dividen, Kesempatan Investasi, Profitabilitas, Leverage.

Full Text:

PDF

References


Anam., Arfan., & Sabri. (2016). Pengaruh Profitabilitas dan Kesempatan Investasi Terhadap Kebijakan Dividen Tunai Pada Perusahaan Manufaktur di BEI Periode 2007-2011. Jurnal Magister Akuntansi, 5(3).

Hasana., Mardani., & Wahono. (2017). Pengaruh Free Cash Flow, Profitabilitas, Likuiditas, dan Leverage Terhadap Kebijakan Dividen Pada Perusahaan Food and Beverage yang Terdaftar di BEI Periode 2011-2015. E-Jurnal Riset Manajemen Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi Unisma, 7(1).

Keown, et al. (2010). Manajemen Keuangan: Prinsip dan Penerapan Edisi Kesepuluh Jilid Dua. Jakarta: PT Indeks.

Monika., & Sudjarni. (2018). Pengaruh Likuiditas, Profitabilitas, dan Leverage Terhadap Kebijakan Dividen pada Perusahaan Manufaktur di BEI Periode 2011-2015. E-Jurnal Manajemen Unud, 7(12).

Munawir, A. (2010). Analisa Laporan Keuangan Edisi Keempat. Yogyakarta: PT Liberty.

Purnami., & Artini. (2016). Pengaruh Investment Opportunity Set, Total Asset Turn Over dan Sales Growth Terhadap Kebijakan Dividen. E-Jurnal Manajemen Unud, 5(2).

Rizkia., Aisjah., & Sumiati. (2013). Effect Of Managerial Ownership, Financial Leverage, Profitability, Firm Size, and Investment Opportunity Set on Dividend Policy. Research Journal of Finance and Accounting, 4(11).

Suharli, M (2007). Pengaruh Profitability dan Investment Opportunity Set Terhadap Kebijakan Dividen Tunai dengan Likuiditas Sebagai Variabel Penguat. Jurnal Akuntansi Universitas Kristen Petra, 9(1).

Sutrisno (2017). Manajemen Keuangan Teori Konsep dan Aplikasi. Yogyakarta : Ekonisisa.

Wardani dan Siregar (2009). Pengaruh Aliran Kas Bebas Terhadap Nilai Pemegang Saham dengan Set Kesempatan Investasi dan Dividen Sebagai Variabel Moderator. Jurnal Akuntansi dan Manajemen, 20(3).

Wulandari dan Suardana (2017). Pengaruh Profitabilitas, Kesempatan Investasi, Free Cash Flow dan Debt Policy pada Kebijakan Dividen Perusahaan Manufaktur di BEI Periode 2011-2014. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana, 20(1).




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/.v7i2.3438

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Muh. Yusril Ihza Mahendra Sudarmono, Khairunnisa Khairunnisa

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.