PENGARUH PENGGUNAAN MODEL ACTIVE KNOWLEDGE SHARING TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR SISWA DI SMAN 2 CIAMIS

Lia Yulisma, Devi Mariana

Abstract


Penelitian ini berjudul PengaruhPenggunaan Model Active Knowledge Sharing Terhadap AktivitasBelajarSiswa di SMAN 2 Ciamis.Latar belakang penelitian ini adalah kebiasaan guru yang masih menggunakan model pembelajaran yang   kurang tepat dapat menyebabkan aktivitas belajar siswa di kelas rendah, sehigga diperlukan adanya inovasi dalam penggunaan model pembelajaranyang tepat sehingga dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa di kelas.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model active knowledge sharing terhadap aktivitas belajar siswa di kelas.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen semu (quasi ekperimen design).Metode ekperimen semu dipilih karena di dalam penelitian ini variabel lain tidak dikendalikan. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas.Populasi dari penelitian ini adalah  seluruh siswa kelas IX SMAN 2 Ciamis dengan pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling.Adapun sampel yang terpilih adalah kelas IX MIPA 7 sebagai kelas eksperimen.Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi.Hasil penelitian ini adalah terdapat pengaruh penggunaan model active knowledge sharing terhadap a ktivitas belajarsiswa. Hal inidibuktikandengannilaiuntukaktivitasbelajarsiswadiketahuiZhitung>Z(α=5%)daftaryaitu 2,28 > 1,65 

Full Text:

PDF

References


Anonim. (2012). Landasan Pendidikan. Bandung. Fokus Media.

Arikunto, S. (2013). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta. Bumi

Dewi, Asri (2012). “Pengaruh Penggunaan Model Active Knowledge Sharing Terhadap Hasil Belajar Ditinjau Dari Minat Belajar Siswa Sma N 2 Karanganyar”. Jurnal Pendidikan Biologi. Surakarta: Universitas Sebelas Maret.

Hermayanti. (2011). “Strategi Pembelajaran Active Knowledge Sharing untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran sains kelasn V SDN 053 ranah kecamatan kampar kabupaten kampar”. pekanbaru: universitas islam negerisultan syarif kasim riau.

Maolani, Rukaesih A danUcuCahyana.(2015). MetodologiPenelitianPendidikan. Jakarta. PT. Raja GrafindoPersada.

Silberman, M. (2006). Active Learning: 101 Cara Belajar Siswa Aktif. Bandung. Nusamedia.

Sugiyono. (2015). Statistika Untuk Penelitian. Bandung. Alfabeta.

Surya, E dan Fitri, R. (2016). “Pengaruh Penerapan Model Active Knowledge Sharing Terhadap Hasil Belajar Dan Aktivitas Belajar Siswa Pada Konsep Sistem Pencernaan Di Kelas VIII Smp Negeri 9 Banda Aceh”. Jurnal Pendidikan Serambi Ilmu. 27 (2): 279-280.

Zaini, H., Bermawy, M dan Sekar, A A. (2008). Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta. Insani Mada




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/wa.v5i2.1516

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 JURNAL WAHANA PENDIDIKAN

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

 

Indexing: