UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA TEKS BERITA DENGAN MENGGUNAKAN TEKNIK BERMAIN PERAN (Penelitian Tindakan Kelas di Kelas VIII-A SMP Negeri 14 Tasikmalaya)

Tata Sunarya

Abstract


Latar belakang penelitian ini adalah kemampuan membacakan teks berita dengan intonasi yang tepat serta artikulasi dan volume suara yang jelas siswa kelas VIII A SMP Negeri 14 Tasikmlaya masih belum mencapai KKM. Rumusan masalah penelitian ini adalah dapatkah teknik bermain peran (role playing) meningkatkan hasil pembelajaran membaca teks berita pada siswa kelas VIII A SMP Negeri 14 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2012/2013. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dapat tidaknya teknik bermain peran (role playing) meningkatkan hasil pembelajaran membaca teks berita pada siswa kelas VIII A SMP Negeri 14 Tasikmlaya Tahun Ajaran 2012/2013. Metode penelitian ini adalah metode tindakan kelas. Teknik pengumpulan data penelitian ini (1) teknik observasi, (2) teknik tes, dan (3) teknik wawancara. Sumber data penelitian ini adalah siswa kelas VIII A SMP Negeri 14 Tasikmlaya Tahun Ajaran 2012/2013 (N=37). Simpulan penelitian ini adalah: penggunaan teknik bermain peran berpengaruh dan dapat meningkatkan   perubahan sikap dan kemampuan siswa kelas VIII A SMP Negeri 14 Tasikmalaya tahun 2012/2013 dalam membaca berita. Perubahan kemampuan tersebut dapat dilihat dari adanya peningkatan proses dan hasil belajar siswa. Perolehan nilai rata-rata proses belajar siswa pada siklus satu adalah 76,11. Perolehan nilai proses belajar siswa pada siklus dua rata-rata 81,91. Perolehan rata-rata basil belajar siswa pada siklus satu adalah 63,98.  Perolehan nilai rata-rata hasil belajar siswa pada siklus dua adalah 76,4.

Full Text:

PDF

References


Badudu, J.S, Sutan Mohammad Zain. (1996) Kamus Umum Bahasa dan Sastra Indonesia. Jakarta : Pustaka Sinar Harapan.

Basiran, (1999). Apakah yang Dituntut GBPP Bahasa dan Sastra Indonesia. Yogyakarta: Depdikbud

Faisal, S. (1982). Metode Penelitian Pendidikan. Surabaya : Usaha Nasional.

Machfudz, Imam. (2000). Metode Pengajaran Bahasa dan Sastra Indonesia Komunikatif. Jurnal Bahasa dan Sastra UM

Fathurrohman, P. (2007). Strategi Belajar Mengajar. Bandung : Aditama.

Poerwadarminto, W.J.S. (1986). Teknik-teknik Belajar Mengajar. Bandung : Jenmars.

Ratna, Wilrs. D (1991). Teori-teori Belajar. Jakarta : Erlangga.

Sadiman. A. (1993). Media Pendidikan, Pengertian Pengembangan dan Pemanfaatannya. Jakarta : Pusetkom Dikbud dan Raja Grapindo Persada

.Sagala, S. (2007). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung : Alfabeta

.Salamun, M. (2002). Strategi Pembelajaran Bahasa. Tesis.. Tidak diterbitkan

Subroto, S (2002). Proses Belajar Mengajar. Jakarta : Rineka Cipta.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/wa.v5i4.1550

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 JURNAL WAHANA PENDIDIKAN

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

 

Indexing: