PENERAPAN PENDEKATAN KONSELING ISLAMI DALAM MEMPERBAIKI PERILAKU AGRESIF SISWA

Tatang Surya Permana

Abstract


Perilaku agresif yang dimiliki sebagian siswa berawal dari kompleksitas permasalahan yang ada pada keluarganya, sehingga siswa cenderung tidak dapat menerima dan mengelola masalah apalagi menyelesaikannya.  Adanya perilaku agresif mendorong peneliti untuk memperbaiki dan menuntaskan masalah yang menjadi penyebabnya dengan cara menguji efektifitas penerapan pendekatan konseling Islami dalam sebuah penelitian tindakan bimbingan dan konseling. Pendekatan konseling Islami yang dimaksud adalah suatu proses konseling individual yang esensinya mengarahkan klien agar memahami, menerima, menginternalisasi, serta mengaktualisasikan nilai-nilai agama Islam dalam kehidupannya sehingga muncul kekuatan hati dan jiwa untuk kembali kepada fitrahnya. Subjek penelitian adalah siswa kelas 12 IPS 2 SMAN 1 Kota Tasikmalaya tahun pelajaran 2015/2016. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan bimbingan dan konseling dengan prosedur siklus melalui tahapan perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) penerapan pendekatan konseling Islami dalam layanan bimbingan dan konseling mampu memperbaiki perilaku agresif sisw; dan  (2)  melalui penerapan pendekatan konseling Islami siswa memiliki kemampuan untuk menghadapi, mengelola, dan mengentaskan setiap masalah yang dihadapinya.

Full Text:

PDF

References


Baron, Robert A. Dan Donn Byrne (1997), Social Psychology, Boston: Allyn and Bacan, Boston,

Berkowitz, L. (1993) Aggression its Causes, Consequences, and Contol, New York: McGraw Hill, Inc

---------------- (1995) Agresi Sebab dan Akibatnya. Terjemahan oleh Hartati Woro Susanti. Jakarta: Pustaka Binaan Presidio.

Chaplin, JP.( 1999) Kamus Lengkap Psikologi, Jakarta: Raja Grafindo Persada, Departemen Agama Republik Indonesia,

Al Quran dan Terjemahnya (1989). Semarang: CV Toha Putra,

Gordon, Thomas (1984).Menjadi Orang Tua Efektif. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama,

Harun Yahya (2007) Konseling Islami Sebagai Upaya Mengembalikan Fitrah Manusia.Makalah Untuk Lingkungan Sendiri, Bandung.

Imam Tadjri (2005). Mempertemukan Konseling Model Barat Dengan Konseling Model Timur Dalam Pendekatan Metode dan Prosedur. Bandung: Rizqi Press.

Jalaluddin (2000).Psikologi Agama. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Koeswara, E. (1988) Agresi Manusia. Bandung: Eresco.

M. Toha Anggoro, dkk. (2003). Metode Penelitian. Jakarta: Pusat Penerbitan Universitas Terbuka.

Mubiar Agustin (2005) Dimensi Religiusitas Dalam Bimbingan dan Konseling, Bandung: Rizqi Press,

Nasori, F. & Mucharam, D.R. (2002). Mengembangkan Kreativitas dalam Perspektif Psikologi Islam. Yogyakarta: Menara Kudus,




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/wa.v5i2.1519

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 JURNAL WAHANA PENDIDIKAN

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

 

Indexing: