PENGGUNAAN METODE REALISTIK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM MENGENAL HIMPUNAN (Penelitian Tindakan Kelas di Kelas VII-A SMP Negeri 15 Tasikmalaya)

Lilih Nuraliah

Abstract


Latar belakang penelitian ini adalah nilai ulangan Matematika pada pokok bahasan himpunan di Kelas VII-A SMP Negeri 15 Tasikmalaya masih di bawah  KKM. Metode penelitian yang digunakan yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Objek penelitian adalah siswa Kelas VII-A SMP Negeri 15 Tasikmalaya (N=26). Simpulan penelitian ini adalah: (1) Rencana pelaksanaan pembelajaran Matematika untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam mengenal himpunan dengan menggunakan metode realistik di Kelas VII-A SMP Negeri 15 Tasikmalaya, memperoleh hasil sebagai berikut: Rencana pembelajaran tindakan pertama mendapat skor rata-rata 3,45 atau 86,25%. Sedangkan rencana pembelajaran tindakan kedua memperolah skor rata-rata 4,00 atau 100%; (2) Proses pelaksanaan pembelajaran Matematika untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam mengenal himpunan dengan menggunakan metode realisrik di Kelas VII-A SMP Negeri 15 Tasikmalaya, memperoleh hasil sebagai berikut : Skor rata-rata aktivitas guru pada siklus Iadalah 3,06 atau 76,5%. Tindakan kedua mendapat skor rata-rata 3,50 atau 87,5%. Untuk aktivitas siswa pada tindakan kedua siswa mendapat skor rata-rata 3,50 atau 87,5%; (3) Hasil belajar siswa dalam mengenal himpunan  dengan menggunakan metode realistik di Kelas VII-A SMP Negeri 15 Tasikmalaya diperoleh data bahwa pada tindakan pertama nilai rata-rata sebesar 70, pada tindakan kedua sebesar 75,4 . 

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi (1998). Metodologi Penelitian. Jakarta : Rineka Cipta.

Bachtiar H, (2003). Perencanaan Pengajaran Bidang Studi. Jakarta: Pustaka Ramadhan.

Depdikbud (1999). Penelitian Tindakan (Action Research). Jakarta : Dirjen.

Jakaria (2004). Analisis Hasil Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Eksperimen Menurut Polya. Skripsi Program Studi Pendidikan Matematika FKIP UNSIL Tasikmalaya : Tidak Diterbitkan.

Karso dkk (2002). Pendidikan Matematika 1. Jakarta : Pusat Penerbita UT.

Kasbolah K (1999). Penelitian Tindakan Kelas. Malang: Depdikbud.

Polya (1998) How to Solve it New Jersey: Princeton University Press.

Ruseffendi. ET (1979). Pengejaran Matematika Modern Seri 4. Bandung: Tarsito.

Ruseffendi. ET (1993). Pengajaran Matematika 3. Jakarta: UT Depdikbud.

Syaiful Sagala (2007). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Suherman Uman (2000). Memahami Karakteristik Individu. Bandung: Tidak Diterbitkan.

Suherman, H.E, et al (2001) Common Text Book, Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. UPI Bandung – Jakarta: JICA

Sukirman (1997). Matematika. Jakarta: Depdikbud.

Suro Subroto (2002). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/wa.v5i4.1547

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 JURNAL WAHANA PENDIDIKAN

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

 

Indexing: