PENGGUNAAN MODEL CIRCLE QUESTION GAME UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA SISTEM KOORDINASI DAN ALAT INDERA MANUSIA

Rumsikah Rumsikah

Abstract


 Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan model pembelajaran circle question game  dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada system koordinasi dan  alat indera manusia. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan melakukan 2 (dua) siklus tindakan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini terdiri atas empat   teknik yaitu:  pengamatan, tes,  dokumentasi, dan angket. Objek penelitian adalah siswa kelas IX-F SMP Negeri 15 Tasikmalaya dalam materi  sistem koordinasi dan alat indera manusia (n=28). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Penggunaan model pembelajaran circle question game  terbukti dapat meningkatkan aktifitas siswa dalam belajar. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan aktifitas siswa dari prasiklus ke siklus 1  sebesar 33,34 atau meningkat sebesar 28,55% dan dari siklus 1 ke siklus 2  meningkat sebesar 13,67 atau meningkat sebesar      11,39 %. Terdapat peningkatan proses belajar menggunakan model pembelajaran  circle question game   dari prasiklus ke siklus 1 sebesar 0,8 atau meningkat  sebesar 20,5 % dan peningkatan dari siklus 1 ke siklus 2 sebesar 0,78 atau meningkat sebesar 19,5 %. Terjadi peningkatan pada rata-rata nilai tes dari prasiklus  ke  siklus 1 pertemuan ke 1 sebesar 14,67 atau meningkat sebesar  22.56 % dan meningkat pada persentase siswa yang tuntas  sebesar 40 %. Dari siklus 1 pertemuan ke 1  ke siklus 1 pertemuan ke 2  terjadi peningkatan rata-rata  nilai sebesar 3,6 atau meningkat sebesar 3,2 %  dan terjadi peningkatan pada persentase siswa yang tuntas sebesar  6,67 % dan dari siklus 1 pertemuan ke 2 ke siklus 2 pertemuan ke 1 terjadi peningkatan rata-rata nilai sebesar 2.83 atau naik sebesar 3,4 % dan terjadi peningkatan persentase siswa yang tuntas sebesar 6,7 %  sedangkan dari siklus 2 pertemuan ke 1 ke siklus 2 pertemuan ke 2 terjadi peningkatan nilai rata-rata  sebesar 2,4 atau meningkat sebesar 2.7 % dan terjadi peningkatan pada persentase siswa yang tuntas sebesar 3.4 %. 

Full Text:

PDF

References


Ahmadi dan Supriyono (1990) Ahmadi dan Supriyono. Psikologi belajar. Solo: PT Rineka Cipta.

Basri, H. (2000). Remaja berkualitas: problematika remaja dan solusinya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Drost, S.J. (1993). Menjadi pribadi dewasa dan mandiri. Yogyakarta: Kanisius

Elok Sudibyo, dkk,(2008), Buku Paket Kelas 9 . Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional Jakarta

Ibrahim, M.,Racmadiarti, F.,Nur,M.,dan Ismono. (2000).Pembelajaran Kooperatif. Surabaya:University Press.

Suparno, AS. (1998). Penelitian Tindakan Kelas, Makalah disajikan dalam Lokakarya Nasional Instruktur PKG. Bogor: Depdikbud

Widyaningsih,T.S. (2008). Implementasi Teknik Two Stay Two Straydan Media Kartu Gambar Dalam Pembelajaran IPS Geografi Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IX F SMP Negeri Bangun Tapan. Laporan PTK.Tidak Diterbitkan.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/wa.v5i2.1521

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 JURNAL WAHANA PENDIDIKAN

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

 

Indexing: