PENGGUNAAN KARTU MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA DALAM MENGKLASIFIKASIKAN MAKHLUK HIDUP

Ika Kartikawati

Abstract


Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya nilai siswa SMP kelas VII dalam  mata pelajaran IPA (mengklasifikasikan makhluk hidup). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas ( PTK ). Objek penelitian adalah siswa  SMP Negeri 19  Tasikmalaya kelas VII-F Tahun pelajaran 2016/2017 (N= 28).  Data dikumpulkan dengan teknik:  (1) Observasi, (2) Tes, dan (3) Wawancara. Simpulan dalam penelitian ini adalah:  (1) Proses pembelajaran IPA pada konsep Klasifikasi Makhluk Hidup  dengan menggunakan kartu make a match hasil modifikasi terbukti efektif. Hal itu dibuktikan dengan peningkatan pada  proses pembelajaran sebesar 15.91% pada siklus I dan 19.32% pada siklus II. Demikian pula dengan aktivitas siswa, pada siklus I menjadi 77.25%  atau mendapat peningkatan 17.5% dan pada siklus II meningkat menjadi 93.37% atau mendapat peningkatan 16.12%; (2) Penggunaan kartu make a match hasil modifikasi dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam konsep klasifikasi makhluk hidup, yang diibuktikan dengan peningkatan hasil belajar siswa. Hasil belajar siswa pada siklus I menjadi 71% atau mengalami peningkatan sebesar  24% . pada siklus II menjadi 84% atau mengalami peningkatan sebesar 13%.

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S.(2008). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : PT Bumi Aksara.

Depdiknas. (2006). Kurikulum 2006 Silabus dan Model Pembelajaran IPA. Jakarta : Depdiknas.

Depdiknas. (2006). Permen Dikdas No.22tahun 2006 tentang Standar Isi. Jakarta : Departemen Pendidikan Nasional.

Ganawati, D. dan Sudarma dan Radyuni,W. (2008) Pembelajaran Ilmu Pengetahuan AlamTerpadu & Kontekstual VII untuk Sekolah Menengah Pertama dan Madrasah Tsanawiyah. Jakarta : Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.

Huda, M. (2016). Cooperative Learning Metode, Teknik, Struktur dan Model Penerapan.Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Lie, A. (2002). Cooperative Learning. Mempraktikan Cooperative Learning di Ruang-ruang Kelas. Jakarta : PT Grasindo

Natalia, M.M. dan Kania Islami Dewi. (2009). Penelitian Tindakan Kelas. Bogor : CV Regina.

Puspita, D. dan IIp Rohima. (2009). Alam Sekitar IPA Terpadu untuk SMP/MTs kelas VII Jakarta : Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.

Sudibyo, E. dan W idodo, W. dan Wasis dan Dwi,S. (2008). Mari Belajar IPA untuk SMP dan MTs Kelas VII. Jakarta : Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.

Suhardjono (2008) Penelitian Tindakan Kelas. Jakart a : PT Bumi Aksara

Takari, E. (2008). Penelitian Tindakan Kelas Pada Kegiatan Pengembangan Profesi Guru IPA SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA dan SMK. Bandung : PT Genesindo.

Tarmizi. (2008). “Pembelajaran Kooperatif Make Match.”(online) Tersedia:http://wordpress.com/Tarmizi (11 September 2016)




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/wa.v5i3.1534

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 JURNAL WAHANA PENDIDIKAN

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

 

Indexing: